5 Musisi Rock yang Sukses Menaklukkan Penghargaan Oscar

  • By: OGP
  • Minggu, 4 February 2018
  • 3994 Views
  • 4 Likes
  • 1 Shares

Bagi kalangan penggila film, tentu paham seberapa vital tugas seorang komposer musik di sebuah film. Di antara jajaran komposer-komposer musik latar film, terdapat segelintir musisi-musisi rock yang aktif dalam penggarapan sebuah scoring/musik latar film.

Selain menjadi musisi, beberapa dari mereka juga aktif berprofesi sebagai komposer film. Sama halnya dengan raihan prestasi di jagat musik, tak jarang para musisi ini pun sukses menggondol berbagai penghargaan di ajang film bergengsi seperti Oscar atau Academy Awards.

Berikut 5 musisi rock pemenang Oscar terkeren versi SuperMusic.ID

Trent Reznor

Walau tergolong masih ‘baru’ sebagai seorang komposer film, tentu tak ada yang berani menyangkal kapasitas seorang Trent Reznor sebagai musisi rock paten. Ia dikenal luas publik sebagai frontman dari elit industrial rock Nine Inch Nails. Di sela-sela kesibukannya bersama Nine Inch Nails, Reznor pun memutuskan untuk merambahi industri Hollywood.

Debutnya sebagai komposer dimulai ketika ia dipercayai oleh sutradara David Fincher untuk mengisi scoring film biopik The Social Network. Hasilnya? Ia pun langsung menyabet penghargaan bergengsi di Academy Awards lewat kategori ‘Best Original Scoring’ di tahun 2010.

Prince

Di sepanjang dekade 80-an, nama Prince begitu mendominasi belantika musik dunia. Puncak ketenarannya ketika ia membintangi film bertajuk Purple Rain (1984). Di film ini, Prince menjabat sebagai aktor. Selain handal memainkan instrumen gitar, Prince pun piawai dalam berakting. Di ajang Academy Awards tahun 1984, ia membawa pulang piala Oscar untuk kategori ‘Best Original Song Score’. Tak hanya itu, sampai saat ini album soundtrack Purple Rain telah terjual lebih dari 20 juta kopi di segala penjuru dunia.

Bruce Springsteen

Di tahun 1993, film drama populer Philadelphia meraup kesuksesan masif di jagat hiburan. Film yang dibintangi oleh aktor kenamaan, Tom Hanks itu berhasil menggondol dua penghargaan sekaligus, yakni kategori aktor terbaik dan ‘Best Original Song’ yang berhasil dibawa pulang oleh rocker enerjik, Bruce Springsteen.

Lagu ikonis berjudul “Streets of Philadelphia” miliknya ini juga berhasil mengungguli lagu Neil Young, “Philadelphia” yang notabene juga merupakan soundtrack di film yang sama. Selain memenangkan Oscar, lagu andalan Springsteen itu juga memenangkan empat kategori Grammy Awards di tahun 1995.

David Byrne

Tak dapat dipungkiri bahwa David Byrne merupakan salah satu figur penting di kancah new wave. Namun siapa sangka, ternyata eks vokalis Talking Heads itu sempat sukses menggondol piala Oscar untuk kategori ‘Best Original Score’ di tahun 1987. Bersama musisi berbakat asal dataran Asia, Ryuichi Sakamoto dan Cong Su, lewat film biopik bertajuk The Last Emperor (1987), Byrne mampu mengungguli sosok komposer film tenar seperti John Williams.

Bob Dylan

Sutradara film Wonder Boys (2000), Curtis Hanson merupakan seorang penggemar setia solois legendaris Bob Dylan. Dan sebaliknya, Bob Dylan adalah seorang fans film garapan Hanson, L.A. Confidential. Keduanya pun akhirnya memutuskan saling berkolaborasi untuk menggunakan lagu berjudul “Things Have Changed” yang ditulis oleh Dylan sendiri. Kerja sama keduanya pun membuahkan hasil. Bob Dylan sukses memenangkan kategori ‘Best Original Song’ di ajang Academy Awards tahun 2000.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
175 views
superbuzz
1050 views
superbuzz
1863 views
superbuzz
405 views