GUITAR STYLE: 7 Gerakan Ikonik Para Gitaris Dunia

  • By: OGP
  • Sabtu, 29 October 2016
  • 7115 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Sosok gitaris bukan hanya menjadi pelengkap sebuah band. Kehadirannya justru menambah cita rasa penampilan eksklusif sebuah band di panggung. Tak jarang pula keberadaan gitaris menggeser seorang vokalis di garda terdepan sebagai frontman di dalam tubuh band lewat gerakan aksi panggung keren mereka.

 

Mari intip 7 gerakan ikonik gitaris tenar versi SupermusicID! Adakah gitaris favorit lo?

 

Chuck Berry

Nama besarnya hingga ke generasi kini tetap menggema sebagai figur legenda musik. Bukan hanya sebagai musisi semata, Berry juga lihai dalam menguasai panggung dengan penampilan penuh skill namun tetap menghibur. Maka jangan pernah ragukan kemampuan Berry saat sedang memegang gitar Gibson kesayangannya itu. Veteran yang kini genap berusia 90 tahun ini, dikenal publik luas dengan gaya khas “Duckwalk” saat sedang asyik bermain gitar. Di sini Berry berjalan sambil bermain gitar dengan posisi badan setengah jongkok. Sembari kepala menghadap lurus ke depan layaknya seekor bebek melintasi jalanan. Wajar rasanya jika Chuck Berry dianggap sebagai pelopor rock and roll.

Pete Townshend

Di era 60’s sosok gitaris band rock tenar The Who ini begitu digilai para penggemar musik seantero dunia. Pesona liar namun karismatik ia tumpahkan sekaligus di setiap aksinya di arena stage. Bersama sang kompatriot Roger Daltrey mereka pun membius penonton dengan tingkah gila tapi keren. Terlihat saat sedang pentas di beberapa konsernya bersama The Who, Townshend gemar berdiri tegap sambil memutar-kibaskan tangannya ke arah senar gitar dengan beruang. Gerakannya ini layaknya menara kincir angin di tengah keramain crowd. Gerakan ikonik ini kemudian dikenal sebagai “Windmill”

Jimmy Page

Yap gitaris band rock Led Zeppelin ini memang layak menyandang predikat sebagai salah satu dewa gitar terbaik di ranah musik modern. Pasalnya riff yang ia ciptakan begitu kuat hingga menjadi panduan wajib bagi para pemula gitar di luar sana. Di balik permainan gitarnya yang menawan, tak lupa ia selipi aksi spesial yang tentu menjadi pusat perhatian bagi penonton yang menyaksikannya. Di saat sesi tembang maut “Dazed and Confused” dan “How Many More Times”, nampak jelas sebuah busur biola ia arahkan ke senar gitar Epiphone andalannya, lantas gesekan tersebut menghasilkan nada kasar namun artistik tumpah melebur menjadi satu. “Violin Bow” seakan menjadi ciri khas seorang jenius musik bernama Jimmy Page. 

Jimi Hendrix

Melihat performa secara live seorang Jimi Hendrix di pentas tentu seru jika dibayangkan. Walaupun generasi kini tak sempat mencicipi pesona aura rock star yang kerap dia tampilkan di muka panggung. Lewat kolekso video lawas yang berserakan di internet, kita sudah dibuatnya merinding tak karuan menyaksikan aksi liarnya di atas panggung. Salah satu momen memorable terkeren yang pernah dilakukan Hendrix adalah ketika ia memetik senar enam gitar stratocaster miliknya menggunakan gigi di bagian solo gitar lagu “Hey Joe”, saat berlangsung konser ‘agung’ Monterey International Pop Music Festival 1967 silam. Crowd pun gempar dan memberi sorak tepuk tangan meriah seisi venue.

Yngwie Malmsteen

Solois berambut gondrong ini memang piawai ketika sedang unjuk gigi menyuguhkan skill gitar mumpuni di hadapan penonton. Memainkan genre musik klasik metal tentu tidak semudah dibayangkan. Rentetan kunci gitar yang begitu kompleks telah menjadi makanan utama sehari-hari oleh figur seorang Yngwie Malmsteen. Di sela-sela konsernya Malmstein terlihat sering ‘iseng’ dengan instrumen kesayangannya itu. Saat dilanda kejenuhan menghadapi berbagai kunci rumit, Malmstein dengan cool-nya melakukan aksi putar gitar di pundaknya melalui strap gitar sebagai tumpuan. Aksi menawan ini mengundang decak kagum dari audiens. Gaya unik bermain gitarnya ini banyak pula diikuti oleh band-band emo hingga punk ternama generasi kini.

Angus Young

Jika ada yang menyebut AC/DC, maka kami yakin spontan kalian bakal terlintas sosok nyentrik Angus Young. Gitaris handal ini seringkali dianggap sebagai nyawa dari unit hard rock catchy kebanggaan benua kangguru.  Young terkenal dengan aksi liar layaknya orang kesurupan di panggung namun tetap menghibur. Saat berada di atas stage, ia tampil begitu buas membuat para penonton terpukau serta turut ikut terbakar oleh kobaran semangatnya. Mulai dari jejingkrakan, berlarian hingga berguling tanpa kontrol di lantai panggung, ia lakukan demi memuaskan hasrat audiens. Dirinya juga mengadopsi gerakan “Duckwalk” milik Chuck Berry tapi dengan gaya pembawaan yang serupa tapi tak sama.

Stevie Ray Vaughan           

Siapa yang tak kenal dengan figur sentral blues rock satu ini? Sempat terjadi pasang surut di kehidupan para musisi blues saat itu. Blues tergeser oleh kedigdayaan musik rock keras yang dimainkan kelompok gahar seperti Led Zeppelin, Black Sabbath dan Deep Purple di awal era 70’an. Melalui SRV, seolah dialah pembuka kunci keramat bagi musisi blues yang tersegel oleh persaingan ketat industri musik. Walau telah meninggal lama, namun ia dikenal dengan permainan gitar yang begitu menjiwai. Salah satu aksi unik yang kerap SRV tampilkan di panggung adalah ketika ia memainkan stratocaster andalannya ke bagian belakang tubuhnya sembari bernyanyi. Selain itu dia menempatkan pula gitarnya di belakang kepala sambil memetik gitar dengan keren. Hal ini menunjukkan skill gitar mumpuni dimiliki Stevie Ray Vaughan.

 

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
4355 views
superbuzz
4865 views
superbuzz
3884 views
superbuzz
4054 views
superbuzz
5635 views