u2 5 momen

5 Momen Penting dalam Karier Legendaris U2

  • By: NND
  • Rabu, 13 November 2019
  • 270 Views
  • 6 Likes
  • 1 Shares

Sebagai sebuah band yang sudah berdiri semenjak 1976, U2 telah menjadi sebuah nama yang besar—yang cukup monumental dalam kancah musik rock dunia. Karya-karya dan aksi dari Bono, the Edge, Adam, dan Larry dalam bertahun-tahun terakhir ini merupakan sebuah pencapaian yang tidak banyak dimiliki oleh band-band lain.

Tentunya 43 tahun usia grup ini memiliki banyak momen-momen hebat yang menjadi bak langkahan besar menuju status legenda mereka sekarang. Dalam tulisan ini, SUPERMUSIC sudah merangkum momen-momen tersebut menjadi lima yang cukup krusial. Penasaran apa saja? Langsung aja di baca, di bawah ini!

***

1. Menang Lomba

Dua tahun setelah dibentuk, tepatnya di tahun 1978, U2 berhasil memenangkan sebuah perlombaan talenta. Hadiahnya? Cash, 500 pounds dan sesi rekaman di studio. Kesempatan itu mereka gunakan secara maksimal, U2 merekam demo pertama mereka melaluinya.

Setelah demo, mereka mulai membangun nama mereka sebagai sebuah band. Beruntung ada peran dari majalah lokal Hot Press, majalah tersebut menghubungan Bono dkk. dengan Paul McGuinness—manager mereka, yang juga kerap disebut sebagai member ke-5 dari U2—yang perannya dalam membentuk karir U2 itu sangat, sangat penting!

Sumber foto

Semua itu berbuah kebaikan, mendarat di tahun 1980, U2 sudah berhasil mengikat kontrak dengan label rekaman Island Records dan merilis single pertama mereka, “11 O’Clock Tick Tock”. Setelah Album debut menyusul, perjalanan karier U2 yang melegenda pun segera dimulai!

2. Merekam The Joshua Tree

Album kelima mereka, The Joshua Tree merupakan salah satu rilisan paling ikonis yang pernah mereka jebolkan ke publik. Sebagai sebuah album mahakarya, banyak yang menyatakan bahwa The Joshua Tree merupakan magnum opus U2, dan tentu statement itu tidak salah.

Sumber foto

Merangkul tangan dingin produser kenamaan seperti Daniel Lanois dan Brian Eno, Album ini direkam selama setahun penuh, dari Januari 1986 hingga 1987. The Joshua Tree resmi dilepas pada tanggal 9 Maret 1987 dan menjadi salah satu pencapaian terbesar U2. Album ini sukses diterima publik dan kritik, di jejak kertas, penjualan juga mencapai angka-angka besar yang menakjubkan.

Berbagai penghargaan disabet habis oleh album kelima ini, termasuk Grammy Award untuk album rock terbaik. Ia juga merajai tangga lagu di lebih dari 20 negara. Hit single macam “With or Without You”, dan “Where the Streets Have No Name” menjadi nomor yang memastikannya. Butuh penjelasan lebih?

3. Aktivisme U2

Aktivisme U2, terutama sang frontman, Bono memang sudah tidak asing lagi. Mereka dikenal sebagai sebuah band yang memiliki kesadaran sosial yang tinggi. Ada beberapa momen di mana jiwa aktivisme mereka mengambil wujud menjadi sebuah kebaikan yang mulia.

Band Aid di tahun 1984, misalnya; saat Bono dan Adam berpartisipasi di dalamnya untuk mengumpulkan uang guna menyikapi kekeringan di Ethiopia. Atau Live Aid setahun setelahnya, yang membuka panggung bagi U2 untuk bermain dan melanjutkan kerja mulai mereka di Band Aid. 1996, U2 juga berpartisipasi dalam tur konser Amnesty International, yakni “A Conspiracy of Hope Tour” dan menggiring sorotan kepada pengangguran di Irlandia, tanah air mereka sendiri.

Sumber foto

Masih banyak lagi kegiatan aktivisme yang mereka lakukan, baik sebagai sebuah band, maupun perorangan. Selain bermusik dan menginspirasi, U2 dan seluruh personilnya juga menyebarkan positivisme melalui kerja nyata. Salut!

4. Cetak Rekor Konser!

No Line On The Horizon merupakan sebuah album gubahan U2 yang resmi rilis pada bulan Maret 2009. Meskipun resepsinya beragam, dan dalam batasan U2 ia tidak termasuk sebuah rilisan yang positif. Tur mereka pada album ini berkata hal yang berbeda.

Ya, tur album inilah yang menghadirkan judul “360” yang terkenal itu dalam sejaran panjang U2. Sebagai salah satu konser pemecah rekor dengan keuntungan terbesar, “The Claw”—nama panggungnya itu, menjadi sebuah panggung terbesar yang pernah dibangun untuk sebuah band pada saatnya. U2 menapak ke atas panggung tersebut dan berhasil menyihir lebih dari 7 juta orang.

Sumber foto

Melaluinya, sebuah rekor baru terkait jumlah penonton yang hadir dalam sebuah konser pun langsung tercetak, dan U2 menjadi nama yang merealisasikannya. Tidak aneh, mendengar ini adalah pencapaian U2. Untuk bertahun-tahun ke depan setelah konser tersebut digelar, bahkan hingga sekarang, 360 U2 masih menjadi sebuah pencapaian yang ajaib, lho!

5. The Joshua Tree Revival

Nah, nggak lama lagi U2 bakal main ke Singapura dan menghidupkan lagi demam The Joshua Tree yang dulu udah sempet menjangkit satu dunia di akhir 80an. Album kenamaan mereka itu akan dibawakan lagi dalam konser apik besok yang tentunya bakal menjadi salah satu momen tak terlupakan bagi semua yang datang dan menyimak aksi Bono dkk.

Mumpung digelar di negara tentangga, konser ini masih dalam cakupan jarak dan dompet, nih! Yakin mau kelewatan yang satu ini? Kapan lagi kalian bisa nonton para sesepuh dan legenda rock yang masih hidup ini bermain di atas panggung, membawakan materi-materi paling hebat mereka? U2 saja sudah mencengangkan, tapi U2 membawakan ulang The Joshua Tree? “Sekali seumur hidup” masuk akal kalo ditempatkan ke dalam bahasan ini.

Tanggal 30 November dan 1 Desember jadi tanggal mereka berkunjung ke Singapura. So, siapin kocek atau ngecek tabungan, nagih hutang dan lain-lainnya itu, bersiap menyambut permainan gitar the Edge, karisma si Bono, dan U2 yang legendaris!

0 COMMENTS

Info Terkait

supergears
242 views

Mengulik Instrumentasi Musik Pop

superbuzz
242 views
superbuzz
463 views
superbuzz
245 views
superbuzz
322 views