5 Dokumenter Musik Favorit SuperMusic!

5 Film Musik yang Bisa Lo Tonton di Rumah

  • By: NTP
  • Minggu, 29 March 2020
  • 476 Views
  • 3 Likes
  • 2 Shares

Diam di rumah tentu bukan alasan buat enggak produktif, salah satu caranya adalah jalan-jalan di internet dan cari tontonan bergizi. Selain hemat tenaga, asupan ini pasti bikin kalian tambah pintar, contohnya film tentang musik, mau film biopik atau dokumenter yang bertebaran di Netflix maupun kanal streaming film lain. Genre yang satu ini emang rawan bikin kita bengong, pasalnya kita jarang lihat “dapur” mereka yang akrab di kuping dan di panggung. Walau film/dokumenter musik lokal jumlahnya masih bisa dihitung jari dan peredaran digitalnya terbatas, ada banyak film musisi internasional legendaris yang bisa kalian tonton di platform streaming ini. Jangan lupa siapin cemilan favorit kalian sebelum baca list ini, here it goes!

1. Rush: Beyond the Lighted Stage (2010)

Selalu ada tempat di SUPERMUSIC buat legenda rock. Rush, trio progressive rock asal Kanada yang baru-baru ini pensiun, adalah salah satunya. Kali ini, kita napak tilas perjalanan mereka dari masih di bangku sekolah hingga sempat gagal jadi band rock era Black Sabbath dan Led Zeppelin berjaya. Beberapa figur musik yang enggak kalah legendaris, dari Trent Reznor, Taylor Hawkins (Foo Fighters), Tenacious D dan Brad Wilk (RATM, Prophets of Rage), Metallica, KISS sampai Billy Corgan kasih testimoni soal pengaruh Rush di musik mereka. Hal-hal belakang layar Rush yang bisa diintip di film ini berkisar dari skill multi-instrumental Geddy Lee, referensi lirik dan jeniusnya Neil Peart, juga kisah Alex Lifeson di masa sekolah. Jangan lupa juga: Beyond the Lighted Stage digarap oleh Sam Dunn dan Headbangers Film, tangan-tangan handal di balik dokumenter Metal: A Headbanger’s Journey, Global Metal dan Iron Maiden: Flight 666.

2. The Dirt (2019)

Film biopik dari band rock ugal-ugalan asal Sunset Strip California, Mötley Crüe! Di sini nampak jelas bagaimana liarnya unit glam rock di era 80-an tersebut dan bagaimana mereka patuh menjalani kredo "sex, drugs, and rock n' roll." Sebuah film yang menampilkan sirkus rock n' roll. Film ini dibintangi oleh Iwan Rheon (Game of Thrones) sampai rapper Machine Gun Kelly yang berperan sebagai Tommy Lee. Peringatan: film ini untuk dewasa ya.

3. Look Mom I Can Fly (2019)

Kali ini datang dari nama yang lebih masa kini. Penggawa hip-hop Travis Scott dengan dokumenter berjudul Look Mom I Can Fly. Menceritakan karier Travis Scott dari rapper remaja asal selatan Amerika, hingga jadi megabintang hip-hop dengan sederet prestasi yang mentereng. Di sini lo juga bisa lihat bahwa konser-konser Travis selalu liar bak gig hardcore, dengan munculnya moshpit dan crowdsurfing. 

4. What Happened, Miss Simone? (2015)

Dokumenter besutan Liz Garbus ini adalah contoh terbaik mengapa genre ini begitu menyenangkan ditonton. Menampilkan figur raksasa seperti Nina Simone tentu bukan perkara mudah, lebih-lebih karena pengaruhnya menyentuh tak hanya karya musik tapi juga gerakan Hak Sipil AS, Black Power Movement, bahkan turut mendobrak pakem band leader dan solois. Di film ini, Simone berbicara lembut, lantang, tegas hingga setengah bersedih dengan suara seraknya sembari menunjukkan full-power sebagai pianis, vokalis dan penulis lagu. Sementara sisi privat Simone yang selalu bergelut dengan popularitas dan kemarahannya tentu akan mengejutkan kita, mengingat sisi ini hanya jadi gosip underground belakang panggung selama masa hidupnya. Satu hal lagi yang membuat film ini pantas segera kalian cari dan tonton adalah rekaman aksi panggungnya yang begitu powerful, setelah menontonnya kalian akan langsung penasaran dengan diskografinya.

5. Anima (2019)

Thom Yorke bertemu Paul Thomas Anderson. Sebuah film pendek yang diluncurkan untuk merayakan album solo ketiga dari frontman Radiohead tersebut. Seperti menonton video klip yang panjang. Tonton sendiri buat merasakan experience sinematografi yang keren.

0 COMMENTS