My Chemical Romance

5 Fakta Tentang Kutukan Album My Chemical Romance

  • By:
  • Kamis, 1 October 2020
  • 1324 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Jika berbicara mengenai My Chemical Romance pada masa-masa emasnya, cukup banyak kontroversi dan konspirasi yang menyelimuti band alternative rock satu ini. Bahkan hingga beberapa bulan sebelum mereka mengumumkan akan reuni, My Chemical Romance para fans sempat memberikan harapan yang hampir palsu karena tiba-tiba akun mereka menyebarkan teaser update melalui akun Instagram resmi. Lalu, akhirnya berita reuni dan jadwal konser terbaru My Chemical Romance diumumkan pada akhir Oktober 2019 yang lalu.

Namun, ada sebuah konspirasi yang hingga saat ini masih jadi perbincangan banyak orang terkait album ketiga My Chemical Romance, “The Black Parade”. Menurut para penggemar setianya, album yang dirilis pada tahun 2006 dan sukses di pasaran ini memiliki misteri, bahkan banyak yang menyebutnya dengan kutukan. 

Salah satu rumor yang tersebar mengenai kutukan “The Black Parade” adalah, bahwa album ini hampir membuat band tersebut bubar. Meskipun pada akhirnya My Chemical Romance resmi bubar di tahun 2013. Tertarik untuk menemukan jawaban di balik kutukan album “The Black Parade” yang menimpa My Chemical Romance? Simak lebih lanjut.

1. Direkam di Rumah Hantu

Bukan jadi rahasia lagi, bahwa sebagian proses penulisan dan rekaman dari album “The Black Parade” milik My Chemical Romance digarap di sebuah rumah berhantu yang cukup terkenal, bernama The Paramour. Kejadian aneh, seperti suara bantingan pintu secara misterius sering terdengar selama proses penggarapan album di rumah itu. Bahkan sang vokalis, Gerard Way, merekam cerita tentang pengalaman buruknya selama di sana melalui lagu “Sleep” yang jadi salah satu nomor di album “The Black Parade”.

Melalui lagu tersebut, Gerard Way menceritakan bagaimana sang adik, sekaligus pemain bass My Chemical Romance, Mikey Way, yang pada saat itu sedang mengalami gangguan psikologis harus menempati kamar yang paling menyeramkan di rumah tersebut. Pengalaman mistis tersebut semakin mengganggu pikirannya, bahkan hingga di suatu malam, Mikey meminta untuk bermalam di kamar sang kakak meskipun harus tidur di atas lantai. Atas kejadian itu, akhirnya My Chemical Romance memutuskan untuk pergi untuk kesehatan dan keselamatan semua personelnya.

2. Kecelakaan saat Pembuatan Video Klip

Dibalik tema video klipnya yang chaotic, ternyata cerita mengenai proses pembuatan video klip “Famous Last Words” cukup mengancam keselamatan beberapa anggota My Chemical Romance. Jadwal shooting video klip dilakukan pada 4 Agustus 2006, berselang satu hari setelah pembuatan video klip single “Welcome to The black Parade”. 

Kelelahan akibat jadwal padat menjadi faktor utama yang membuat Gerard Way mengalami cedera pada ligamen di bagian pergelangan kakinya seusai Frank Iero, salah satu gitaris dari My Chemical Romance melompat ke arah pentolan band tersebut. Tidak hanya itu, pembuatan video klip ini juga memakan satu korban lainnya.

Pada saat pengambilan gambar terakhir untuk video klip single My Chemical Romance, latar tempat proses shooting dilakukan membutuhkan elemen api sebagai sentuhan akhir pada adegannya. Sayangnya, api yang menjalar menghampiri kaki sang penggebuk drum, Bob Bryar. Berusaha untuk menyelesaikan video klip dengan tepat waktu. Namun sayang, pilihan tersebut menyebabkan infeksi pada luka bakar yang dialaminya.

MCR Official Twitter Page (https://twitter.com/MCRofficial/status/1196183757847445504/photo/1)

3. Nasib Malang Sang Drummer

Setelah kakinya terbakar dan mengalami infeksi, tampaknya nasib buruk akan kutukan “The Black Parade” tidak berhenti menyelimuti My Chemical Romance dan sang drummer. Di tengah perjalanan tur untuk promosi album tersebut, tiba-tiba Bob Bryar mengalami cedera pada pergelangan tangannya, hingga menyebabkan Ia tidak bisa menggerakan jari-jarinya. Alhasil, beberapa jadwal konser My Chemical Romance yang telah ditentukan terpaksa harus dibatalkan untuk memberi waktu pengobatan dan pemulihan bagi sang drummer.

