6 Aplikasi Musik Ini Bikin Dengerin Musik Makin Asik

6 Aplikasi Musik Ini Bikin Dengerin Musik Makin Asik

  • By:
  • Minggu, 4 April 2021
  • 59 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Perkembangan teknologi telah memberi kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dengan hadirnya aplikasi musik sebagai platform yang bikin orang-orang lebih praktis untuk mendengarkan musik.

Hadirnya aplikasi musik telah membuat cara konvensional seperti menyimpan lagu di ponsel atau perangkat elektronik lai, misalnya, komputer dan laptop sudah mulai ditinggalkan. Alih-alih memori ponsel penuh karena menyimpan lagu, sekarang hadir aplikasi musik yang lebih praktis.

Hadirnya aplikasi musik juga memungkinkan kita untuk membuat daftar putar (tracklist) sendiri hanya dengan menyentuh layar ponsel. Jumlah aplikasi musik zaman kiwari juga tidak sedikit, namun ada beberapa di antara aplikasi musik itu yang direkomendasikan untuk dimiliki.

Beberapa aplikasi musik itu ada gratis, tetapi tidak sedikit yang memerlukan biaya berlangganan untuk mendapatkan fasilitas atau fitur yang lebih lengkap. Meski begitu, di bawah ini Supermusic sudah merangkum beberapa aplikasi musik terbaik yang bisa Superfriends miliki.

Baca juga: Deretan Software Musik dan Sample Gratis Buat Lo Produktif di Rumah

1. Aplikasi Musik: YouTube Music

YouTube saat ini menjadi salah satu aplikasi atau platform yang digunakan banyak orang. Untuk menghadirkan sajian musik yang lebih mudah, YouTube akhirnya merilis aplikasi musik YouTube Music yang memungkinkan orang-orang menikmati musik secara lebih praktis.

Sistem untuk menikmati YouTube Music ini harus berlangganan dan membayar biaya bulanan. Aplikasi musik dari YouTube ini bisa dinikmati di perangkat Android, iOS, hingga web.

2. Aplikasi Musik: Apple Music

Apple Music menjadi rekomendasi aplikasi musik yang bisa digunakan. Apple Music menawarkan akses lengkap ke lagu apa pun di Apple Music library. Apple Music dirancang dengan baik, dan lo nggak kesulitan untuk beralih antara radio, lagu yang disimpan, dan lagu rekomendasi.

Kabar baiknya, kini Apple Music tidak hanya tersedia untuk pengguna iOS saja, melainkan juga para pengguna android. Katalog aplikasi musik ini berisi 50 juta lagu yang jelas menjadi daya tarik terbesarnya, tetapi ada banyak konten lainnya, termasuk dokumenter tentang berbagai artis dan band, konser, dan konten sejenis lainnya.

3. Aplikasi Musik: Spotify

Daftar aplikasi musik selanjutnya barangkali menjadi aplikasi musik yang paling dikenal saat ini, khususnya di Indonesia. Ya, apalagi kalau bukan Spotify. Layanan streaming untuk musik, video, dan podcast ini berasal dari Swedia yang muncul pada September 2008.

Pengguna premium dapat mengakses jutaan lagu dengan cara berlangganan setiap bulan. Spotify juga dapat dinikmati secara gratis lewat akses Internet dengan batasan kecepatan 160 kb/bits. Pelanggan akan terbebas dari "gangguan" iklan jika menggunakan fitur premium, hingga bisa mendapatkan akses untuk mengunduh musik yang bisa didengarkan secara offline.

Terhitung pada akhir 2020, Spotify sudah memiliki lebih dari 124 juta pelanggan dan menawarkan akses ke 50 juta lagu dari hampir semua musisi dan artis yang ingin pelanggan cari.

Aplikasi musik seluler ini menawarkan fungsionalitas yang sama dengan versi desktopnya, memungkinkan lo untuk mengalirkan satu lagu atau seluruh album dengan opsi untuk membuat daftar putar khusus. Untuk aplikasi musik gratisnya, pelanggan hanya bisa menggunakan fitur putar acak dan podcast.

4. Aplikasi Musik: Bandcamp

Daftar aplikasi musik berikutnya adalah Bandcamp. Tidak seperti aplikasi musik lainnya di mana banyak artis tidak mendapatkan keuntungan besar dari layanan pemutar musik streaming, Bandcamp mendukung artis untuk mendapatkan 80-85% uang dari hasil langganan penggunanya.

Hal ini membuat aplikasi musik Bandcamp menjadi salah satu tempat yang tepat untuk mendukung musisi. Tidak ada biaya berlangganan untuk mengunduh Bandcamp, tetapi juga tidak menggunakan model gratis - sebagai gantinya, lo membeli trek dan album dari setiap artis yang bersangkutan, dan lo juga bisa melakukan streaming atau mengunduhnya dari Bandcamp. Meskipun nggak akan menemukan semua artis di Bandcamp, itu adalah tempat yang sangat baik untuk membeli konten kalau lo mampu.

5. Aplikasi Musik: Amazon Music

Aplikasi musik Amazon Music dinilai cukup bagus dengan memberi cukup banyak akses ke lagu gratis. Namun, akses ke perpustakaan penuh 60 juta lagu hanya disertakan dengan langganan Amazon Music Unlimited, yang akan membuat lo mengeluarkan 10 USD sebulan atau 8 USD untuk anggota Amazon Prime.

6. Aplikasi Musik: Soundcloud

Soundcloud adalah komunitas musisi, band, podcaster, dan banyak lagi. Aplikasi musik ini mempertahankan semua keunggulan situs yang lengkap dan memungkinkan lo mencari artis baru untuk diikuti, mendengarkan lagu di feed, atau merekam dan mengunggah audio yang lo rekam.

Ada dua jenis langganan premium - langganan Pro untuk pembuat musik dan mulai dari 12 USD sebulan. Ini menawarkan ruang penyimpanan tambahan dan statistik untuk trek yang diunggah. SoundCloud Go ditujukan untuk pendengar dan tersedia dalam dua tingkatan.

Soundcloud Go berharga 5 USD sebulan dan menawarkan mendengarkan bebas iklan dan kemampuan untuk menyimpan lagu secara offline. Go + menawarkan audio berkualitas tinggi dan akses ke katalog lengkap SoundCloud tanpa pratinjau seharga 10 USD sebulan. 

0 COMMENTS