7 Band Rock Ini Sempat Manggung Menggunakan Nama Samaran

7 Band Rock Ini Sempat Manggung Menggunakan Nama Samaran

  • By:
  • Sabtu, 23 January 2021
  • 682 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Kreativitas dan aksi iseng memang sering kali dianggap memiliki keterkaitan satu sama lain. Ada kalanya juga rasa iseng tersebut hadir di dalam benak grup band atau musisi dan berhasil diolah menjadi sebuah kreativitas. Salah satunya adalah dengan cara naik ke atas panggung menggunakan samaran. Nama samaran di dalam industri musik sebenarnya bukan hal yang asing lagi. Biasanya, nama samaran ini digunakan untuk menutupi identitas asli dari seorang musisi atau digunakan sebagai nama beken saja. Namun untuk perihal band yang manggung dengan nama samaran hal tersebut cukup jarang terjadi dan masih unik untuk ditelisik.

Meskipun jarang sekali ditemukan dalam rentang waktu yang berkesinambungan, ternyata sudah cukup banyak juga band yang berhasil manggung dengan nama samaran. Rata-rata tren manggung dengan nama samaran ini hadir di kalangan kelompok musik atau grup band dengan genre rock. Selain untuk senang-senang seperti keperluan kejutan dan secret gig yang dipersembahkan oleh para penggemar, tidak jarang juga nama samaran digunakan oleh beberapa kelompok band atas urusan yang cukup pelik. Beberapa band rock papan atas diketahui pernah memilih manggung menggunakan nama samaran atas alasan permasalahan kontrak.

Namun, apakah ada alasan lain dibalik keputusan beberapa kelompok band rock papan atas tersebut manggung menggunakan nama samaran? Berikut adalah daftar band rock papan atas yang pernah manggung menggunakan nama samaran beserta alasannya.

  1. Arctic Monkeys

    Siapa yang tidak kenal dengan Arctic Monkeys? Band rock asal Inggris ini merupakan salah satu band yang punya massa penggemar hampir di seluruh dunia. Namun, mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa Arctic Monkeys juga pernah manggung dengan menggunakan nama samaran. Sebagai sebuah penampilan spesial, Arctic Monkeys sempat manggung dengan nama The Death Ramps. Nama samaran tersebut lahir karena saat itu, Arctic Monkeys tampil di atas panggung dengan membawakan lagu-lagu versi B-side mereka. Selain itu, di bawah nama samaran The Death Ramps, Arctic Monkeys juga kerap kali berkolaborasi bersama Richard Hawley dan berhasil merekam lagu bersama.

  2. Fall Out Boy

    Sesuai dengan namanya, konsep secret gig hadir sebagai sebuah acara atau event musik yang dirahasiakan. Bahkan untuk para penggemarnya. Untuk memaksimalkan konsep tersebut, Fall Out Boy pernah menggelar sebuah secret gig dan tampil dengan nama samaran Saved Latin. Kala itu, Fall Out Boy di bawah nama samaran Saved Latin mengadakan sebuah konser rahasia di kota New York City. Nama samaran Saved Latin diambil oleh Fall Out Boy dari penggalan dialog film Rushmore, sebuah karya dari Wes Anderson. 

  3. Foo Fighters

    Foo Fighters juga sempat manggung menggunakan nama samaran. Kala itu, Foo Fighters memiliki sebuah konsep promosi album kedelapan mereka, Sonic Highways dengan cara manggung di venue kecil, seperti bar atau klub. Untuk melancarkan rencana tersebut Foo Fighters memilih untuk tampil dengan nama samaran The Holy Shits. Namanya yang urakan dengan venue kecil tentu saja tidak membuat orang-orang merasa aneh dengan penampilan band tersebut. Hingga akhirnya mereka menyadari bahwa The Holy Shits merupakan nama samaran yang digunakan oleh Foo Fighters. Band besutan Dave Grohl ini berhasil manggung dengan nama samaran hingga ke Inggris dan sempat sekali untuk manggung di Amerika Serikat.

  4. Metallica

    Demi memberi sebuah penghormatan kepada legenda musik cadas, Lemmy Kilmister, Metallica juga sempat tampil di atas panggung menggunakan nama samaran The Lemmys. Nama samaran tersebut Metallica gunakan saat mereka tampil untuk memeriahkan hari ulang tahun ke-50 dari pendiri band Motorhead tersebut. Tampil secara total, Metallica bahkan mengubah tampilan mereka sehingga menyerupai Lemmy. Tidak hanya pakaian, Metallica di bawah nama samaran The Lemmys tampil lengkap dengan wig dan kumis palsu, serta tato temporer yang mereka gambar sendiri.

  5. Motorhead

    Permasalahan kontrak dengan label rekaman juga jadi alasan dari sebuah band untuk manggung dengan nama samaran. Hal tersebut dialami oleh Motorhead. Di akhir tahun 1970-an, Motorhead sempat mengalami kendala akibat kontrak dengan label rekaman yang menaungi mereka kala itu. Untuk menghindari masalah secara legal, akhirnya Motorhead memilih untuk manggung dengan nama samaran Iron Fist And The Hordes From Hell. Setelah permasalahan tersebut selesai akhirnya Motorhead tidak pernah lagi manggung dengan nama samaran tersebut. Namun, Lemmy dan kawan-kawan memutuskan untuk mengabadikan nama samaran mereka menjadi sebuah judul album, Iron Fist, yang Motorhead rilis di tahun 1982.Radiohead

  6. Radiohead

    Radiohead memang bukanlah sebuah band yang sering tampil di dalam gelaran festival musik. Namun, ketika mereka memutuskan untuk tampil, Radiohead pun menyiapkan kejutan bagi para penggemar mereka. Untuk festival Glastonbury di Inggris beberapa tahun silam, Radiohead pernah menggunakan nama Special Guests sebagai nama samaran mereka. Ketika giliran Radiohead dengan nama samaran tersebut hadir, para penikmat musik yang datang tidak bisa menutupi rasa antusiasmenya..
  7. Bring Me The Horizon

    Sebuah kabar mengenai festival bertajuk Reading + Leeds Festival di Inggris pada tahun 2018 sempat membuat gempar para penikmat musik dan para concert enthusiast. Terutama mereka yang memang langganan untuk datang ke festival musik tersebut. Keramaian tersebut disebabkan oleh salah satu nama band An Invitation To Salvation yang terpampang sebagai salah satu headliners pada event tersebut. Hingga festival musik tersebut dimulai, semua pengunjung masih menyimpan rasa penasaran karena mereka tidak tahu menahu akan band tersebut. Ternyata An Invitation To Salvation merupakan nama samaran yang digunakan oleh Bring Me The Horizon untuk festival musik tahun 2018 tersebut sebagai sebuah kejutan bagi para penggemarnya.
0 COMMENTS