5 Langkah Mudah Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu

5 Langkah Mudah Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu

  • By:
  • Sabtu, 27 March 2021
  • 383 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Belajar bahasa melalui lirik lagu merupakan salah satu sarana yang cukup populer dalam meningkatkan keahlian komunikasi. Bahasa Inggris merupakan subyek yang cukup umum untuk dapat dipelajari melalui lagu. Pasalnya, efektivitas dari belajar bahasa Inggris melalui lagu ini memang sudah dibuktikan melalui sebuah studi ilmiah. Studi ilmiah tentang belajar bahasa Inggris ini sudah dilakukan di tahun 2002. Sang peneliti, Suzanne L. Medina menyatakan bahwa musik bisa menjadi sarana yang dapat membantu mempermudah proses belajar bahasa, termasuk belajar bahasa Inggris. 

Proses belajar bahasa Inggris melalui lagu ini dinilai mampu mempercepat pemahaman orang tentang kosakata, tata bahasa, dan meningkatkan ejaan. Selain itu, lirik lagu juga dinilai dapat mengembangkan keterampilan linguistik dalam aspek membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan dalam proses belajar bahasa Inggris. Meskipun memiliki manfaat yang baik, Superfriends juga perlu mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam belajar bahasa Inggris lewat lagu. Langkah-langkah tersebut juga bisa jadi tips dan trik untuk mempermudah proses belajar bahasa Inggris kalian, ya, Superfriends.

Jangan tergesa-gesa

Menurut studi di atas, belajar bahasa Inggris lewat lagu memang terkesan mudah dan menawarkan manfaat yang cukup menarik, tapi untuk memulainya, kalian jangan terlalu terburu-buru, Superfriends. Dalam memulai proses belajar apapun, termasuk belajar bahasa Inggris lewat lagu, kalian perlu memulainya dengan santai. Jangan terlalu fokus untuk mendapatkan hasil dalam waktu singkat. Ada baiknya kalian mulai dengan mencari terlebih dahulu lagu yang cocok di telinga. Lalu bersantai dengan mendengarkan beberapa lagu yang telah dipilih. Dengan kondisi bersantai, biasanya pelajaran atau pengetahuan baru tentang bahasa akan lebih mudah dicerna otak, sehingga dinilai dapat mempercepat proses belajar bahasa Inggris lewat lagu.

Gunakan platform musik dengan sumber yang melimpah

Perkembangan teknologi di bidang musik juga hadir untuk mempermudah kalian sebagai penikmat musik dalam belajar bahasa Inggris lewat lagu, Superfriends. Salah satu perkembangan tersebut hadir dalam platform musik. Sebelum adanya platform musik, untuk mendengar lagu tentu hanya bisa dilakukan setelah membeli rilisan fisik. Namun dengan adanya platform musik streaming, kalian sudah bisa mendengar berbagai macam lagu dari ragam musisi dengan sentuhan jari saja. Namun, dengan banyaknya platform musik yang tersedia saat ini, pastikan kalian menggunakan layanan musik streaming dengan perpustakaan yang baik, Superfriends. Hal tersebut tentunya akan memudahkan kalian memilih sumber lagu apa saja yang jadi pilihan terbaik untuk belajar bahasa Inggris menggunakan lagu. Bisa saja, kalian malah lebih senang mendengarkan lagu lawas untuk belajar bahasa Inggris. 

Pilih lagu favorit

Langkah selanjutnya yang dapat memberi kemudahan dalam belajar bahasa Inggris adalah menggunakan lagu favorit sebagai bahan pelajarannya. Dengan menggunakan lagu favorit, proses belajar bahasa Inggris yang kalian lakukan biasanya akan jadi lebih nyaman, Superfriends. Pasalnya, kalian sudah lebih dulu merasa familiar dengan lagu tersebut. Apalagi jika lagu favorit yang dipilih memiliki makna atau cerita tersendiri, bisa saja membuat proses belajar bahasa Inggris lewat lagu jadi lebih berkesan bahkan dapat menghadirkan semangat lebih buat kalian. 

Namun perlu diperhatikan, lagu favorit saja tidak cukup untuk jadi dasar bahan belajar bahasa Inggris. Lagu favorit yang kalian pilih juga perlu memiliki tata bahasa yang mudah dimengerti atau struktur rima yang rapi. Jadi kalian mudah untuk mengikuti lirik yang tersaji pada lagu tersebut ketika sudah bisa menyanyikan lagu secara penuh nantinya.

Jangan baca lirik terlebih dahulu

Jika kalian sudah memilih lagu yang tepat untuk belajar bahasa Inggris, coba dengarkan secara seksama terlebih dahulu. Jangan langsung penasaran dengan lirik yang ditulis oleh pencipta lagu tersebut. Perhatikan aspek-aspek intonasi serta struktur rima dari lagu untuk belajar bahasa Inggris tersebut. Kalian juga bisa coba untuk mengikuti intonasi liriknya dengan cara humming, agar terbiasa untuk menyanyikan lagu saat nanti kalian sudah mulai menghafal liriknya, Superfriends. Kalian juga bisa menulis kata-kata yang dirasa rancu di dalam liriknya sehingga memberi kemudahan untuk proses review nanti. Selain itu, proses belajar bahasa Inggris lewat lagu satu ini juga bisa membantu kalian dalam menemukan nuansa lagu yang disesuaikan dengan mood. Dengan mendengarkan lagu secara intensif, bisa meningkatkan kemampuan kalian untuk dapat mengerti konsep artistik dari sebuah karya musik. Jika kalian lebih dulu membaca lirik, biasanya kalian akan lebih fokus menyesuaikan liriknya saja tanpa mencoba memahami konsep tata bahasa yang ditawarkan dari lirik lagu favorit tersebut.

Baca lirik untuk memahami isi lagu

Setelah kalian sudah mulai memahami isi serta menghafal lirik dari lagu yang dipilih untuk belajar bahasa Inggris, sekarang kalian bisa mulai membaca lirik sebagai panduan untuk melakukan review proses yang telah dilewati. Membaca lirik akan membuat kalian mengerti isi dari keseluruhan lagu tersebut. Tidak hanya kosakata baru saja yang didapat, tapi kalian juga bisa menemukan cerita demi meningkatkan keahlian bahasa Inggris kalian, Superfriends.

Proses review ini penting, untuk melihat sejauh mana kalian berhasil meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dari menerka-nerka lirik yang kalian dengar. Kalian juga bisa buka catatan kata atau kalimat yang dianggap rancu untuk melakukan koreksi atas kesalahan yang terjadi saat proses penghafalan lagu untuk belajar bahasa Inggris. Penting bagi kalian untuk melakukan review ini secara berkala serta mencoba untuk belajar bahasa Inggris menggunakan lagu-lagu lainnya dengan struktur dan rima yang lebih sulit dari sebelumnya.

Image courtesy of TandemBranding / Shutterstock

0 COMMENTS