5 sutradara video klip terkeren

5 Sutradara Video Klip Terkeren

  • By: NND
  • Sabtu, 9 November 2019
  • 333 Views
  • 6 Likes
  • 3 Shares

Sutradara bertanggung jawab untuk memastikan arahan sebuah video atau film berjalan dengan mulus dan sesuai visi artistik yang sudah ditetapkan. Secara garis besar, tugas seorang sutradara adalah untuk mengawasi kru bertugas, aktor dan aktris, serta bertanggung jawab atas produksi secara keseluruhan.

Nah, dalam kesempatan ini, Supermusic akan mencoba membahas sutradara-sutradara paling kece dalam medan video klip. Siapa saja mereka? Simak lengkapnya di bawah ini:

***

1. David Fincher

Bagi mereka yang mengikuti dunia perfilman, tentu nama pertama dalam daftar ini sudah tidak asing lagi. Seven (1995), Gone Girl (2014), Zodiac (2007), dan Fight Club (1999) adalah beberapa karya terbaiknya. Meski begitu, Fincher tidak hanya bermain dengan layar lebar, ia juga menjajal video klip.

Sudah dua Grammy yang ia raih melalui video klip. Sutradara asal Denver, AS ini memenangkan keduanya melalui “Love is Strong” milik The Rolling Stones (1995), dan “Suit & Tie” milik Justin Timberlake dan Jay-Z.

Selain Grammy, David Fincher juga berhasil memenangkan tiga penghargaan MTV Video Music Awards untuk nominasi Sutradara Terbaik. Karya-karya lainnya juga meliputi “Who is It” karya MJ, dan beberapa proyek untuk Madonna dalam lagu “Express Yourself”, “Oh Father”, dan “Vogue”.

Meski ini daftar tentang sutradara video klip—tidak perlu menyimak video klipnya untuk dapat mengetahui bahwa David Fincher merupakan salah satu yang terbaik dalam ranah ini. Fim-film layar lebarnya berlaku bak sebuah filmografi yang mengagumkan, dan ketika ia turun tangan ke musik, dua Grammy-pun masih terasa kurang, bukan?

2. Melina Matsoukas

Melina Matsoukas adalah nama paling muda dalam daftar ini. Sebagai sutradara musik, film, TV, hingga iklan—Matsoukas merupakan seorang yang haus berkarya. Sama seperti Fincher, ia juga berhasil meraih dua Grammy dalam ranah video klip. Keduanya itu dinobatkan untuk karya “We Found Love” milik Rihanna, dan ”Formation” karya Beyonce.

Besar di Bronx, New York, Matsoukas mengemban pendidikan di Universitas seni Tish New York dan melanjutkan pengalaman perfilmannya di AFI Conservatory. Sekarang, Matsoukas berhasil menjadi salah satu nama paling panas dalam jajaran sutradara video klip. Proyek yang sudah ia kerjakan menyangkut nama-nama besar dalam dunia musik, seperti Kylie Minogue, Solange, Lady Gaga, Eve, Pharrell, Whitney Houston, Robin Thicke, dan lainnya.

Muda, berbakat, aktif, dan tak kenal lelah. Apa lagi yang kurang? Sebagai seorang sutradara, perempuan yang satu ini tidak bisa diremehkan begitu saja. Matsoukas merupakan seorang sutaradara papan atas profesional, semua terlihat dari banyaknya karya- karya yang sudah ia kerjakan sebelumnya.

3. Hype Williams

Harold “Hype” Williams—akrab dipanggil Hype Williams—adalah seorang sutradara video klip yang lahir dan besar di Queens, New York. Membahas yang satu ini, tidak mungkin kita tidak lepas dari musik R&B dan hip-hop.

Nama Hype sebagai sutradara video klip terkenal melalui sejumlah proyek yang ia jalankan bersama rapper mega-bintang Kanye West. Ia mampu menjaring banyak pencapaian melalui apa yang ia lakukan.

