5 Musicians with Big Muff Pedal

  • By: LS
  • Kamis, 12 November 2015
  • 2850 Views
  • 1 Likes
  • 1 Shares

Fuzzbox dengan casing metal bernama Big Muff ini dipakai oleh gitaris dari berbagai genre. Mulai dari gitaris Tony Peluse ketika merekam lagu ballad“Goodbye to Love” dari The Carpenters pada tahun 1972, Carlos Santana yang membeli pedal Big Muff pertamanya pada tahun 1971, sampai David Gilmour dalam rekaman berbagai album hits dari Pink Floyd. Karakter fuzz yang sangat khas dari Big Muff jelas menjadi alasan mengapa para gitaris ini memilih menggunakan fuzzbox ini pada pedal board mereka.

David Gilmour ‘Pink Floyd’

Dari daftar panjang musisi yang menggunakan pedal ini, Gitaris Pink Floyd David Gilmour adalah user paling dikenal. Sejak tahun 1970-an, Gilmour menggunakan pedal Big Muff, baik di studio maupun ketika manggung. Ia juga menggunakan pedal ini dalam gitar solo legendaris dari lagu “Comfortably Numb”.

Billy Corgan ‘Smashing Pumpkins’

Karakter khas Big Muff pada lagu “Siva” dan lagu lainnya dalam album Siamese Dream (2003) adalah suatu hal yang menjadi perhatian. Beredar rumor bahwa Corgan menggunakan pedal Russian Muff dalam karya-karyanya, namun ia menepis hal tersebut. Corgan lebih memilih USA Big Muff karena terlanjur cocok dengan karakternya yang sangat vintage. Ia mulai menggunakan Big Muff setelah mendengar band kawannya dari Chicago Catherine yang menggunakan pedal ini.

Jack White ‘The White Stripes’, ‘The Raconteurs’ & ‘Dead Weather’

Perpaduan Big Muff dan Digitech Whammy yang White mainkan dalam album-album The White Stripes (terutama dalam “Jack the Ripper dari album Under Blackpool Lights yang dirilis tahun 2004) adalah hal jenius. Meskipun White mengatakan dirinya mulai menggunakan pedal ini sejak tahun 1998, kita baru mendengar karya-karyanya dengan Big Muff pada tahun 2000-an awal.

Joseph Mascis ‘Dinosaur Jr.’

Joseph Mascis boleh saja termasuk gitaris yang cukup underrated dewasa ini, tapi permainan gitarnya tidak boleh dipandang sebelah mata. Penyanyi, penulis lagu, gitaris, drummer, produser dan skateboarder ini terkenal dengan band legendaris yang dibentuknya Dinosaur Jr. Pedal fuzz pertama yang dimilikinya merupakan Deluxe Big Muff yang ia beli dari sebuah mall. Sejak itu ia mulai mengoleksi berbagai pedal Big Muff dari berbagai era, karena adanya perbedaan karakter dari setiap Big Muff yang diproduksi oleh Electro Harmonix.

Dan Auerbach ‘The Black Keys’

Musisi-musisi di atas memang lebih memilih USA Big Muff karena karakter suaranya yang lebih vintage dan kotor, namun Auerbach menggunakan V7 Sovtek Big Muff buatan Russia. Selain menggunakan Russian Big Muff, ia juga menggunakan pedal 1970’s Ibanez Standard Fuzz dalam rekaman pada album-album awal The Black Keys. Ia membuat setting amplinya agak kotor, namun cukup clean untuk menjaga suara fuzz dari Big Muff yang digunakannya agar tidak terlalu menyembur.

Foto: wall.alphacoders.com, rollingstone.com, jhostation.com, spin.com, stereogum.com, rockymounttelegram.com

0 COMMENTS

Info Terkait

supericon
162 views
supergears
354 views
superbuzz
259 views
superbuzz
421 views
superbuzz
338 views