5 Manfaat Musik Bagi Kesehatan yang Baik Buat Lo!

5 Manfaat Musik Bagi Kesehatan yang Baik Buat Lo!

  • By:
  • Rabu, 10 February 2021
  • 147 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Musik memang enak didengar sebagai pelepas penat maupun sebagai teman peluapan emosi. Dengan mendengarkan musik, biasanya suasana hati bisa terasa lebih tenang dari sebelumnya. Namun, bukan itu saja manfaat musik yang sebenarnya bisa dirasakan. Manfaat musik lainnya juga bisa memengaruhi perihal kesehatan. Masih banyak yang belum memahami manfaat musik untuk kesehatan ini. Dengan membuat suasana hati terasa lebih baik, pengaruh musik biasanya dianggap sebagai hal untuk sekadar bersenang-senang. Padahal suasana hati yang tenang dan nyaman berkat mendengarkan musik tersebut merupakan salah satu bentuk manfaat musik untuk kesehatan mental.

Beberapa universitas di luar negeri sempat melakukan riset untuk mengetahui manfaat musik bagi kesehatan mental. Untuk hal ini, para peneliti tersebut menggunakan musik metal sebagai bahan penelitiannya. Dalam penelitian tersebut, diketahui bahwa manfaat musik metal di antaranya adalah membantu para pendengar musik tersebut lebih mengenal dirinya sendiri, terutama untuk kondisi emosi dan kesehatan jiwanya. Manfaat musik metal mampu membuat para pendengarnya memiliki kepribadian yang lebih peka dan sensitif terkait perubahan emosi yang dialami oleh diri sendiri.

Penelitian tentang manfaat musik metal ini juga dilakukan dengan riset dengan mengambil sampel dengan subjek penelitian di Australia. Di dalam riset yang dilakukan di Australia tersebut para partisipan mengikuti penelitian dalam format sesi curhat. Rata-rata usia dari partisipan tersebut berkisar dari 18 hingga 34 tahun. Penelitian manfaat musik metal dalam sesi curhat ini dilakukan untuk membuktikan bahwa musik mampu membuat orang-orang dapat memproses kondisi emosionalnya secara lebih sehat Dalam sesi curhat yang ditemani oleh musik metal tersebut, para partisipan secara bebas boleh mengutarakan segala permasalahan emosional yang dialaminya, mulai dari rasa resah akibat masalah finansial, pekerjaan, keluarga, hingga hubungan percintaan masing-masing.

Sesi curhat tersebut dibagi ke dalam dua kelompok dengan durasi selama 10 menit. Kedua kelompok tersebut mendapatkan treatment. Treatment tersebut memisahkan satu kelompok dengan mendengarkan musik metal dan tidak mendengarkan musik sama sekali dalam mencari manfaat musik bagi kesehatan mental. Melalui riset tersebut akhirnya ditemukan bahwa dengan mendegarkan musik metal, para partisipan cenderung tidak menunjukkan kesan penuh amarah. Bahkan para partisipan yang mengikuti sesi curhat sambil mendengarkan musik metal menunjukkan perilaku yang tenang saat mengutarakan keresahan yang dirasakan oleh masing-masing.

Hasil penelitian tersebut baru segelintir dari pembuktian mengenai manfaat musik bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat musik untuk kesehatan lainnya yang perlu lo tahu demi menjaga kondisi tubuh tetap fit, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini.

  1. Meningkatkan daya ingat

    Sebuah jurnal riset tentang kesehatan otak sempat mempublikasikan hasil penelitiannya di tahun 2013. Dalam jurnal tersebut diketahui bahwa musik membawa manfaat dalam meningkatkan daya ingat seseorang. Penelitian manfaat musik ini dilakukan dengan meminta partisipan untuk belajar bahasa Hungaria sambil ditemani dengan musik. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan, bahwa mempelajari bahasa baru dengan bantuan musik cukup mudah. Dengan kata lain manfaat musik satu ini mampu meningkatkan daya ingat orang dalam mempelajari hal-hal baru lebih mudah. Selain itu, manfaat musik bagi daya ingat juga dilakukan untuk para pasien pengidap alzheimer. Melalui penelitian tersebut juga, diketahui bahwa musik mampu membuat para pengidap alzheimer mengingat hal lebih mudah dari sebelumnya.

  2. Membantu menjaga sistem imun

    Tidak hanya pola makan, olahraga, dan istirahat yang cukup, ternyata manfaat musik juga berguna untuk menjaga sistem imun bekerja lebih optimal. Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi tentang musik yang dipublikasikan di tahun 2013. Dalam hasil studi tersebut tercantum bahwa musik dapat memberikan respons yang baik bagi tubuh untuk meningkatkan sistem imun. Bahkan peneliti tersebut juga mengungkapkan bahwa efek yang dibawa dari manfaat musik ini hampir sama dengan efek dari obat-obatan atau vitamin yang mampu meningkatkan sistem imun namun dengan harga yang lebih murah dan tidak memiliki efek samping bagi para penggunanya, yang notabene adalah pendengar musik.

  3. Meningkatkan aliran darah

    Musik memang jadi hal yang tepat untuk menjadi teman saat relaksasi. Namun, ternyata selain bisa membuat rileks, ada hal lainnya yang jadi manfaat musik bagi kesehatan. Diketahui bahwa saat orang sedang berelaksasi dengan bantuan musik, ternyata aliran darah pun meningkat sebanyak 26 persen. Penelitian terhadap manfaat musik ini dilakukan oleh para ilmuwan untuk mempelajari fungsi arteri dan aliran darah untuk dapat bekerja secara optimal.

  4. Mengurangi rasa sakit

    Manfaat musik lainnya yang baik untuk kesehatan adalah kemampuannya dalam mengurangi rasa sakit. Manfaat musik satu ini dibuktikan dengan melakukan penelitian terhadap orang yang hendak melakukan operasi. Para partisipan yang hendak melakukan operasi di pagi hari, diharuskan untuk mendengarkan musik secara rileks namun intens pada malam harinya sebelum operasi. Selanjutnya para peneliti baru kembali menanyakan perbedaan rasa sakit yang dialami para partisipan setelah operasi. Dari testimoni atau pernyataan para partisipan, mereka mengakui bahwa mereka merasakan manfaat musik dalam mengurangi rasa sakit akibat operasi. Hal ini diduga oleh para peneliti sebagai peran musik yang membantu melepaskan hormon dopamin di dalam tubuh.

  5. Sebagai terapi pasien epilepsi

    Epilepsi merupakan sebuah kondisi kesehatan dari gangguan otak yang mengakibatkan penderitanya untuk mengalami kejang. Salah satu pemicu terjadinya kejang ini adalah tingkat stres yang berlebihan. Oleh karena itu, The Ohio State University Wexner Medical Center mencoba untuk meneliti manfaat musik sebagai terapi epilepsi. Diketahui dari hasil penelitian tersebut musik dapat membuat penderita epilepsi lebih merasa tenang dan mampu dijadikan sebagai sebuah proses terapi demi mengurangi serangan kejang.

Image courtesy of Jaroslav Monchak / Shutterstock

0 COMMENTS