Hype Williams mengantongi sejumlah penghargaan dalam dunia video klip. Ia dianugerahi penghargaan Best Director oleh BET untuk video klip “Gold Digger” dari Kanye. Selain itu, “Wooh Hah!! Got You All in Check” karya Busta Rhymes yang ia kerjakan video klipnya juga berhasil membuatnya memenangkan penghargaan NAACP Image Award.

Sementara, “Getting Jiggy Wit It” guratan Will Smith juga menerima tritmen video klip dari seorang Hype—memenangkan Best Rap Video oleh MTV Video Awards.

Karya-karya sutradara yang satu ini tidak bisa berbohong. Hasil kerjanya dengan proyek-proyek hip-hop dan R&B berhasi menggiring namanya menjadi salah satu yang terbaik dalam kelasnya.

4. F. Gary Gray

Gray adalah seorang sutradara, produser, dan aktor asal Amerika Serikat, salah satu video klip paling ternamanya adalah trek legendaris “Good Day” gubahan Ice Cube, “Ms. Jackson” milik duo OutKast, dan beberapa proyek bersama Queen Latifah, Cypress Hill, hingga Jay Z. Intinya, apa yang ia kerjakan itu video klip kelas dunia, untuk musisi kelas dunia.

Sama seperti kebanyakan yang ada di dalam daftar ini, Gray lahir di NY. Bedanya? Ia tumbuh besar di LA. Kultur kulit hitam yang ia tebarkan dalam karyanya seperti menjadi ciri khasnya yang menarik banyak musisi untuk ingin melibatkannya.

Gray juga berhasil menyabet sejumlah penghargaan macam The Ivan Dixon Award of Achievement, Special Achievment Award, dan Artist Empowerment Awards, hingga Pioneer Director Award. Meski sudah jarang menggarap pengerjaan video klip karena sibuk di bergelut di layar lebar, video klipnya arahannya masih menjadi salah satu video klip ikonik yang akan terus diingat oleh para pecinta musik lintas negara.

5. Spike Jonze

Spike Jonze menjadi nama terakhir di dalam daftar ini. Pria bernama asli Adam Spiegel ini merupakan seorang sutradara musik paling ternama di eranya. Awalnya terkenal dari keterlibatannya dalam dunia BMX dan skate, ia memulai karier sutradaranya berdasarkan passion.

Secara profesional, ia mulai bekerja pada tahun 1992 dengan proyek bersama Wax, Chainsaw Kittens, dan Sonic Youth. Kedepannya ia akan mengerjakan video klip ikonik untuk nama-nama macam Weezer, Beastie Boys, Mc 900, Velocity Girl dan Marxman.

Jonze menjadi nama paling depan perkara sutradara video klip. Lemari penghargaannya dipenuhi karena tercatat pada tahun 1999 saja—tujuh tahun setelah memulai karirnya, ia sudah mengantogi sembilan penghargaan dan lebih dari sepuluh nominasi untuk film Being John Malkovich sendiri.

Salah satu video klip paling ikonik dari Jonze adalah “Weapon of Choice” karya Fatboy Slim—sebuah proyek yang berhasil mendaratkan Grammy—yang menampilkan gerakan “mulus” Chritopher Walken.

Memulai semuanya dari industri olahraga ekstrem, ia berubah menjadi seorang sutradara papan atas yang sudah tidak bisa dipungkiri lagi kualitasnya. Talenta dan dorongan kerja yang luas biasa selalu nampak dalam video klip garapannya, yang tak jarang, berujung menjadi sesuatu yang kelewat keren.

Itu dia lima sutradara video klip andalan yang udah kita sajikan, dari kelima orang ini, adakah favorit kalian? Coba sebutkan juga video klip paling favorit kalian, mungkin saja video tersebut termasuk dalam karya-karya kelima orang ini?

Feature photo: sumber

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
19 views
superbuzz
99 views
superbuzz
208 views
superbuzz
122 views