5 Lagu Rock yang Terinspirasi Kisah Superhero

  • By: GP
  • Minggu, 20 May 2018
  • 1953 Views
  • 2 Likes
  • 3 Shares

Bulan Mei ini film tentang superhero memenuhi layar bioskop di seluruh dunia. Dari Avengers: Infinity War (walau premiere akhir April) sampai Deadpool 2. Ada juga Solo: A Star Wars Story, menjadikan bulan Mei 2018 sebagai bulan yang menyenangkan bagi penggemar pop culture.

Para geek penggemar pop culture tentu tersebar di mana-mana, tak terkecuali para musisi cadas. Mereka yang tumbuh besar di dekade 70-an dan seterusnya tentu akrab dengan komik era keemasan (yang muncul setelah dekade 40-an). Kehidupan para musisi cadas yang saat itu masih remaja dikelilingi komik dari Marvel, DC, hingga Dark Horse.

Para remaja itu kelak akan menciptakan lagu cadas yang terinspirasi dari kisah pahlawan super yang mereka baca. Berikut adalah lagu-lagu cadas tersebut:

1. Megadeth - Holy Wars… The Punishment Due (album Rust In Peace, 1990)

Selain berkisah soal “bunuh-membunuh atas nama agama”, anthem cadas dari Megadeth ini juga terinspirasi dari antihero vigilante dari Marvel, yakni The Punisher.

“Aku sangat menggemari The Punisher! Aku telah membaca komiknya selama bertahun-tahun,” ujar Dave Mustaine. “Holy Wars… The Punishment Due” sendiri merupakan lagu kedua Megadeth tentang The Punisher, sebelumnya Mustaine menuangkannya di lagu “Killing Is My Business… And Business Is Good”.

2. Rancid - Side Kick  (album Let’s Go, 1994)

Sesuai judulnya, Rancid menceritakan kisah seorang sidekick. Mereka menggambarkan tokohnya bernama Tim, yang diambil dari Tim Drake, pemeran Robin ketiga di komik Batman. Lirik lagunya berbunyi “I had a dream I was a vigilante’s sidekick, my name is Tim, I’m a lesser known character...” 

Selain Tim Drake, lagu ini juga menyinggung tentang Wolverine dari X-Men.

3. Anthrax - I Am The Law (album Among The Living, 1987)

Jelas dari judulnya, lagu ini berkisah tentang Judge Dredd. “I Am The Law” sendiri merupakan catchphrase khas dari karakter Judge Dredd. Lirik nomor thrash metal ini juga berbicara banyak tentang hakim jalanan masa depan tersebut.

4. Suicide - Ghost Rider (album Suicide, 1977)

Lagu dari duo proto-punk berpengaruh ini berkisah tentang karakter Marvel Johnny Blaze alias Ghost Rider, seorang stunt biker yang menjual jiwanya kepada “iblis” untuk menyelamatkan nyawa orang terdekatnya.

5. Iced Earth - The Dark Saga (album The Dark Saga, 1996)

Tak hanya satu lagu, album The Dark Saga dari Iced Earth mengisahkan karakter komik Spawn. Di album ini, grup heavy/power metal asal AS itu mengusung album konsep keseluruhan tentang komik besutan Todd McFarlane tersebut. 

Awalnya Iced Earth ingin sekaligus menulis musik bagi film adaptasi Spawn, tetapi ditolak. Namun Todd McFarlane mau untuk menggarap sampul album The Dark Saga, hingga terpampanglah sosok Spawn di sampul album.   

0 COMMENTS

Info Terkait

supershow
224 views
superbuzz
831 views
superbuzz
690 views
superbuzz
1643 views

5 Album Rock Kontroversial

superbuzz
3486 views