4. Penyakit Menyerang My Chemical Romance

Sesaat menjalani tur promosi album “The Black Parade”, kendala demi kendala seiring menghampiri perjalanan My Chemical Romance. Tercatat ada beberapa jadwal konser yang harus diundur atau ditunda karena satu per satu member band tersebut terserang penyakit dan cedera secara misterius, mulai dari demam hingga keracunan makanan. 

Bahkan, nasib buruk tersebut tidak hanya menimpa My Chemical Romance saja, Muse yang berencana untuk berbagi panggung bersama band tersebut juga terkena dampak dari keracunan makanan, yang membuat mereka batal manggung.

5. Membuat My Chemical Romance Hampir Bubar

Segala tragedi yang terjadi di masa “ The Black Parade” membuat para personel merasa lelah dan tidak lagi menyenangkan untuk dijalani. Bahkan Gerard Way pernah menyampaikan bahwa album tersebut seharusnya memang jadi album terakhir dari My Chemical Romance. Hingga akhirnya, di tahun 2008 mereka secara simbolis mengubur “The Black Parade” dan menutup rangkaian tur mereka di Mexico City. Konser yang berjudul “The Black Parade Is Dead” tersebut ternyata berhasil melanjutkan karier yang bertahan hingga tahun 2013.

Hingga saat ini, kebenaran tentang apakah album “The Black Parade” memiliki kutukan masih menjadi misteri di kalangan penggemarnya. Pasalnya, album ketiga My Chemical Romance ini merupakan album dengan pencapaian tertinggi dari berbagai kritikus musik di dunia.

Jadwal Tur Reuni My Chemical Yang Terpaksa Mundur

Dampak pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia ini memang memengaruhi berbagai elemen di setiap industri yang ada, termasuk dengan industri kreatif. Oleh karena itu, jadwal tur konser reuni yang sudah digagas oleh My Chemical Romance pun mesti mengalami reschedule. Tidak hanya fans saja yang dirugikan, namun My Chemical Romance sebagai band pun harus memutar otak bagaimana untuk tetap bisa mengobati rasa rindu para penggemar setianya dengan tetap menjaga kondisi kesehatan dan keselamatan jiwa para penonton. 

Namun, jangan khawatir. Bagi penggemar setia My Chemical Romance telah menginformasikan jadwal terbaru tur konser reuni mereka yang akan digelar pada tahun 2021 mendatang. Jadi masih ada waktu untuk mempersiapkannya dari sekarang. Berikut adalah jadwal bisa dipilih.

Update Jadwal Konser Reuni My Chemical Romance 2021

06/15 – St. Avstell, UK @ Eden Project

06/17 – Milton Keynes, UK @ Stadium MK

06/19 – Milton Keynes, UK @ Stadium MK

06/20 – Milton Keynes, UK @ Stadium MK

06/22 – Dublin, IE @ Royal Hospital Kilmainham

07/02 – Prague, CZ @ Prague Rocks

09/08 – Philadelphia, PA @ Wells Fargo Center

09/09 – Toronto, ON @ Scotiabank Center

09/11 – Brooklyn, NY @ Barclays Center

09/13 – Boston, MA @ TD Garden

09/15 – Detroit, MI @ Little Caesers Arena

09/16 – St. Paul, MN @ Xcel Energy Arena

09/18 – Chicago, IL @ Riot Fest

09/19 – Atlanta, GA @ Music Midtown

09/21 – Newark, NJ @ Prudential Center

09/22 – Newark, NJ @ Prudential Center

09/25 – Sunrise, FL @ Bb&T Center

09/28 – Houston, TX @ Toyota Center

09/29 – Dallas, TX @ American Airlines Center

10/01 – Denver, CO @ Pepsi Center

10/03 – Tacoma, WA @ Tacoma Dome

10/06 – Oakland, CA @ Oakland Arena

10/08 – Las Vegas, NV @ T–Mobile Arena

10/11 – Los Angeles, CA @ The Forum

10/12 – Los Angeles, CA @ The Forum

10/14 – Los Angeles, CA @ The Forum

10/17 – Los Angeles, CA @ The Forum

0 COMMENTS