Genre: rock, Lagu yang Bertempo Cepat, The Killers, Metallica, Bruno Mars, Kings of Leon, DJ Khaled, Ludacris, Snoop Dogg, Dragonforce, Rock

6 Lagu yang Bertempo Cepat: dari 145 hingga 240 BPM

  • By:
  • Kamis, 8 April 2021
  • 5435 Views
  • 1 Likes
  • 4 Shares

Tempo dalam ranah lagu disebut sebagai tanda dari cepat atau lambatnya sebuah lagu. Sederhananya, ada lagu yang bertempo cepat, ada pula lagu yang memiliki tempo lambat. Tempo umumnya ditulis dalam notasi balok dan angka dalam hitungan beat per music (BPM).

Tempo bisa mempermudah proses rekaman lagu karena menjadi tanda cepat atau lambatnya sebuah lagu. Kemudahan ini akan nampak ketika BPM ditentukan untuk setiap instrumen. Ketika BPM ditentukan, maka keselarasan lagu atau musik yang dimainkan benar-benar terlihat. 

Ketukan demi ketukan akan menyesuaikan BPM dalam tempo. Ada tiga jenis tempo yang perlu diketahui, yakni cepat, sedang, dan lambat. Pembagian jenis tempo ini untuk memudahkan penyesuaian atau pengelompokan sebuah lagu. Ambil contoh lagu yang bertempo cepat biasanya dikelompokan untuk lagu gembira, sementara tempo lambat untuk lagu romantis atau bertema kesedihan.

Untuk lagu yang bertempo cepat sendiri memiliki istilah. Di antaranya allegro (120-156 bpm), vivace (156-176 bpm), Vivacissimo – cepat dan bersemangat (172 – 176 bpm), Allegro Vivace – sangat cepat (172-176 bpm), Presto – sangat, sangat cepat (168-200 bpm), kemudian Prestissimo – lebih cepat dari presto (lebih dari 200 bpm).

Baca juga: 7 Lagu Soundtrack Film dari Band Metal dan Rock

Berikut ini Supermusic sudah merangkum daftar lagu yang bertempo cepat untuk kalian dari berbagai sumber. Apakah ada lagu favorit kalian dari daftar ini?

  1. Kings of Leon: Sex on Fire

    Daftar pertama lagu yang bertempo cepat adalah salah satu hits dari band rock Amerika Serikat, Kings of Leon, bertajuk Sex on Fire. Lagu yang bertempo cepat ini berasal dari album keempat Kings of Leon, Only by the Night, rilisan tahun 2008.

    Lagu tersebut termasuk ke dalam lagu yang bertempo cepat karena dimainkan dengan kunci E mayor dengan tempo 153 bpm. Selain sebagai lagu yang bertempo cepat, Sex on Fire menjadi salah satu lagu tersukses Kings of Leon dengan meraih penghargaan Grammy Awards untuk Best Rock Vocal Performance by a Duo or Group pada 2008.

  2. The Killers: Mr. Brighside

    The Killer, unit rock asal Las Vegas, juga punya lagu yang bertempo cepat berjudul Mr. Brightside. Lagu yang ditulis oleh Brandon Flowers dan Dave Keuning ini merupakan single debut dari The Killer dan masuk ke dalam album debut mereka, Hot Fuss, yang rilis pada 2004.

    Disebutkan oleh Shape, lagu yang bertempo cepat tersebut memiliki tempo sekitar 148 bpm. Cepatnya tempo lagu milik The Killers itu bisa dilihat dari cepatnya beat pukulan drum Ronnie Vannucci Jr di 22 detik awal lagu Mr. Brightside.

  3. Bruno Mars: Locked Out Of Heaven

    Lagu yang bertempo cepat selanjutnya hadir dari single lawas milik solois kenamaan Amerika Serikat, Bruno Mars, berjudul Locked Out Of Heaven. Lagu yang bertempo cepat ini termasuk ke dalam nomor di album kedua Bruno Mars, Unorthodox Jukebox, rilisan tahun 2012.

    Lagu yang bertempo cepat ini termasuk ke dalam reggae rock dan pop rock yang dipengaruhi genre new wave. Disebutkan oleh Shape, Locked Out Of Heaven memiliki tempo 146 bpm. 

  4. Metallica: Master of Puppets

    Lagu-lagu dari band metal tentunya masuk ke dalam daftar pemilik lagu yang bertempo cepat. Salah satunya lagu milik unit metal veteran, Metallica, Master of Puppets. Lagu lawas ini dirilis oleh Metallica pada 1986 dan termasuk ke dalam album ketiga mereka dengan tajuk yang sama.

    Disebutkan Metal Insider, lagu yang bertempo cepat ini memiliki tempo hingga 226 bpm. Lagu ini dimulai dengan suara bass-heavy sampai akhirnya masuk suara gitar yang terdistorsi kemudian pecah menjadi riffing yang cepat dan agresif.

  5. Dragonforce: The Game

    Lagu pembuka dari album Dragonforce yang rilis pada 2000, Inhuman Rampage, menjadi daftar lagu yang bertempo cepat selanjutnya. Berjudul The Game, lagu yang bertempo cepat tersebut dilaporkan memiliki tempo hingga 236 hingga 240 BPM.

    Angka ini menjadikan lagu yang bertempo cepat itu sebagai lagu dengan tempo paling cepat milik Dragonforce. Lagu ini kemudian dirilis kembali sebagai bagian dari album keenam Dragonforce pada 2015 bertajuk Maximum Overload.

  6. DJ Khaled ft T-Pain, Ludacris, Snoop Dog, dan Rick Ross: All I Do Is Win

    Lagu yang bertempo cepat selanjutnya adalah milik DJ Khaled, All I Do Is Win. Pada lagu yang masuk ke dalam album studio keempatnya ini (Victory 2010), DJ Khaled menggandeng rapper-rapper kenamaan seperti T-Pain, Ludacris, Snoop Dogg, hingga Rick Ross.

    Disebutkan Shape, lagu yang bertempo cepat ini memiliki tempo hingga 150 bpm. Sebagai lagu yang bertempo cepat, lagu ini banyak dijadikan anthem oleh beberapa klub olahraga. Ambil contoh tim football Universitas Auburn, Auburn Tigers football.

    Tim-tim NBA seperti New York Knicks, misalnya, menggunakan versi instrumen lagu bertempo cepat ini sebagai lagu pengiring pengenalan pemain di musim 2010/11. Ada pula tim NBA macam Denver Nuggets, Memphis Grizzlies, Indiana Pacers, Portland Trail Blazers, Cleveland Cavaliers, hingga Phoenix Suns yang memutar lagu ini ketika bermain di kandang.

 

Image source: Shutterstock

0 COMMENTS