5 Lagu yang Terinspirasi dari Nama Tempat di Indonesia

5 Lagu yang Terinspirasi dari Nama Tempat di Indonesia

  • By:
  • Jumat, 22 January 2021
  • 138 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Para musisi Indonesia selalu punya cara unik menggambarkan kenangannya di sebuah tempat atau kota ke dalam sebuah karya musik. Tidak sedikit lagu yang terinspirasi dari kota-kota yang berada di Tanah Air.

Indonesia sendiri memiliki banyak kota yang unik dan khas seperti Yogyakarta, Denpasar, hingga Solo, ataupun Bandung. Tempat-tempat tersebut penuh dengan kenangan atau suasana yang meninggalkan kesan begitu mendalam, sehingga membuat lagu yang terinspirasi dari tempat itu bagi para musisi untuk membuat sebuah karya musik.

Sisi emosional dan nostalgik dari lagu yang terinspirasi dari kota-kota di Indonesia pun sangat kental karena meski sudah berusia lama, lagu yang terinspirasi itu selalu bisa memberi sensasi tersendiri bagi pendengarnya meski diputar bertahun-tahun kemudian.

Lagu memang salah satu perekam memori paling andal di dunia, sehingga mampu menggali ingatan orang-orang yang mendengarkannya. Hal itulah yang membuat sebuah lagu yang terinspirasi dari kota menjadi lebih ekspresif dan ikonis.

Lagu yang Terinspirasi dari Kota- Kla Project 'Yogyakarta'

Daftar lagu yang terinspirasi dari kota pertama hadir dari grup musik Kla Project dengan single hitsnya, Yogyakarta. Single ini termasuk ke dalam album Kla Project bertajuk Kedua yang dirilis pada 1990.

Ada 2 versi mengenai urutan lagu pembuka dalam album ini. Versi pertama menampilkan Yogyakarta sebagai lagu pembuka. Namun ada versi lain yang menampilkan Lagu Baru sebagai lagu pembuka dalam album ini.

Album ini meraih 3 penghargaan BASF Awards 1991 untuk kategori lagu terbaik, aransemen terbaik, dan pop tekno terbaik untuk lagu Yogyakarta. Single Yogyakarta juga dinobatkan sebagai salah satu dari "150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa" oleh majalah Rolling Stone.

Lagu yang terinspirasi dari kota Yogyakarta tidak hanya datang dari grup band lawas macam Kla Project, ada pula musisi-musisi kiwari membuat lagu yang terinspirasi dari Kota Pelajar ini. Salah duanya adalah solois pria Adhitia Sofyan dengan single Sesuatu Di Jogja.

Ada pula grup musik hip hop asal Yogyakarta, Jogja Hip Hop Foundation, yang membuat lagu khusus untuk kota ini dengan judul Jogja Istimewa.

Lagu yang Terinspirasi Kota- Maribeth 'Denpasar Moon'

Kota-kota Indonesia tak hanya memberi inspirasi kepada para musisi-musisi lokal untuk membuat lagu yang terinspirasi dari tempat di negeri ini. Ada pula musisi luar negeri yang sampai membuat lagu yang terinspirasi dari Kota Denpasar, Bali, yaitu Maribeth.

Penyanyi asal Filipina ini merilis lagu berjudul Denpasar Moon pada 1993. Lagu yang terinpirasi dari Denpasar ini membuat Maribeth populer di Indonesia. Ia juga sempat berakting dan menjadi bintang tamu dalam sinetron yang berjudul sama dengan lagu yang dipopulerkannya Denpasar Moon atau Bulan Di Denpasar yang pernah tayang di salah satu stasiun tv swasta pada 1995.

Denpasar moon

Shining on an empty street

I returned to the place we used to meet

Denpasar moon

Shine your light and let me see

That my love is still waiting there for me.

Lagu yang Terinspirasi Kota- Atiek CB 'Antara Anyer dan Jakarta'

Lagu yang terinspirasi dari tempat di Indonesia berikutnya adalah lagu lawas berjudul Antara Anyer dan Jakarta. Lagu ini merupakan karya Oddie Agam pada akhir 1980-an dan sempat dibawakan oleh solois wanita Indonesia, Atiek CB, pada 1986.

Lagu tersebut justru semakin populer saat dibawakan ulang oleh penyanyi berkebangsaan Malaysia keturunan Jawa, Sheila Majid. Berkat lagu ini, nama Sheila Majid mulai terdengar dan populer di Indonesia.

Antara Anyer dan Jakarta

Kita jatuh cinta

Antara Anyer dan Jakarta

Kisah cinta tiga malam

Kan kuingat selamanya

Antara Anyer dan Jakarta.

Lagu yang Terinspirasi Kota- Sheila on 7 'Tunggu Aku di Jakarta'

Sheila On 7 juga punya lagu yang terinspirasi dari kota di Indonesia melalui salah satu hitsnya berjudul Tunggu Aku di Jakarta. Lagu ini termasuk ke dalam album Sheila on 7 bertajuk Kisah Klasik Untuk Masa Depan yang dirilis pada tahun 2000.

Meski lagu yang terinspirasi dari nama tempat macam Tunggu Aku di Jakarta tidak lebih tenar dari lagu-lagu lain di album tersebut seperti Sephia dan Sebuah Kisah Klasik, lagu tersebut tetap punya makna mendalam. Menilik video musik dan liriknya, lagu tersebut berkisah tentang sepasang kekasih yang sedang menjalani hubungan jarak jauh.

Tunggulah aku di Jakartamu

Tempat labuhan semua mimpiku

Tunggulah aku di kota itu

Tempat labuhan semua mimpiku.

Lagu yang Terinspirasi Kota- Adhitia Sofyan 'Aku Enggan ke Bandung Bila Kau Tak Ada'

Adhitia Sofyan selalu punya cara unik menggambarkan kenangannya di sebuah tempat atau kota ke dalam sebuah karya musik. Solois kelahiran 6 November 1977 ini baru saja menciptakan lagu tentang kota asalnya, Bandung.

Dalam lagu yang terinspirasi dari Kota Kembang berjudul Aku Enggan ke Bandung Bila Kau Tak Ada, Adhitia Sofyan mengisahkan sisi-sisi yang lebih personal tentang perasaan dan romansa. Dengan lirik yang mudah dipahami, makna lagu ini mudah tersampaikan kepada para pendengar.

Aku Enggan ke Bandung dirilis pada akhir September 2020. Sebelumnya, dalam album Quiet Down, Adhitia Sofyan merilis lagu berjudul City of Flower. Lagu ini sama-sama mengisahkan tentang Bandung, namun berbeda dengan single terbarunya, lagu tersebut fokus pada keindahan Bandung dan menggunakan lirik berbahasa Inggris.

0 COMMENTS