5 Film Tentang Musik Untuk Nikmati Akhir Pekan

5 Film Tentang Musik Untuk Nikmati Akhir Pekan

  • By:
  • Rabu, 10 February 2021
  • 460 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Di luar entitasnya sebagai disiplin seni, musik juga merupakan salah satu aspek yang tidak bisa dilepaskan dari karya-karya seni film. Hubungan antara musik dan film ini bisa hadir melalui soundtrack bahkan menjadi sebuah cerita utuh. Film tentang musik sendiri cukup menawarkan cerita-cerita yang menarik. Tidak hanya mengambil sudut pandang dari orang dewasa, film tentang musik juga kerap kali hadir dalam format animasi karena begitu besar peran musik dalam kehidupan banyak orang dari berbagai kalangan.

Menonton film tentang musik atau genre film apapun, memang paling pas jika jadi sebuah aktivitas yang dilakukan saat akhir pekan. Akhir pekan jadi waktu yang tepat untuk menikmati hobi setelah seminggu penuh penat akibat didera aktivitas. Kalau lo suka dengan film dan musik, maka film tentang musik bisa jadi pilihan yang pas untuk menemani kegiatan akhir pekan lo. Film tentang musik juga bisa ditonton sendirian dan juga orang-orang tersayang, karena premisnya yang ringan dan juga menyenangkan.

Agar akhir pekan lo semakin menyenangkan, berikut adalah daftar film tentang musik yang bisa lo tonton baik sendirian maupun bersama orang tersayang, seperti keluarga atau pasangan.

  1. Sing Street

    Image courtesy of IMDB

    Film tentang musik pertama di dalam daftar ini yang bisa jadi teman untuk lo menghabiskan akhir pekan adalah Sing Street. Sing Street merupakan film tentang musik dengan cerita mengenai kisah sekelompok anak sekolahan yang memilih musik untuk terlihat keren. Sekelompok anak sekolahan dalam film tentang musik ini sepakat untuk membuat sebuah band untuk dapat dekat dengan cewek-cewek yang mereka taksir di sekolah lain. Film tentang musik ini mengambil latar tempat dan waktu di Irlandia pada 1980-an ketika musik-musik punk dan new wave sedang mendapatkan atensi tinggi di tanah Britania Raya. Film tentang musik ini dirilis di tahun 2016 dan disutradarai oleh John Carney. Sang sutradara juga sempat merilis film tentang musik lainnya berjudul Once di tahun 2007. 

  2. Once

    Image courtesy of Searchlight Pictures

    Once merupakan film tentang musik pertama yang dibuat oleh John Carney dan mendapatkan apresiasi yang cukup menggembirakan. Bahkan film tentang musik yang menggunakan latar tempat Irlandia ini dibuat secara independen melalui Irish Film Board berhasil mendapatkan popularitas secara mainstream di Amerika Serikat. Film tentang musik ini berkisah mengenai dua orang musisi amatir yang mencoba terus peruntungannya untuk menggapai mimpi mereka. Film tentang musik yang rilis di tahun 2007 ini diperankan oleh Glen Hansard dan Markéta Irglová. Kedua pemain tersebut juga mengisi hampir seluruh soundtrack untuk film tentang musik ini di bawah nama The Swell Season. Salah satu lagu yang cukup populer dari film tentang musik ini adalah Falling Slowly. 

  3. School of Rock

    Image courtesy of School of Rock FB Page 

    Kembali lagi dengan tema anak sekolahan, film tentang musik yang rilis di tahun 2003 ini cukup populer di kalangan pecinta film dan juga musik. Bahkan film tentang musik satu ini dianggap sebagai salah satu film klasik yang menghibur dan cocok untuk ditonton di akhir pekan. Bercerita tentang seorang musisi rock amatir yang akhirnya alih profesi sebagai guru musik di sebuah sekolah ternama dan mencoba mengajak para muridnya membentuk sebuah band rock untuk mengikuti kompetisi Battle of the Bands demi mendapatkan hadiah uang. 

    Film tentang musik ini mencoba untuk memberi gambaran untuk kembali menghadirkan kesan keren terhadap musik rock di anak-anak remaja kala itu. Film tentang musik ini dibintangi oleh Jack Black dan disutradarai oleh Richard Linklater. Sejak tahun 2003 hingga 2015, School of Rock sempat merajai pendapatan box office sebagai film tentang musik dengan genre komedi yang berhasil mendapatkan penjualan sebesar 131 juta dolar Amerika Serikat.

  4. Whiplash

    Image courtesy of Whiplash FB Page

    Ambisi untuk menjadi pemain drum jazz terbaik merupakan premis utama untuk film tentang musik satu ini. Whiplash garapan Damien Chazelle yang rilis di tahun 2014 ini menjadi salah satu film tentang musik yang paling dibicarakan oleh penikmat film di medio era 2010-an. Film tentang musik ini berkutat perihal hubungan murid dan mentor yang keras dan penuh pembuktian dari sebuah sekolah musik ternama. Miles Teller memerankan Andrew Neiman, seorang pemain drum genre jazz muda memiliki keinginan untuk bisa jadi pemain drum terkenal dan harus berada di bawah arahan Terence Fletcher, seorang komposer dan guru di sebuah sekolah musik yang diperankan oleh J. K. Simmons. 

    Hubungan antara mentor dan murid dalam film tentang musik ini dipenuhi bumbu kompetisi karena sang murid menginginkan sebuah pengakuan bahwa dirinya memiliki talenta terbaik di sekolah tersebut. Sedangkan sang mentor tidak ingin mengakui hal tersebut. Sang sutradara menggarap film tentang musik ini berdasarkan kisah nyata dalam hidupnya yang pernah berada di sebuah grup jazz dengan anggota yang saling kompetitif.

  5. Coco

    Image courtesy of Coco FB Page

    Film animasi merupakan salah satu genre film yang cukup nyaman untuk ditonton di akhir pekan. Coco yang dirilis di tahun 2017 merupakan satu-satunya film animasi yang masuk ke dalam daftar ini. Mengangkat cerita tentang anak kecil yang ingin belajar mengenai musik lebih dalam demi bisa kembali bermusik dengan anggota keluarganya, film tentang musik satu ini mengajak para penonton untuk merasakan petualangan yang dialami oleh karakter utamanya. Pada film tentang musik ini mengisahkan perihal karakter utama yang tidak sengaja terlempar dimensi lain dan menemukan kakek buyutnya yang juga musisi. Pertemuan dengan kakek buyutnya tersebut dirinya gunakan sebagai sebuah pedoman dalam mempelajari sejarah tentang musik keluarganya sekaligus mencari jalan untuk kembali pulang.

Banner image courtesy of Whiplash FB Page

0 COMMENTS