5 Sutradara Dunia dengan Selera Musik Keren

  • By: OGP
  • Sabtu, 5 May 2018
  • 755 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Film dan musik merupakan dua hal yang tak terpisahkan. Tak heran jika dalam industri film, seni suara begitu berperan vital dalam pembuatan film. Tanpa suguhan musik yang berkualitas, mustahil sebuah karya sinema menjadi dramatis untuk disaksikan oleh penonton. Kini, musik pun dianggap sebagai salah satu elemen penting dalam film.

Di antara jajaran film-film yang memiliki soundtrack keren, terdapat andil besar seorang sutradara. Lewat tangan-tangan director handal ini, film tak lagi sekadar mengandalkan kekuatan plot cerita dan sinematografi. Lebih dari itu, para sutradara dengan taste musik yang keren ini menyisipkan unsur musik yang kentara di tiap proyek film garapan mereka. Kalangan sutradara ini turut mengkurasikan lagu-lagu pilihan mereka di film.

Berikut 5 sutradara dengan selera musik yang keren pilihan SuperMusic:

Stanley Kubrick

Di ranah perfilman dunia, nama Stanley Kubrick dianggap sebagai salah satu maestro. Dikenal perfeksionis dan inovatif dengan segala caranya dalam memproduksi film garapannya, Kubrick justru memperhatikan nilai estetika musik dalam karya miliknya.

Seperti halnya di salah satu film klasik terbaiknya, 2001: A Space Odyssey. Film bergenre science fiction itu memiliki beragam lagu ikonis yang digunakannya ke dalam film. Sebut saja “Thus Spoke Zarathustra” karya Richard Strauss dan “Lux Aeterna” karya György Ligeti.

Quentin Tarantino

Fakta bahwa Quentin Tarantino adalah seorang penggila musik bukanlah rahasia umum. Selama berkiprah sebagai sutradara, Tarantino turut andil menciptakan berbagai momen ikonis di dalam jajaran filmnya, dan tak lupa menyelipkan serentetan musik berkualitas ke dalam rangkaian film miliknya.

Di film Jackie Brown (1997), ia memasukkan lagu bernuansa funk klasik Bobby Womack “Across 110th Street” di pembuka scene film. Dan berlanjut di film andalannya, Pulp Fiction (1994), yang banyak menyajikan irama soul dan funk di era 70-an. Di film Kill Bill, Tarantino juga mempercayakan isi soundtrack kepada personel grup hip hop legendaris Wu-Tang Clan, RZA.

Jim Jarmusch

Dikenal sebagai sutradara film-film independen, nama Jim Jarmusch kian meroket namanya lewat deretan film unik bergaya avant garde. Di antara jajaran film-film terkenalnya, Jim Jarmusch turut menghadirkan musisi-musisi tersohor di dalam film garapannnya. Jarmusch selalu menghubungkan referensi musik di dalam karya-karyanya.

Sebut saja Tom Waits dan John Lurie di Down by Law (1986), Screamin’ Jay Hawkins dan Joe Strummer di Mystery Train (1989), Iggy Pop di Dead Man (1995), hingga RZA di Ghost Dog: The Way of the Samurai (1999). Di garapan teranyarnya, Jim Jarmusch turut menyutradarai Gimme Danger (2016), berkisah tentang perjalanan karier band rock legendaris The Stooges.

Sofia Coppola

Di daftar selanjutnya, terdapat nama Sofia Coppola. Putri dari maestro film Francis Ford Coppola itu kerap menampilkan referensi musik yang keren di film-film garapannya. Tiga filmnya, yakni The Virgin Suicides (1999), Lost in Translation (2003), dan Marie Antoinette (2006) sukses memikat penggemar musik lewat beragam lintas rock.

The Virgin Suicides sukses melambungkan grup elektronik asal Prancis, Air, lewat single “Playground Love”. Sementara itu, Lost in Translation memukau penonton lewat deretan lagu milik My Bloody Valentine, The Jesus and Mary Chain, sampai Roxy Music. Marie Antoinette, film yang dibintangi aktris Kirsten Dunst juga sukses mengangkat kembali kancah new wave lewat dedengkot seperti New Order, Gang of Four, hingga The Cure.

Wes Anderson

Di kancah perfilman, Wes Anderson dikenal lewat gaya visual unik di dalam film-filmnya. Tak kalah unik dengan karyanya, Anderson juga memasukkan serangkaian ensiklopedia musik pop dari dekade 60-an sampai 70-an. Beragam lagu-lagu ikonis dimasukkan ke dalam daftar soundtrack di karya garapannya.

Sepeti halnya di The Life Aquatic with Steve Zissou, Wes Anderson memasukkan deretan lagu andalan David Bowie, seperti “Life on Mars?”, “Starman” dan “Rebel Rebel” versi bahasa Portugis yang dibawakan ulang oleh Seu Jorge. Selain itu, Anderson juga dikenal menggilai band rock legendaris The Rolling Stones. Di dalam film debutnya Bottle Rocket, ia memasukkan lagu milik Mick Jagger dkk yang berjudul “2000 Man”.

Siapa lagi sutradara favorit kamu yang punya selera musik keren? Share di kolom komentar di bawah ya!

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
8 views
superbuzz
36 views
superbuzz
44 views
superbuzz
130 views