5 Lagu HipHop Terbaik Sepanjang 2021 Versi HipHopDX

5 Lagu HipHop Terbaik Sepanjang 2021 Versi HipHopDX

  • By:
  • Minggu, 9 May 2021
  • 212 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Perlu dipahami bahwa perkembangan musik hiphop semakin tahun semakin berhasil memikat penikmat musik mainstream. Sebagaimana yang diketahui bahwa lagu hiphop terbaik menurut beberapa pihak media maupun kritikus musik perlu didasari oleh latar belakang personal yang terkadang menghadirkan kesan dramatis maupun tragis. Namun, seiring berjalannya waktu, pengalaman personal dengan lingkup yang relevan juga kini menjadi formula untuk menghasilkan lagu hiphop terbaik di kalangan penikmat musik.

Setiap pihak, baik perseorangan, kritikus, maupun media musik pasti memiliki kriteria masing-masing dalam menentukan kumpulan atau daftar lagu terbaik. Begitu juga untuk skena musik hiphop. Media musik HipHopDX baru saja merilis daftar lagu hiphop terbaik di tahun 2021. Padahal tahun ini baru berjalan beberapa bulan saja. Daftar lagu hiphop terbaik versi HipHopDX ini bisa saja didasari oleh pergerakan musisi yang semakin produktif dan memiliki banyak waktu luang untuk menggarap materi musik yang baik dan relevan kepada para penikmat karyanya. Secara mendasar, daftar lagu hiphop terbaik versi HipHopDX ini menggunakan barometer tangga lagu Billboard sepanjang tahun 2021 ini. 

Daftar lagu hiphop terbaik yang telah disusun oleh HipHop DX ini dimulai dengan rilisan di tanggal 1 Desember 2020, hingga akhir bulan April 2021 lalu. Perlu diingat bahwa lagu hiphop terbaik yang ada di dalam daftar HipHopDX ini merupakan lagu yang dirilis secara internasional, ya Superfriends. Daftar lagu hiphop terbaik versi HipHopDX ini disadur bukan semata-mata mencari yang terbaik. Kehadiran daftar lagu hiphop terbaik ini adalah sebagai pusat referensi yang dibutuhkan jika kalian mencari inspirasi dalam menulis lagu hiphop di masa mendatang, Superfriends.

  1. Indian Summer - Armand Hammer & The Alchemist

    Jika kalian sedang mencari referensi lagu hiphop terbaik dengan intensitas eksperimental yang cukup tinggi, mungkin Indian Summer dari Armand Hammer dan The Alchemist ini bisa jadi pilihan untuk didengarkan Superfriends. Pasalnya, jika lagu hiphop identik dengan kehadiran dentuman bass beat yang keras sebagai penanda bar, salah satu lagu hiphop terbaik dari HipHopDX ini menggantikan peran bass tersebut dengan suara instrumen elektronik yang sengaja dimainkan secara nyaring. Instrumen elektronik tersebut dapat dikaitkan juga menjadi lonceng dari lagu hiphop terbaik satu ini dengan nuansa yang cukup kelam. Nuansa musik yang terdengar memiliki elemen horror yang kuat juga dipadukan dengan lirik yang tajam dan garang dianggap mampu menghadirkan persepsi lain dalam memahami kehidupan yang dijalani oleh para rapper asal New York, Amerika Serikat tersebut. 

  2. Buzzcut - Brockhampton feat. Danny Brown

    Kehadiran Brockhampton untuk di tahun 2021 dengan lagu Buzzcut ini dianggap sebagai sebuah hal yang baru. Setidaknya bagi Brockhampton sendiri. Setelah kurang lebih 1 tahun tidak ada kabar dan geliat terkait proyek terkini. Akhirnya lagu baru Brockhampton dengan kolaborasi Danny Brown ini mampu masuk ke dalam daftar lagu hiphop terbaik versi HipHopDX. Jika didengarkan secara seksama, lagu hiphop terbaik dari Brockhampton ini seakan memancarkan energi positif yang cukup besar kepada penikmat musiknya. Selain itu, grup hiphop ini juga menghadirkan visual yang meriah demi menarik perhatian penikmat musik pop. Adu lirik yang dilakukan oleh Danny Brown dan ketua Brockhampton, Kevin Abstract pun terkesan padu dan saling melengkapi bagian dari lagu hiphop terbaik versi HipHopDX satu ini. Kevin Abstract dinilai masih mampu menjaga kualitas vokalnya setelah satu tahun tidak aktif di dalam Brockhampton.

  3. Headshot - Lil Tjay feat. Polo G & Fivio Foreign

    Untuk sentuhan musik hiphop atau rap yang lebih mengarah ke pendengar yang lebih muda, mungkin Headshot adalah lagu hiphop terbaik versi HipHopDX yang cocok untuk kalian. Secara komposisi, Lil Tjay menghadirkan elemen-elemen musik hiphop yang cukup populer di kalangan penikmat musik mainstream. Elemen musik hiphop tersebut diwakilkan dengan drum dan melodi yang menghadirkan kesan penuh emosi. Intensitas emosi tersebut juga dibangun secara apik oleh penulisan lirik yang dilakukan oleh Lil Tjay, Polo G Fivio Foreign pada lagu ini. Besar di kawasan Bronx, New York, Lil Tjay mencoba untuk memberikan sudut pandangnya terkait kehidupan keras yang harus dijalaninya.

  4. Case Closed - Young Dolph & Key Glock

    Butuh lagu hiphop terbaik dengan nuansa yang lebih garang dan serius? Kalian bisa coba untuk dengarkan Case Closed dari Young Dolph dan Key Glock. Masuk ke dalam daftar lagu hiphop terbaik versi HipHopDX, baik Young Dolph maupun Key Glock keduanya dikenal memang kerap kali berkolaborasi dan memiliki chemistry yang patut diacungi jempol. Maka tidak aneh jika kolaborasi lanjutan yang dilakukan keduanya mendapatkan tempat sebagai salah satu lagu hiphop terbaik. Keseriusan juga dilakukan oleh keduanya dalam memamerkan kekayaan melalui lirik yang ditulis kedua rapper dalam lagu ini.

  5. Talk To Me - Drakeo The Ruler & Drake

    Tidak bisa dipungkiri bahwa Drake memang seorang musisi dari ranah mainstream. Namun, hal tersebut membuktikan bahwa karyanya mampu menyentuh berbagai lapisan masyarakat yang memang menyukai musik hiphop. Drake juga dikenal sering membantu musisi muda untuk mendapatkan atensi dan apresiasi yang dibutuhkan. Salah satunya kepada Drakeo The Ruler. Lagu Talk To Me merupakan hasil kolaborasi yang diinisiasi oleh Drake dan Drakeo The Ruler untuk mempromosikan album debut dari rapper muda asal Los Angeles tersebut. Drake membantu Drakeo The Ruler dalam aspek produksi demi memaksimalkan talenta dan potensi yang dimiliki rapper muda dan lagunya ini. Tangan emas Drake terbukti memberikan dampak positif dan menjadikan lagu ini sebagai salah satu lagu hiphop terbaik versi HipHopDX.

Image courtesy of Christian Bertrand / Shutterstock

0 COMMENTS