5 Lagu Soundtrack Film dari Band Punk

5 Lagu Soundtrack Film dari Band Punk

  • By:
  • Senin, 24 May 2021
  • 131 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Soundtrack film menjadi elemen yang tak bisa dilepaskan dari eksistensi dunia perfilman. Sederhananya, musik dan film menjadi dua kesatuan yang tak bisa dipisahkan. Film akan semakin menarik perhatian dan lebih hidup ketika ada soundtrack film yang mengiringi.

Hadirnya soundtrack film juga memungkinkan beberapa momen di dalam film bisa memacu adrenalin atau berdampak emosional pada penonton. Pemilihan lagu yang tepat pada soundtrack film bisa memengaruhi suasana hati, mengubah nada, atau menandai periode waktu yang diinginkan oleh para penonton.

Dengan begini, musik artinya memberikan pengaruh yang besar dalam film. Apa jadinya sebuah film horor tanpa alunan musik yang menegangkan? Bagaimana kalian bisa merasakan asmara dalam film romantis tanpa kehadiran balada cinta? Soundtrack film bisa menempatkan penonton untuk berada dalam situasi film ketika sedang dimainkan.

Lebih dari itu, soundtrack film seharusnya mampu menyampaikan emosi serta tema dari sebuah film atau tayangan serial. Baik itu original soundtrack film yang khusus dibuat untuk film tersebut, lagu punk yang dirasa cocok dan digunakan di dalam adegan. Sampai dengan cover lagu yang diolah ulang hingga pas dengan adegan dari sebuah film.

Baca juga: 7 Lagu Soundtrack Film dari Band Metal dan Rock

Berbicara soal soundtrack film, mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa musik-musik punk juga kerap dipilih untuk mengisi film. Pengertian musik punk yang cenderung dianggap sebagai musik pemberontak dan bebas dirasa tak cocok untuk mengisi soundtrack film.

Perkembangan membuat band-band punk memilih jalan masing-masing, ada yang tetap setia dengan gaya khas punk klasik, ada pula yang mengambil pendekatan berbeda sehingga melahirkan sub-genre punk seperti skatepunk, pop punk, post-hardcore, garage punk, melodic punk, hingga ska punk.

Sebab dari perkembangan ini, sinema menjadi tempat yang bersahabat untuk musisi-musisi punk sehingga karya mereka pun digunakan sebagai soundtrack film. Berikut ini Supermusic sudah merangkum lagu punk yang menjadi soundtrack film. Ada band favorit kalian Superfriends?

The Offspring- The Kids Aren't Alright: The Faculty

Lagu milik The Offspring ini masuk ke dalam nomor di album kelima mereka bertajuk Americana rilisan 1998. Menjadi salah satu band yang mempopulerkan musik pop punk di era 1990-an hingga 2000-an, lagu ini dipilih sutradara Robert Rodriguez untuk mengisi soundtrack film The Faculty.

The Offspring berhasil dengan mulus menerobos jalan mereka ke dalam karya fiksi ilmiah dan horor, dan invasi alien di film ini. Pemilihan lagu ini sebagai soundtrack film juga tepat dengan judul lagunya sebagai makna ganda. Selain gambaran masa muda di dalam film, juga gambaran invasi alien yang mengambil alih tubuh manusia.

The Runaways- Bad Reputation: 10 Things I Hate About You

Berpindah dari genre film horor fiksi, soundtrack film dari band punk selanjutnya hadir melalui karya The Runaways. Band yang seluruh personelnya wanita ini dipilih untuk mengisi soundtrack di film komedi romantis garapan Gil Junger, "10 Things I Hate About You".

Lagu Bad Reputation dari The Runaways juga digunakan sebagai lagu yang menggambarkan sejumlah karakter wanita tangguh di film seperti Chloe Grace Moretz Hit Girl di "Kick Ass", pemeran utama Emma Stone di "Easy A", dan Krysten Ritter sebagai Jessica Jones. Meski dipakai sebagai soundtrack film lainnya, versi asli lagu Bad Reputation di film "10 Things I Hate About You" dianggap masih yang terbaik.

Fall Out Boy- Immortals: Big Hero 6

Fall Out Boy hadir mengisi salah satu soundtrack film garapan Disney dan Marvel di tahun 2014, Big Hero 6. Di luar penggunaan lagu ini sebagai salah satu soundtrack film, Big Hero 6 disebut sebagai film animasi yang cukup sukses menyampaikan berbagai pesan seperti pertemanan, kehilangan, dan nilai kreativitas tanpa batas yang harus diperhatikan.

Lustra- Scotty Doesn’t Know: EuroTrip

Lagu milik band asal Amerika Serikat, Lustra, ini ditulis khusus untuk menjadi soundtrack dari film EuroTrip yang dirilis pada 2004. Disutradarai oleh Jeff Schaffer, film ini mengangkat tema komedi romantis.

Untuk soundtrack film sendiri, lagu Scotty Doesn’t Know ditulis dari pengalaman teman-teman dari Lustra semasa SMA yaitu Sheridon Scotty. Nah, pacar Scotty yaitu Fiona disebut telah berselingkuh untuk waktu yang lama dan lagu soundtrack film ini ditulis dari sudut orang yang berselingkuh dengannya.

New Found Glory- Hit or Miss: The Benchwarmers

Lagu ini pertama kali ditulis sebagai salah satu nomor di album debut studio New Found Glory pada 1999, Nothing Gold Can Stay. Lalu pada 2000, Hit or Miss direkam ulang untuk masuk ke album studio kedua New Found Glory. Versi baru dari lagu lantas dipilih sebagai soundtrack dari film komedi sport, The Benchwarmers.

Dibintangi oleh Rob Schneider, David Spade, Jon Heder, dan diarahkan oleh Dennis Dugan, film ini mengangkat tema tentang tiga orang sahabat yang berusaha mendapatkan eksis di dunia olahraga, tetapi selalu diledek karena tidak punya kemampuan olahraga yang mumpuni.

 

Image source: Shutterstock

0 COMMENTS