album rock 2020

6 Album Rock Berbahaya 2020 yang Wajib Ditunggu

  • By: NND
  • Rabu, 11 March 2020
  • 1153 Views
  • 3 Likes
  • 3 Shares

Banyak yang berkata bahwa tahun 2020 ini akan menggiring kembali musik rock ke arus utama. Benar atau tidak, tentu kita hanya perlu menunggu, yang jelas tahun ini kancah rock memang memiliki segudang materi.

Di akhir 2019 sejumlah rilisan segar dari kancah rock dan metal hadir, momentum ini yang terus dijaga hingga awal 2020. Tame Impala rilis album baru, RATM dan AC/DC reuni, hingga nama-nama baru dengan musik segar seperti Black Midi, juga kebangkitan ulang sound lawas seperti yang dilakukan IDLES.

Tentunya, sepanjang 2020 masih akan ada banyak band dan album rock yang hadir. Kami sudah merangkum enam buah album yang perlu diantisipasi dari jagoan rock global. Penasaran?

1. Weezer - Van Weezer

September tahun lalu, fans The Weezer dihibur dengan single anyar dari Rivers Cuomo cs. Melanjutkan materi bertajuk "The End of the Game" usai merilis album cover Teal Album, kita diajak menjajal track catchy dan upbeat yang menerka ulang era kejayaan hard rock/heavy metal 80-an.

Bersamaan dengan peluncuran single itu, Weezer juga mengumumkan bahwa album keempat belas mereka, Van Weezer (referensi untuk Van Halen), akan mendarat pada 15 Mei mendatang. Mungkin Weezer belum akan balik ke early form, tapi kabar menariknya, Cuomo menyatakan bahwa, seperti referensi dan inspirasi album ini, Van Weezer adalah album guitar-based yang akan menampilkan shredding-shredding!

2. Deftones - TBA

Memang belum banyak detail yang terkuak dari album kesembilan Deftones, tapi menurut kabar jagad maya, materi-materi tersebut sudah masuk proses mixing dan siap rilis di akhir 2020. Walau belum merilis judul album, pecinta Deftones era awal patut berbahagia karena Terry Date didapuk kembali sebagai produser.

Date adalah produser dari empat album pertama Deftones: Adrenaline, Around the Fur, White Pony, dan Deftones. Kepastian keterlibatan Date dirujuk dari laman Instagram Deftones yang menampilkan Date dan Chino dalam studio. Foto mereka diambil oleh kibordis dan multi-instrumentalis Frank Dalgado pada Mei tahun lalu.

3. Foo Fighters - TBA

Tahun ini, album debut Foo Fighters resmi berusia 25 tahun. Namun, di lain sisi, Dave Grohl dan kawan-kawan tampaknya tidak akan terlalu fokus bernostalgia. Mengapa? Mereka menyatakan bahwa album terbaru sudah selesai digarap.

Konfirmasi itu hadir langsung dari Grohl, disampaikan melalui siaran podcast Bill Simmons. Grohl juga mengatakan bahwa album baru Foo Fighters akan memuat banyak lagu yang hadir secara instan dan berasal dari mana saja. Ada juga satu materi riff-nya sudah ada dari awal Foo Fighters terbentuk. Dari pernyataan tersebut, dikatakan bahwa album ini akan segera mendarat pada 2020. Lagipula, bukankah kita semua sudah gatal ingin mendengarkan materi terbaru the Foos?

4. The 1975 - Notes on a Conditional Form

Album ketiga The 1975 adalah A Brief Inquiry Into Online Relationships, sebuah album yang berhasil mendefinisikan penghujung dekade 2010. Album ini direspons dengan baik oleh publik dan kritikus, hingga mendarat di sejumlah daftar album terbaik. Sekarang, Matt Healy dkk akan segera melanjutkan diskografi mereka dengan album keempat.

Tentu keluar dari bayangan besar album ketiga mereka tidaklah mudah, ini bisa didengar daribeberapa single baru yang hadir. Corak yang bervariasi kembali dipaparkan, "Frail State of Mind" maju dengan gubahan UK garage, folk psikadelik di "The Birthday Party", power pop remaja 90-an di "Me & You Together Song", hingga punk rock gothic Marilyn Manson di single "People". Keempat single tersebut rasanya cukup bisa membuat kita menanti Notes on a Conditional Form pada 24 April mendatang!

5. Marilyn Manson - TBA

Musisi bernama asli Brian Hugh Warner juga disebut akan kembali dengan album baru tahun ini. Terakhir, album Manson adalah album jebolan tahun 2017 yang bertajuk Heaven Upside Down. Sejauh ini, kepastian album baru memang belum ada, tapi Manson sudah beberapa kali melepas sebuah teaser sarat makna yang menandakan kehadiran album baru.

Sejauh ini, baru diketahui ada keterlibatan Shooter Jennings dalam penggarapan materi terbaru Manson. April lalu, ia sempat menyatakan bahwa setengah materi album baru ini sudah rampung. Jadi, besar kemungkinan ia hadir kembali tahun ini, bukan?

6. The Strokes - The New Abnormal

The Strokes akan segera merilis album terbaru mereka pada 2020, tepatnya pada April mendatang. Album baru mereka berjudul The New Abnormal, penerus album The Comedown Machine di 2013. Tujuh tahun bukan sebuah jeda singkat, jadi tak salah jika kehadiran album terbaru mereka cukup dinantikan.

Sejauh ini, mereka sempat membeberkan beberapa lagu di The New Abnormal. Beberapa sudah dimainkan live di panggung, seperti "The Adults are Talking" dan "Ode to the Mets." Dua single yang sudah resmi dirilis, seperti trek synth-heavy "At the Door" dan "Bad Decision." The New Abnormal akan resmi dirilis pada 10 April mendatang, catat tanggal rilisnya!

Bagaimana dengan kalian? Album rock apa yang lo nantikan di tahun 2020 ini? Coba suarakan di kolom komentar yang ada di bawah, ya. Selagi itu, pantau terus SUPERMUSIC untuk update terkait album-album ini dan lainnya!

0 COMMENTS

Info Terkait