5 Vokalis Band Indonesia yang Keren dengan Rambut Gondrong

5 Vokalis Band Indonesia yang Keren dengan Rambut Gondrong

  • By:
  • Jumat, 15 January 2021
  • 1031 Views
  • 0 Likes
  • 1 Shares

Berambut gondrong merupakan salah satu ciri dari citra anak band di Indonesia yang terus melekat hingga saat ini. Terutama yang paling jelas terlihat adalah orang yang berperan sebagai vokalis band. Meskipun rambut gondrong sebagai identitas anak band merupakan tren yang sudah lama hadir, nyatanya masih cukup banyak vokalis band Indonesia yang masih mempertahankan untuk memiliki rambut gondrong.

Meskipun keren, tidak jarang rambut gondrong yang identik dengan penampilan vokalis band Indonesia ini memiliki anggapan negatif di mata masyarakat luas. Namun anggapan tersebut tidak jadi hal yang terlalu dipusingkan oleh para vokalis band Indonesia yang dikenal menggemari musik-musik dengan elemen distorsi, seperti rock, metal, serta blues. Pasalnya, penampilan rambut gondrong yang diadopsi oleh berbagai vokalis band Indonesia ini juga dianggap sebagai representasi dari musik rock. Sebut saja banyak musisi yang terbilang legendaris, seperti John Lennon, Kurt Cobain, hingga Dave Grohl.

Memilih nama-nama vokalis band Indonesia dengan rambut gondrong bukanlah hal yang mudah. Namun, berikut adalah daftar vokalis band Indonesia dengan rambut gondrong yang lekat dengan musik rock. 

  1. Rekti Yoewono - The SIGIT

    Pertama kali dikenal di tahun 2004 sebagai sebuah act dari garage rock revival, The Super Insurgence Group of Intemperance Talent atau The SIGIT merupakan salah satu band cadas yang lahir dari Kota Kembang, dinahkodai oleh Rekti Yoewono sebagai seorang vokalis. Vokalis band Indonesia asal Bandung ini memang identik dengan rambut gondrong sejak awal kemunculannya. Vokalis band Indonesia ini juga aktif sebagai salah satu anggota band Mooner sebagai pemain bass. Diketahui bahwa Rekti Yoewono sudah aktif bermain musik sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama. Namun vokalis band Indonesia satu ini mulai memilih untuk bermusik secara profesional ketika dirinya membentuk The SIGIT di tahun 2002 bersama Adit Bagja, Farri Icksan Wibisana, dan Acil Armando. Hingga saat ini, bersama The SIGIT, vokalis band Indonesia ini telah berhasil merilis dua buah album penuh, begitupun dengan Mooner. 

  2. Otong - Koil

    Jika menebak nama band rock apa saja yang masih menghiasi belantika musik Tanah Air, tentu saja Koil masuk ke dalamnya. Selain karena musiknya, hal yang membuat Koil lekat dalam ingatan adalah penampilan dari sang vokalis, yaitu Otong. Sebagai salah satu vokalis band Indonesia dengan penggemar yang cukup melimpah ruah, Otong selalu konsisten tampil dengan rambut gondrong, sepatu bot tinggi, serta aksi membanting gitar di hampir setiap kesempatan manggung. Vokalis band Indonesia di dalam tubuh Koil ini mengakui bahwa dirinya sudah membiarkan rambutnya tumbuh panjang sejak tahun 1992. Otong Koil juga memiliki ritual untuk mencatok rambut gondrongnya sebelum naik ke atas panggung. Hal tersebut dilakukan oleh vokalis band Indonesia satu ini agar dirinya bisa menyanyi dengan leluasa tanpa harus khawatir helai-helai rambutnya masuk ke dalam mulut. 

  3. John Paul Patton - Kelompok Penerbang Roket

    Rambut gondrong juga identik dengan tampilan John Paul Patton yang merupakan pemain bass sekaligus vokalis di dalam tubuh Kelompok Penerbang Roket. Salah satu vokalis Band Indonesia ini mengakui bahwa dirinya mulai gondrong sejak lulus dari bangku sekolah menengah atas. Namun tidak jarang juga, saat masih jadi siswa SMA John Paul Patton membiarkan rambutnya tumbuh melewati batas regulasi dari sekolahnya. John Paul Patton merasa bahwa bentuk muka dirinya lebih cocok dihiasi dengan rambut gondrong. Selain itu, vokalis band Indonesia di dalam tubuh Kelompok Penerbang Roket ini juga memang menggemari berbagai musisi dengan rambut gondrong sebagai penampilan dan identitasnya. Namun, memiliki rambut gondrong juga terkadang membuatnya merasa risih. Vokalis band Indonesia ini menjelaskan bahwa ketika berada di panggung, mengunyah helai rambut secara tidak sengaja saat bernyanyi sudah jadi risiko yang dipahaminya.

  4. Duta - Sheila On 7

    Sejak pertama kali muncul bersama Sheila On 7, Duta, sang vokalis, dikenal memiliki rambut yang cukup panjang. Namun seiring berjalannya waktu, vokalis band Indonesia satu ini memang punya penampilan rambut yang sering berganti. Kadang pendek, kadang panjang. Namun, dalam beberapa tahun ke belakang, Duta kerap kali terlihat tampil dengan rambut yang bisa dibilang gondrong. Perubahan rambut yang dialami oleh vokalis band Indonesia di dalam tubuh Sheila On 7 ini kerap kali dianggap oleh para fans sebagai bentuk penyesuaian dengan karakter atau warna musik yang dibawakan dari karya-karyanya. Bersama Duta, Sheila On 7 terbentuk di tahun 1996 dengan anggota Sakti, Eross, Adam, dan Anton. Band ini juga pernah mendapatkan sebagai salah satu kelompok musisi dengan predikat hitmaker di era 2000-an.

  5. Gugun - Gugun Blues Shelter

    Di awal mula perjalanan bermusiknya di tahun 2004, Gugus Blues Shelter merupakan salah satu kelompok musik yang mengawali kariernya bermain dari bar dan kafe, spesifiknya adalah tempat bar atau kafe yang identik dengan musik blues di Jakarta. Terinspirasi dari berbagai musisi legendaris di ranah blues, soul dan rock, seperti Jimi Hendrix, Stevie Ray Vaughan, Betty Davis, and Led Zeppelin, maka bukan jadi hal yang aneh jika vokalis band Indonesia di dalam tubuh tersebut, Gugun memiliki rambut gondrong sebagai identitas dari penampilannya. Vokalis band Indonesia satu ini bersama bandnya berhasil merilis album perdana mereka secara independen di akhir tahun 2004 berjudul Get The Bug. Kala itu, Gugun Blues Shelter beranggotakan Gugun, Jono, dan Iskandar.

0 COMMENTS