5 Penyanyi Baru dan Band Baru di Tahun 2020 Paling Curi Perhatian

5 Penyanyi Baru dan Band Baru di Tahun 2020 Paling Curi Perhatian

  • By:
  • Senin, 18 January 2021
  • 355 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Tahun 2020 tak hanya menghadirkan kabar duka dan perpisahan, tetapi juga menyuguhkan sebuah awal bagi beberapa sosok yang menjadi penyanyi baru di tahun ini. Mereka menjadi regenerasi baru yang membawa angin segar dengan berbagai potensinya.

Banyak penyanyi baru dan muda yang mulai muncul dan karyanya disukai masyarakat Indonesia. Mulai dari jebolan ajang pencarian bakat hingga nama baru yang mulai jadi perbincangan.

Selain itu, adanya pandemi bukan berarti musik telah mati. Buktinya tak hanya album, single, atau karya kolaborasi yang terus bermunculan sepanjang tahun. Tapi juga sederet penyanyi baru dan musisi baru yang karyanya tak boleh dilewatkan di tahun 2020.

Para penyanyi baru ini mungkin baru menelurkan segelintir lagu di 2020. Tapi musiknya patut dinantikan hingga tahun-tahun mendatang. Siapa saja mereka?

  1. Penyanyi Baru- Petrus Mahendra

    Daftar penyanyi baru di tahun 2020 pertama datang dari dalam negeri, Petrus Mahendra. Tampi dengan mengambil nama panggung Mahen, sosok kelahiran Jakarta 24 tahun lalu itu mulai dikenal publik setelah ia merilis lagu pertamanya pada tanggal 29 November 2019 yang berjudul Pura-Pura Lupa. Lagu tersebut sudah ditonton lebih dari 80 juta kali di YouTube hingga saat ini.

    Yang terbaru sebagai penyanyi baru, Mahen merilis single Datang untuk Pergi pada bulan Desember 2020. Ada pula single Luka yang Kurindu yang kini video musik tersebut telah ditonton lebih dari 8,4 juta kali di YouTube.

    Awalnya, Mahen adalah pemain bola di sekolahnya. Akan tetapi sejak tahun 2016, Mahen mulai menekuni dunia tarik suara. Berawal dari kesukaannya mengcover lagu milik beberapa penyanyi terkemuka, nama Mahen mulai dikenal. Ia juga aktif di organisasi musik di kampusnya semasa kuliah di Universitas Bunda Mulia. Berawal dari memanfaatkan sosial media seperti Instagram, Twitter dan Youtube, dari situlah Mahen mulai dikenal orang, lalu terjun untuk menekuni dunia musik dan mendapatkan tawaran manggung.

    Pada penghujung akhir tahun 2019, Mahen pun ingin menjajal kemampuannya di industri musik Indonesia. Di bawah naungan Indosemar Records, Mahen merilis single perdananya yang berjudul “Pura-Pura Lupa”. Untuk aransemen musik di lagu ini, Mahen dibantu Tito P Soenardi sebagai Penata Musik dan Ayoe Purnamasari sebagai Direktor Vok. Lagu ini langsung mendapat respon yang positif dari para fans Mahen. Terbukti 1 hari setelah dirilis pada tanggal 29 November 2019 lalu, video lirik lagu “Pura-Pura Lupa” langsung menduduki posisi Trending Youtube dan sempat berada di posisi 13. Bahkan hingga saat ini sudah ditonton sebanyak 2,9 juta views, hanya dalam kurun waktu 1 minggu sejak tanggal perilisan.

  2. Penyanyi Baru- Suara Kayu

    Daftar penyanyi baru di 2020 selanjutnya adalah Suara Kayu yang mengambil genre folk pop. Aliran musik ini jadi genre yang diprediksi oleh pengamat musik Wendi Putranto bakal berkembang pesat di 2021. Salah satu sebabnya adalah semakin banyak musisi atau band pendatang dan penyanyi baru yang bermain di ranah genre folk. Di antaranya yakni Suara Kayu. Band yang terbentuk di tengah pandemi COVID-19 ini sudah memiliki sebuah album mini bertajuk Suara Kita, Cerita Kamu.

  3. Penyanyi Baru- Alahad

    Daftar penyanyi baru dan musisi baru di 2020 selanjutnya adalah mantan gitaris Polka Wars, Billy Saleh, yang memulai proyek solo di bawah moniker Alahad. Debutnya sebagai penyanyi baru melalui tembang Sisa Wangi yang dirilis pada Februari 2020.

    Lagu “Sisa Wangi” bercerita tentang upaya untuk membunuh ekspektasi serta memelihara harapan dalam waktu yang bersamaan. “Ini tuh kalau gue analogikan, dia (Sisa Wangi) sebagai sosok seseorang yang berperan sebagai harapan yang tiba-tiba muncul dan mulai menjelma sebagai ekspektasi. Nah dari situ proses memusnahkannya pun tidak mudah, penuh pertanyaan dalam perjalanannya,” jelas Alahad dalam siaran pers.

    Seusai mengumumkan secara resmi telah berpisah dari band tersebut, Billy semakin fokus ke Alahad dan kembali meluncurkan lagu ke-2 yakni Pondok Labuh.

  4. Penyanyi Baru- Littlefingers

    Daftar penyanyi baru dan musisi baru bertikutnya adalah unit jazz yang terdiri dari David Halim, Chika Olivia, dan Tjdika dengan mengambil nama Littlefingers. Meski root-nya adalah jazz, mereka membawakan musik dengan disisipi elemen elektronik juga pop yang tak terdengar asing di telinga publik. Usai debut di Januari 2020 dengan tembang Can Good Things Last Forever? bersama Natania Karin, nama Littlefingers kian dikenal.

    Littlefingers dan Natania Karin melahirkan karya ini sebagai representasi dari perasaan rindu akan kenangan-kenangan yang manis, yang diharapkan untuk tidak pernah berakhir. Eksperimen-eksperimen menarik dalam aransemen musik yang telah dirancang dalam komposisi yang dinamis oleh Littlefingerss seakan-akan diwarnai dengan suara magis yang indah dan membuai dari Natania Karin. Sebagai penyanyi baru, Littlefingers juga telah melepas single Ready Player One dan Blue Light.

  5. Penyanyi Baru- Manusia Aksara

    Terakhir di daftar penyanyi baru dan musisi baru terdapat grup band pop alternative asal Jakarta, Manusia Aksara. Band yang dihuni oleh Hafizh Weda pada vokal & gitar , Fathur Husain pada drum, Ali Ashgor pada gitar, Jowel Tirta pada bass dan Ananda Keys pada keyboard.

    Formasi ini merupakan hasil dari perjalanan mereka selama beberapa tahun sebelumnya. Manusia Aksara meluncurkan single Eramasa yang menjadi pembuka untuk album terbarunya nanti. Sebelumnya mereka telah merilis sebuah album mini bertajuk Mata Angin Instrumentalia melalui kanal Youtube. Lagu ini sendiri suda dirilis secara digital serentak untuk seluruh platform streaming digital pada tanggal 20 November 2020.

0 COMMENTS