5 Lagu Rock ‘Cover’ yang Lebih Terkenal dari Aslinya

  • By: OGP
  • Minggu, 7 January 2018
  • 3404 Views
  • 3 Likes
  • 1 Shares

Di jagat musik, bukanlah sesuatu yang tabu bagi band maupun penyanyi dalam mendaur ulang lagu dari musisi lain. Kemunculan cover song ini pun dianggap jadi cara terbaik dalam melestarikan sebuah karya musik. Karena sejak awal mula industri musik berjalan, banyak rentetan lagu klasik yang masih eksis hingga saat ini karena peran sebuah cover.

Lagu daur ulang atau biasa disebut juga cover version adalah lagu yang direkam ulang dengan versi aransemen berbeda oleh band dari penampil orisinalnya. Selain itu, pengerjaan lagu daur ulang ini lazimnya digencarkan sebagai tanda penghormatan karya dari sang pencipta lagu.

Uniknya, sebagian versi lagu yang didaur ulang tersebut justru lebih dikenali awam ketimbang lagu yang dibawakan oleh musisi aslinya. Dan tak jarang juga publik yang mengira lagu cover yang dimaksud adalah karya si pendaur ulang. Berikut adalah lima lagu cover ikonis terbaik versi SuperMusic.ID

1. The Beatles - “Twist and Shout”

Tak banyak yang mengetahui bahwa lagu andalan The Beatles ini merupakan sebuah lagu cover dari grup vokal bernama The Top Notes. Lagu ini pertama kali direkam pada tahun 1961. Sebelum populer dibawakan oleh band legendaris asal Inggris itu, “Twist and Shout” lebih dulu di-cover oleh The Isley Brothers di tahun 1962.

Namun lagu ini kian terkenal ketika didaur ulang versi The Beatles setahun berselang. Materi track klasik “Twist and Shout” masuk ke dalam album perdana The Beatles bertajuk Please Please Me (1963). Tak dapat dipungkiri, dari serentetan lagu-lagu legendaris milik The Beatles, “Twist and Shout” merupakan salah satu lagu terbaik milik The Fab Four.

2. Led Zeppelin - “Dazed and Confused”

Di awal kemunculannya di belantika, gerombolan Led Zeppelin menjadi fenomena. Berbicara soal kualitas, rasanya tak perlu lagi meragukan kapasitas musikal band asal London itu. Lewat album debutnya, nama Led Zeppelin kian meroket dan akrab di telinga para penggemar rock. Salah satu lagu mereka yang paling populer adalah “Dazed and Confused”

Tak disangka-sangka, “Dazed and Confused” ternyata merupakan lagu cover milik Jack Holmes. Lagu ini diciptakan pertama kali di tahun 1967. Kontras dengan Holmes yang lebih terdengar ballad, versi Led Zeppelin lebih terdengar meraung penuh energi dari sabetan melodius gitar Jimmy Page. “Dazed and Confused” versi Led Zeppelin merupakan gubahan dari versi milik The Yardbirds, band Page sebelumnya.

3. The Clash - “I Fought the Law”

Di antara seabrek lagu-lagu pamungkas The Clash, single “I Fought the Law” tentu berdiri setara dengan lagu-lagu tenar lainnya seperti “London Calling”, “Should I Stay or Should I Go” hingga “Rock the Casbah”. Tapi rasanya tak banyak publik yang mengetahui jika lagu tersebut merupakan sebuah lagu daur ulang.

“I Fought the Law” merupakan lagu ciptaan Sonny Curtis, yang juga personel band rock and roll, The Crickets. Lagu ini pertama kali dibawakan oleh Bobby Fueller, seorang penyanyi rock lawas yang sempat aktif di sepanjang dekade 60-an. Setelah Fueller mangkat, Joe Strummer dkk kembali membangkitkan kembali gaung lagu tersebut. Dengan nuansa punk yang terkesan bengal dan tanpa aturan, The Clash berhasil menaikkan pamor lagu ini.

4. Joan Jett & the Blackhearts - “I Love Rock ‘n’ Roll”

Bagi penggila rock sejati tentu tak asing dengan track berjudul “I Love Rock ‘n’ Roll” milik Joan Jett & the Blackhearts. Raungan hard rock yang kentara jadi ciri tersendiri di dalam muatan materi. Lagu ini masuk ke dalam album berjudul sama dengan nama lagu yang rilis pada 1981. Lewat hit single tersebut, nama Joan Jett kian mencuat di orbit rock dunia.

Tapi tahukah? Track “I Love Rock ‘n’ Roll” merupakan lagu daur ulang milik vokalis The Arrows, Alan Merrill bersama Jake Hooker. Lagu ini pertama kali dirilis mereka pada tahun 1975. Namun, berkat cover ciamik dari Joan Jett & the Blackhearts, lagu ini pun jadi mudah dikenali awam.

5. Nirvana - “Love Buzz”

Meski telah bubar, hingga saat ini tak dapat dipungkiri jika nama Nirvana masih tetap melegenda di kancah rock dunia. Sebelum meraih kejayaan masif lewat album fenomenal Nevermind (1991), Kurt Cobain dkk lebih dulu dikenal lewat album perdana Bleach yang rilis pada tahun 1989. Single pertama Nirvana berjudul “Love Buzz” mampu menarik perhatian khalayak lewat raungan distorsi yang kaya.

Namun tak banyak orang yang mengetahui jika “Love Buzz” merupakan salah satu lagu daur ulang milik band psikedelik asal Belanda, Shocking Blue. Lagu tersebut diciptakan pada tahun 1969. Berbeda dengan versi asli Shocking Blue, versi yang ditawarkan Nirvana lebih dinamis dengan sentuhan fuzz yang menggelegar tiap not-nya. Di tangan seorang produser handal Jack Endino, versi Nirvana jadi suguhan musik berkualitas.

1 COMMENTS
  • dephythreehandoko

    nirvana saklawase

Info Terkait

superbuzz
43 views

Flea Siap Terbitkan Buku Otobiografi

Michael ‘Flea’ Balzary siap merilis otobiografi berjudul Acid for the Children pada 25...

Baca Selengkapnya
superbuzz
136 views

State Champs Gaet Para Pentolan Pop Punk di Album Terbaru

Kabar gembira untuk para pop punk-enthusiast! Salah satu punggawa pop punk masa kini, State Champs...

Baca Selengkapnya
superbuzz
136 views

The Cure Mulai Garap Album Baru?

Elit alternative rock, The Cure dikabarkan tengah memasuki dapur studio rekaman untuk album...

Baca Selengkapnya
superbuzz
169 views

Tonton Penampilan Bon Jovi Formasi Reuni di Panggung Hall of Fame

Pada Rock and Roll Hall of Fame 2018, sederet nama-nama legendaris seperti The Moody Blues, The...

Baca Selengkapnya
superbuzz
122 views

Deafheaven Siap Rilis Album Baru

Kuintet black metal modern Deafheaven telah mengumumkan album baru bertajuk Ordinary Corrupt Human...

Baca Selengkapnya
superbuzz
361 views

AK//47 Gelar Tur di Amerika Serikat

Trio grindcore asal Semarang, AK//47, bersiap gelar tur Amerika Serikat untuk pertama kalinya pada...

Baca Selengkapnya