5 Gitaris Rock Wanita dengan Karier Gemilang

5 Gitaris Rock Wanita dengan Karier Gemilang

  • By:
  • Selasa, 2 March 2021
  • 411 Views
  • 1 Likes
  • 1 Shares

Sama seperti image musiknya, gitaris dari grup band rock atau musik keras lainnya identik diisi oleh para pria. Namun, nyatanya tidak sedikit sosok-sosok dikenal sebagai gitaris rock wanita terbaik yang pernah ada atau masih eksis hingga sekarang di industri musik.

Hal ini yang membuat musik merupakan sesuatu yang indah karena bisa melampaui semua batasan, termasuk gender. Sudah tidak asing jika para gitaris-gitaris idola atau yang kerap disebutkan sebagai inspirasi adalah mereka gitaris pria, tapi gitaris rock wanita bukan berarti tak punya tempat spesial.

Nah, kali ini Supermusic sudah merangkum beberapa nama yang merupakan gitaris rock wanita buat Superfriends. Simak daftarnya di bawah ini.

Gitaris Rock Wanita: Lita Ford

Daftar pertama dari gitaris rock wanita pilihan Supermusic adalah Lita Ford. Sosok dengan nama asli Lita Rossana Ford ini dikenal sebagai gitaris rock wanita, vokalis, dan juga penulis lagu yang berkecimpung di genre hard rock hingga glam metal.

Lahir di London Inggris, Lita pindah ke Amerika Serikat dan mulai bermain gitar sejak usia 11 tahun. Gitaris rock wanita ini mengaku terinspirasi gitaris Deep Purple, Ritchie Blackmore.

Karier bermusik Lita benar-benar dimulai ketika dirinya berusia 16 tahun dan direkrut oleh seorang produser untuk bergabung bersama band rock yang semuanya beranggotakan wanita, The Runaways, pada 1975. Setelah meraih sukses besar pada empat albumnya, yaitu The Runaways (1976), Queen of Noise (1977), Waitin' for the Night (1977), dan And Now... The Runaways (1978), band ini bubar karena konflik internal.

Setelah bandnya bubar, gitaris rock wanita ini memutuskan bersolo karier pada 1982. Lita sempat hiatus panjang dari kurun waktu 1997-2007 sebelum kembali ke industri musik pada 2008 hingga sekarang. Gitaris rock wanita ini juga membuat brand gitar sendiri pada 2018 dengan nama Lita Ford Guitars.

Gitaris Rock Wanita: Yvette Young

Daftar selanjutnya dari gitaris rock wanita adalah Yvette Young. Sosok lulusan Seni Murni University of California, Amerika Serikat, ini mulai terdengar namanya ketika mengunggah permainan gitarnya di YouTube pada 2009.

Young tumbuh dengan bermain piano dan biola yang akhirnya membuat ia menerapkan elemen teknik untuk kedua instrumen itu pada gitar. Hal itu menghasilkan gaya ketukan dua tangan (two-handed tapping style) yang menggabungkan pendekatan berbeda dari musik klasik dan math rock.

Gitaris rock wanita berusia 29 tahun ini sekarang merupakan gitaris dari band math rock, Covet, yang dibentuk oleh Young sejak 2014. Sambil bermain musik di band, Young juga bersolo karier yang sudah melahirkan beberapa album solo.

Materi solonya sangat cocok untuk YouTube. Tidak seperti Covet yang memiliki elemen musik rock prog yang tajam dan canggih, materi solo Young adalah musik akustik yang akrab — perpaduan antara lagu-lagu folk penyanyi-penulis lagu yang menawan dan teknik math rock.

Gitaris Rock Wanita: Joan Jett

Joan Jett adalah sosok berikutnya di daftar gitaris rock wanita pilihan Supermusic. Ia dikenal sebagai frontwoman dari band bentukannya, Joan Jett & the Blackhearts. Sebelum membentuk band ini, Joan Jett merupakan rekan satu band Lita Ford di The Runaways. Setelah Runaways bubar, Joan Jett mulai meniti karier solo pada 1979. 

Gitaris Rock Wanita: Nita Strauss

Daftar gitaris rock wanita berikutnya adalah Nita Strauss. Pada 2014, ia menggantikan Orianthi sebagai gitaris untuk musisi rock, Alice Cooper. Selain itu, gitaris rock wanita ini pun punya karier solo yang tak kalah sukses.

Strauss mulai melakukan tur dengan bandnya sendiri saat remaja, meninggalkan sekolah menengah di tahun pertama untuk fokus mengejar karier musik secara penuh. Meskipun awalnya dikenal karena karyanya dengan band The Iron Maidens, karier gitaris rock wanita ini termasuk tampil dengan beberapa ansambel rock termasuk Consume the Fire, Femme Fatale, dan supergrup video-game Critical Hit.

Lantas, pada 2018 gitaris rock wanita ini memulai karier solo dengan debut single Controlled Chaos. Controlled Chaos memulai debutnya di tangga lagu Billboard di No 1 Top New Artist, No 3 Label Independent, No 4 Top Hard Music, No 8 Top Rock, No 8 Top Internet, No 20 Top album, and No 7 di tangga lagu iTunes Rock.

Gitaris Rock Wanita: Marnie Stern

Daftar terakhir dari gitaris rock wanita adalah Marine Stern. Karier dari gitaris rock wanita ini dimulai pada 2007 ketika merilis album yang berjudul On Advance of The Broken Arm. Album ini berhasil diterima dengan baik oleh para kritikus musik. Bahkan, The New York Times mengatakan bahwa ini adalah alb rock 'n' roll yang paling menarik.

Satu tahun berselang, gitaris rock wanita ini merilis album kedua yang bertajuk d This Is It and I Am It and You Are It and So Is That and He Is It and She Is It and It Is It and That Is That.

Selain bersolo karier, Marnie Stern juga menjadi anggota reguler dari The 8G Band yang mengisi acara Late Night with Seth Meyers.

0 COMMENTS