5 Lagu Barat yang Terus Viral di TikTok

5 Lagu Barat yang Terus Viral di TikTok

  • By:
  • Rabu, 23 June 2021
  • 502 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Sebagai sebuah platform media sosial, TikTok juga dianggap sebagai salah satu ruang promosi lagu yang cukup baik. Langkah promosi ini cukup dimaksimalisasi oleh musisi yang memproduksi lagu barat demi memperkenalkan single terbarunya secara cepat kepada khalayak ramai. Maka tidak aneh rasanya jika banyak gelombang lagu barat yang mulai bermunculan ke permukaan berkat popularitasnya melalui TikTok. Optimalnya promosi lagu barat di TikTok ini tidak lain karena jumlah penggunanya yang cukup besar dan beragam hampir di seluruh dunia. Selain itu, dengan menggunakan lagu barat sebagai lagu latar, para pengguna TikTok bisa merasa kreativitas konten yang dibuat jadi terasa lebih lengkap dan relevan dengan zaman.

Metode promosi lagu barat melalui TikTok ini akhir-akhir ini cukup jadi pembahasan menarik di komunitas musik mancanegara. Bahkan saat ini, aggregator musik dan publisher musik digital pun kerap menawarkan TikTok sebagai salah satu platform merilis lagu selain Spotify, Apple Music, dan juga Youtube. Billboard sendiri sebagai salah satu lembaga pemerhati perkembangan musik saja secara daring membuat chart secara eksklusif agar para penikmat musik dapat menemukan lagu barat apa saja yang sedang populer digunakan di TikTok. Chart lagu barat TikTok yang digarap oleh Billboard ini juga bersifat dinamis dan dapat berubah-ubah tergantung popularitas sebuah lagu yang sedang ramai digunakan dalam platform tersebut. Berikut adalah daftar lagu barat yang populer untuk digunakan sebagai pelengkap konten di TikTok. Perlu dipahami bahwa tidak semua lagu barat yang sedang populer di TikTok merupakan lagu rilisan terbaru. Pasalnya, kebanyakan content creator di TikTok menggunakan lagu atas dasar nuansa maupun tema yang melengkapi ide kreatif yang coba dituangkan.

  1. Umbrella - Rihanna

    Salah satu lagu barat yang terbilang lawas dan kembali populer berkat platform TikTok adalah lagu Umbrella milik Rihanna. Dengan nuansa musik yang dramatis, lagu barat satu ini jadi pilihan favorit para pembuat konten untuk membuat adegan penuh drama. Tidak hanya digunakan saat yang menunjukkan kesedihan, lagu barat ini juga kerap kali digunakan ketika para pembuat konten menginginkan adegan pertengkaran dalam video yang ingin diceritakan melalui akun TikTok-nya. Awalnya, lagu barat yang dibawakan oleh Rihanna di tahun 2008 ini ditulis untuk menjadi single terbaru dari Britney Spears. Namun, pihak label yang menaungi Britney Spears menolak untuk memproduksi lagu barat tersebut lebih lanjut. Lagu barat yang ditulis Jay Z, Tricky Stewart, dan Kuk Harrell ini pun akhirnya diberikan kepada Rihanna yang berhasil populer hingga saat ini melalui platform TikTok.

  2. Driver License - Olivia Rodrigo

    Mencuatnya nama Olivia Rodrigo di berbagai sosial media seusai perilisan album barunya, menghadirkan dampak positif juga kepada popularitas dari satu lagu barat baru yang dibawakan oleh musisi asal Amerika Serikat tersebut. Driver License yang baru dirilis Olivia Rodrigo untuk album berjudul Sour di tahun 2021 ini jadi salah satu lagu barat yang cukup diminati oleh para pengguna TikTok baru-baru ini. Lagu barat yang populer TikTok satu ini juga merupakan langkah debut yang dilakukan oleh Olivia Rodrigo sebagai seorang musisi profesional yang berkarya dengan merilis album penuh untuk pertama kalinya. Sebelumnya sang musisi dikenal sebagai aktris. Peran TikTok sebagai platform media sosial jadi salah satu faktor yang kini terus berhasil mendongkrak popularitas sang musisi asal Amerika Serikat satu ini.

  3. Oh No - Kreepa (Capone Remix)

    Lagu barat bergenre hip hop juga dinilai jadi salah satu genre yang populer di tengah pengguna atau kreator konten di TikTok. Salah satu lagu barat yang hingga saat ini masih cukup diminati kehadirannya oleh para pengguna TikTok adalah Oh No yang dirilis oleh Kreepa. Lagu barat satu ini kerap kali digunakan untuk menjadi lagu latar dari konten dengan tema suspense atau mengejutkan yang menghadirkan unsur tragedi maupun komedi. Lagu barat satu ini merupakan sebuah lagu yang diambil dari album Kreepa berjudul Cold As Ice yang rilis di tahun 2019. Kreepa mengawali kariernya sebagai seorang musisi hip hop digital dan telah berhasil merilis lebih dari 10 album penuh sepanjang kariernya. Untuk lagu Oh No sendiri, dasar dari pembuatan lagu tersebut Kreepa olah dengan mengambil elemen sebuah lagu dari rapper lainnya bernama Capone. 

  4. At My Worst - Pink Sweat$

    Satu lagi lagu barat R&B bernuansa dramatis yang cukup menarik perhatian pengguna TikTok hampir di seluruh dunia. Kali ini lagu barat tersebut datang dari Pink Sweat$ dengan lagu berjudul At My Worst. Dramatisasi lagu barat satu ini datang dari aspek instrumentalisasinya yang terdengar chill namun ada kesan menegangkan yang hadir di belakangnya. Untuk liriknya sendiri, lagu barat garapan Pink Sweat$ ini bertemakan cinta terpendam. Hingga saat ini, lagu barat satu ini masih kokoh berada di kawasan puncak chart musik TikTok. Padahal lagu ini sudah dirilis oleh sang musisi sejak tahun 2020 lalu.

  5. Please Don’t Go - Mike Posner

    Lagu barat yang terbilang lawas lainnya dan masih cukup populer digunakan oleh pengguna TikTok untuk kebutuhan kontennya adalah lagu Please Don’t Go dari Mike Posner. Lagu ini pertama kali diperdengarkan oleh sang musisi tahun 2010 silam. Namun, berkat musik pop yang terdengar playful, berhasil membuat banyak kreator konten di TikTok menggunakan lagu barat ini untuk menghadirkan video bertemakan menyenangkan atau sebuah perayaan.

Image courtesy of Mike Posner

0 COMMENTS