5 Video Klip Termahal dari Kancah Rock

  • By: OGP
  • Kamis, 23 November 2017
  • 4604 Views
  • 1 Likes
  • 2 Shares

Dunia musik tentu identik dengan video klip. Maka tak heran, perilisan sebuah album dan video klip selalu terjadi berbarengan. Lazimnya, video klip digunakan sebagai alat bantu untuk mempromosikan karya-karya musik teranyar dari musisi maupun band. Berkolaborasi bersama deretan sutradara handal, tak jarang juga para musisi ini menghasilkan video klip musik berbiaya fantastis.

Jajaran band rock papan atas lah yang kerap melakukannya. Beberapa dari mereka memang dikenal memiliki standar tinggi hanya untuk pembuatan sebuah video klip—ditunjang pula dengan bujet dari label. Sesuai dengan namanya, diksi glamor memang takkan bisa terpisahkan dari kancah rock. Rocker yang glamor tentu memperhatikan aspek estetika di dalam sebuah video klip musik sekalipun.

[bacajuga]

Beberapa tahun terakhir, jagat musik sempat dirundung kesalahpahaman. Band binaan aktor Jared Leto, 30 Second to Mars pernah digosipkan memecahkan rekor video klip musik termahal untuk single “From Yesterday” yang konon menelan biaya sekitar Rp 175 miliar. Namun pada akhirnya, pihak 30 Second to Mars menampik rumor itu dan mengatakan biaya sebenarnya tak semahal itu. Hal tersebut diakuinya hanya ‘setting-an’ belaka untuk mendongkrak popularitas mereka.

Intip daftar 5 video klip musik termahal dari kancah rock di bahwa ini. Adakah video klip musik rock favorit lo?

1. Guns N’ Roses - “Estranged”

Di awal kemunculannya, komplotan Guns N’ Roses merupakan salah satu fenomena terbesar di lanskap musik. Bagaimana tidak? Segerombolan pemuda bengal ini mampu menaklukan dunia dengan musik glam metal yang mereka usung. Tak mau kalah dengan pesohor pop lainnya, hingga kini Axl Rose dkk menjadi band rock dengan biaya pembuatan video klip termahal! Video klip dramatis nan emosional berjudul “Estranged” itu digarap oleh sineas berbakat Andy Morahan pada penghujung 1993, yang juga masuk di single album Use Your Illusion II . Diperkirakan Guns N’ Roses menelan biaya sebesar Rp 89 miliar.

2. Guns N’ Roses - “November Rain”

Jika ada seseorang bertanya ‘Apa video klip paling ikonis milik Guns N’ Roses?’, tentu di dalam benak akan terbayang video klip lagu “November Rain”. Sebelum GNR mematahkan rekor video klip kancah rock termahal lewat “Estranged”, band asal Los Angeles, AS itu lebih dulu menelurkan video klip mahal lainnya. Video klip “November Rain” masih digarap oleh Andy Morahan selaku sutradara. Single ini masuk ke dalam album Use Your Illusion I (1991). Usut punya usut, “November Rain” memakan biaya sekitar Rp 33 miliar. Wajar rasanya, mengingat konsep ‘pernikahan’ di dalam video yang cukup terbilang mewah di dalamnya.

3. Duran Duran - “The Wild Boys”

Di pembuka era 80-an, nama Duran Duran sempat jadi buah bibir di kalangan pecinta musik. Tak pelak, mereka pun bertanggung jawab atas invasi kultur ‘New Romantic’ di seantero dunia. Selain terkenal akan gaya flamboyan, unit new wave itu juga pernah mencatatkan diri sebagai salah satu band dengan biaya pembuatan video klip termahal. Video klip berjudul “The Wild Boys” rilis pada 1984, serta disutradarai oleh Russell Mulcahy. Klip bertema post-apocalypse itu telah menghabiskan biaya sekitar Rp 30 miliar. 

4. The Rolling Stones - “Love Is Strong”

Band rock legendaris The Rolling Stones pun seolah tak mau kalah dengan pesohor-pesohor rock lain. Di tahun 1994 silam, Mick Jagger dkk merilis video klip mahal berjudul “Love Is Strong”. Single ini masuk ke dalam album studio ke-22 mereka bertajuk Voodoo Lounge. Berkolaborasi bersama sutradara kenamaan, David Fincher, keduanya sukses menghasilkan video klip musik kelas kakap. Ditampilkan kawanan The Rolling Stones berkeliaran menjadi raksasa di sebuah kota metropolitan. Pantas saja, video klip ini ternyata memakan biaya sekitar Rp 21 miliar.

5. David Bowie - “Ashes to Ashes”

Di jazirah rock, nama David Bowie tentu bakal selalu dikenang abadi oleh para pecinta musik. Selain dikenal sebagai musisi handal, Bowie juga kerap diingat akan kontribusinya terhadap bidang estetika selayaknya dunia fashion. Di dalam video klip berjudul “Ashes to Ashes” yang rilis tahun 1980, Bowie tampil elegan memerankan sosok badut modis di dalam video berkonsep fantasi tersebut. Video klip ini juga digarap oleh dirinya sendiri bersama kompatriot David Mallet. Diperkirakan video klip musik termahal milik Bowie tersebut menyedot biaya sekitar Rp 20 miliar.

1 COMMENTS
  • dephythreehandoko

    november rain

Info Terkait

superbuzz
103 views
superbuzz
391 views
superbuzz
322 views
superbuzz
2602 views