5 Lagu Metal Terbaik Sepanjang Tahun 2021 versi Loudwire/Billboard

5 Lagu Metal Terbaik Sepanjang Tahun 2021 versi Loudwire/Billboard

  • By:
  • Kamis, 13 May 2021
  • 233 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Meskipun identik dengan skena underground, nyatanya musik metal terus berhasil mendapatkan apresiasi yang cukup baik di ranah mainstream. Media musik seperti Loudwire dan organisasi chart lagu seperti Billboard kerap kali menghadirkan daftar lagu metal terbaik dalam rentang waktu yang beragam. Baik Loudwire maupun Billboard dianggap sebagai sumber yang cukup kredibel dalam membahas dan menafsirkan lagu metal terbaik sepanjang tahun 2021 ini. Billboard kerap jadi acuan bagi beberapa pihak di industri musik sebagai penentu lagu metal terbaik karena mengambil sampel dari jumlah putar yang ada baik dari radio maupun layanan streaming. Dengan semakin banyak angka putar dari sebuah lagu, maka lagu tersebut bisa saja dinobatkan sebagai lagu metal terbaik.

Begitu pula dengan Loudwire, media musik cadas tersebut mengambil acuan lagu metal terbaik berdasarkan penilaian yang diberikan oleh Billboard. Namun yang berbeda adalah, pihak redaksi yang berada di dalam Loudwire melakukan cross check dan memberikan pandangan pribadi mereka dalam menghadirkan predikat lagu metal terbaik. Perlu diingat bahwa kalian bisa saja tidak setuju dengan penilaian yang datang dari Billboard maupun Loudwire, mengingat musik adalah selera yang tidak bisa diperdebatkan. Meskipun begitu, tidak ada salahnya untuk menambah khasanah dan referensi musik metal dengan mengetahui daftar lagu metal terbaik dari kedua lembaga tersebut. 

  1. Animals - Architects

    Menghentak sebagai single penyambut untuk album ke-9, Animals dianggap sebagai salah satu lagu metal terbaik garapan Architects versi Billboard di sepanjang akhir tahun 2020 dan awal tahun 2021. Diketahui bahwa salah satu lagu metal terbaik yang ditulis oleh Architects ini cukup sarat akan pesan personal di dalamnya. Architects menulis lagu Animals sebagai bentuk penerimaan akan kenyataan mengenai kepergian Tom Searle. Tom Searle merupakan seorang gitaris dan pendiri dari Architects yang pergi untuk selamanya dari dalam tubuh Architects di tahun 2016. Vokalis di dalam tubuh Architects pun mengakui bahwa secara emosional dirinya selalu lari dari Lahirnya lagu Animals sebagai lagu metal terbaik yang ditulis oleh Architects menurut Billboard juga menjadi langkah baru bagi band asal Inggris tersebut untuk tetap berkembang meskipun telah ditinggalkan sosok penting di dalamnya.

  2. Mute The Silent - Orbit Culture

    Beberapa dari kalian mungkin ada yang sudah memahami terminologi modern metal. Ada yang merasa terminologi tersebut hanya sekadar jargon saja ada yang juga memang menganggapnya jadi napas baru. Mau bagaimana pun, musisi dikenal sebagai sosok atau figur yang terus berevolusi bersama zaman. Setidaknya itu yang dilakukan oleh Orbit Culture ketika menulis lagu Mute The Silent. Band metal asal Swedia ini dikenal memiliki karakteristik musik yang hadir dari paduan thrash metal, heavy metal, dan death metal. Dengan paduan tersebut, terasa bahwa lagu Mute The Silent ini cukup terasa kaya dan dianggap pantas jadi salah satu lagu metal terbaik sepanjang tahun 2021 ini. Niklas Karlsson frontman dari tubuh Orbit Culture ini mengaku bahwa dalam soal bermusik, dirinya cukup terpengaruhi dan terinspirasi oleh Gojira. Maka bersama Orbit Culture, Niklas Karlsson terus mencoba untuk menghadirkan karya atau lagu metal terbaik, setidaknya untuk para penggemarnya terlebih dahulu.

  3. Finish Line - Joel Hoekstra’s 13

    Rindu untuk mendengarkan lagu metal terbaik bernuansa klasik dengan sentuhan yang modern dan masa kini? Mungkin kalian bisa dengar terlebih dahulu Finish Line dari Joel Hoekstra’s 13. Joel Hoekstra merupakan seorang musisi multi talenta yang sempat bergabung di beberapa band established dan menjadi session player tour dari musisi legendaris di kancah musik rock. Namun untuk proyek solonya, Joel Hoekstra’s 13, musisi asal Amerika Serikat ini lebih condong untuk melakukan eksplorasi di ranah metal klasik. Jika mendengar lagu metal terbaik versi Loudwire satu ini, kalian bisa saja merasa nostalgia atau mengingat band-band heavy metal klasik, seperti Black Sabbath di era Ronnie James Dio, Superfriends. Dengan akar musik metal yang kuat dan mendalam, maka tidak aneh rasanya lagu yang diambil dari album kedua Joel Hoekstra’s 13 ini menjadi salah satu lagu metal terbaik sepanjang tahun 2021.

  4. The Great Beast We Serve - Dread Sovereign

    Citra dan persona Dread Sovereign di ranah musik metal sudah dapat diidentifikasi langsung oleh banyak penikmat musik cadas. Band metal asal Irlandia ini dikenal dengan tampilan layaknya sebuah kultus terlarang. Bahkan lagu-lagunya sendiri juga memiliki makna yang tidak terbatas. Seperti halnya dengan The Great Beast We Serve yang baru saja dirilis oleh Dread Sovereign di tahun 2021 ini. Bahkan, lagu yang baru dirilis oleh Dread Sovereign ini berhasil mendapatkan predikat sebagai salah satu lagu metal terbaik versi Loudwire. Arahan baru di dalam tubuh Dread Sovereign mampu menghadirkan napas metal klasik yang kelam dan menyeramkan ke dalam lagu metal terbaik satu ini. 

  5. Tied Up and Locked In - The Body

    Tampaknya di tahun 2021 ini, salah satu kriteria lagu metal terbaik adalah kepiawaian musisi di belakangnya untuk menghadirkan harmonisasi karakteristik suara yang beririsan dengan metal. Hal tersebut dilakukan oleh The Body yang baru merilis lagu berjudul Tied Up and Locked In di awal tahun 2021 ini. Jika didengarkan secara sekilas, mungkin kalian hanya bisa mendengar distorsi gitar yang terdengar ganas saja. Namun di balik kegarangan tersebut, ada elemen musik doom dan sedikit sentuhan industrial yang membuat lagu ini tidak hanya dapat membangun nuansa horror namun juga berbeda dari yang lainnya.

Image courtesy of NME

0 COMMENTS