fenomena karaoke

5 Jagoan Pesta Karaoke Masa Kini

  • By: NND
  • Kamis, 7 November 2019
  • 203 Views
  • 3 Likes
  • 35 Shares

Beberapa tahun belakangan, demam nostalgia belum juga turun. Jumlah acara-acara yang menyajikan format karaoke massal masih ramai penonton. Anak muda mengapresiasi acara serupa, lantai dansa hampir selalu dipenuhi mereka yang ingin bernyanyi dan bersenang-senang.

Tidak lagi sekedar ruangan kecil berbekal TV dan mikrofon saja, karaoke sudah menjajah panggung festival, klab malam, bar, dan apapun itu—asal ada DJ!

Membicarakan soal fenomena ini, tentu selalu ada sosok yang piawai memainkan dan memandu lagu agar “semua senang”, bukan? Nah, kali ini SUPERMUSIC akan menjabarkan setidaknya lima nama yang kerap meramaikan format karaoke massal. Siapa saja mereka? Langsung baca di bawah, ya!

1. Oomleo Berkaraoke

Sumber foto

Siapa tidak tahu Oomleo? Dikenal lewat trio electro pop/synthwave Goodnight Electric, musisi dan seniman visual ini kerap menghibur dengan sesi karaoke lagu-lagu populer yang dilengkapi gimmick menarik. Menggaet bintang tamu musisi, costume party, atau apapun itu—semua sudah pernah ia terapkan.

Sejatinya, Oomleo sudah menjadi semenjak awal 2000-an. Memasuki dekade 2010, kemajuan teknologi membuatnya terjun kembali. Akhirnya? Oomleo menjadi sebuah pertunjukan nostalgia yang tak hanya selalu seru, tapi seringkali di luar dugaan. Contohnya: ia pernah menghadirkan Andika “Kangen Band”, Radja, SMASH, dan Wali di panggung karaoke!

2. Lawless Youtube Squad

Sumber foto

Arian13, Sammy, dan Gofar mampu membuat suasana menjadi jenaka dan seru melalui tingkah-tingkah dan guyonan mereka. Lawless YouTube Squad kerap hadir dalam konten videonya—sesuai nama mereka. Namun, jangan terkecoh namanya: mereka adalah grup karaoke, mereka liar, dan membuat acara semakin gempar!

Musik dari Lawless sendiri sudah tidak perlu dijelaskan, bukan? Maka sama halnya dengan Lawless YouTube Squad, kalian tentu bisa melihat gambarannya luasnya jika ketiga orang ini diberi ruang di balik turntable. Mulai dari tembang rock nostalgia, punk dan saudara-saudaranya, sampai ballad-ballad menyayat dan guilty pleasure! Bersiaplah bernyanyi bersama dari dalam hati sampai keringat menetes. Atau, sampai hilang di tengah moshpit!

3. Videostarr

Sumber foto

Videostarr adalah Andri, Ames, Inka, dan Shino. Sebagai party-thrower yang juga bergerak dengan format karaoke massal, mereka merefleksikan hits pertengahan 90s dan early 2000s, identik dengan MTV dan sajian video klipnya.

Mereka memulai grup ini hanya sebagai sebuah platform untuk bersenang-senang bersama para sahabat. Namun situasi berkata lain, demand nostalgia yang besar menggiring mereka untuk melanjutkannya hingga menjadi sesuatu yang besar.

Didasari oleh dua konsep dasar: pop culture dan guilty pleasure; Videostarr selalu berhasil menyulap lantai dansa menjadi ruang bernyanyi melalui musik dan visual serasi. Mereka berpendapat bahwa musik-musik era 90-an hingga awal 2000-an itu mudah diakses oleh publik, itu pula sebabnya acara mereka selalu ramai sesak dipenuhi millenials.

4. Diskopantera

Sumber foto

Berawal dari ketidaksengajaan—dari menggarap acara bersama teman dengan tema lagu-lagu lawas era 80-90an—membuatnya menyadari potensi besar konsep pesta nostalgia. Kebetulan, lagu-lagu era inilah yang memang mantap ia dengarkan.

Ia mengaku tidak sadar bahwa anak muda sekarang gemar lagu-lagu lama yang ia dengarkan, pria bernama asli Rahmat Dwi Putranto serius menekuni profesi selektor lagu-lagu anthem.

Di balik turntable, Diskopantera kerap memainkan beragam setlist. Hits boyband era 90-an berganti ke lagu pop diva lokal, dan kemudian berujung ke rock anthem yang liriknya di luar kepala. Sebagai salah satu DJ karaoke paling laris, sempatkan untuk datang dan hadiri acaranya bersama teman-teman untuk melepas gundah!

5. Mayhem X (Monday Mayhem & Uber Damage)

Sumber foto

Kru pesta indie sh*t dan nostalgia ini digawangi oleh pelaku di gelombang bawah tanah musik independen lokal. Mereka menculik pahlawan-pahlawan band indie dan menempatkan mereka di balik turntable untuk memimpin padus beringas. Sudah banyak nama-nama ikonis yang mereka gaet: Jimi Multhazam, Henry Foundation, Danilla, Eka Annash, sampai Desta dan Vincent Rompies serta masih banyak lagi!

Kostum juga memiliki penekanan penting dalam setiap gelaran mereka yang selalu ramai. Semua bisa menjadi siapa saja yang mereka mau dan berjoget sambil bernyanyi lantang di atas lantai dansa Mayhem X.

Pilihan lagu? Tak usah khawatir Mayhem X selalu menyugguhkan musik-musik niche yang berkualitas. Tembang-tembang post-punk legendaris, indie pop paling berpengaruh, hingga lagu-lagu all-out agresif seperti punk, dan semua di antaranya, siap menerpa telinga kalian.

Itu dia lima nama andalan dalam menuntun kebutuhan nostalgia kalian. Sudah pernah dateng ke acara yang mana nih, Superfriends? Pastinya, setiap nama mampu memberikan sentuhan-sentuhan khusus lewat karakter dan pilihan musik mereka.

Nah, kalau menurut kalian sendiri, yang mana yang paling kalian gemari, dan kenapa? Suarakan jawabannya di kolom komentar, ya!

0 COMMENTS

Info Terkait

supershow
49 views
superbuzz
28 views
superbuzz
37 views