7 Lady Rocker Dunia yang Mengguncang Industri Musik Dari Zaman ke Zaman

7 Lady Rocker Dunia yang Mengguncang Industri Musik Dari Zaman ke Zaman

  • By:
  • Rabu, 27 January 2021
  • 279 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Sejarah musik rock di dunia memang lebih dikenal sebagai sebuah genre yang didominasi oleh pria. Namun kehadiran musisi perempuan di tengah dominasi tersebut membawa sebuah gerakan baru yang dikenal dengan kelahiran lady rocker di dunia yang cukup fenomenal. Hingga zaman modern seperti sekarang ini, keberadaan lady rocker dunia di industri musik seakan tidak pernah berhenti beregenerasi. Bahkan, bisa dibilang di setiap generasi dan perkembangan genre, masing-masing memiliki perwakilan lady rocker dunianya sendiri.

Keberadaan lady rocker dunia di industri musik ini tidak hanya sekadar jadi sebuah cara untuk mempromosikan musik rock yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Mereka yang mendapatkan status sebagai lady rocker dunia tidak hanya memiliki kualitas musikalitas yang bagus namun juga kariernya dihiasi oleh berbagai macam penghargaan bertaraf dunia. Selain soal karier dan penghargaan, lady rocker dunia juga punya pengaruh dalam dunia fashion yang berkembang pesat hingga saat ini.

Mendapatkan status sebagai lady rocker dunia bukanlah hal yang mudah, karena label tersebut akan melekat selama hidup sang musisi. Meskipun banyak kriteria yang membuat status lady rocker dunia ini jadi rebutan, namun semuanya kembali lagi kepada karya yang dibuat oleh para musisi perempuan tersebut. Apakah karya tersebut mampu mewakili isi hati dan pandangan dari para penggemarnya atau hanya sekadar ingin cari tenar belaka? Berikut adalah daftar musisi perempuan yang mendapatkan status sebagai lady rocker dunia bagi para penikmat musik internasional.

Debbie Harry merupakan salah satu sosok penting dalam pergerakan dan perkembangan skena punk rock di Amerika Serikat pada era new wave. Di kala musik-musik mulai diolah secara sintetis melalui instrumen elektronik, lady rocker dunia satu ini bersama grup musiknya tetap bertahan mempopulerkan musik-musik punk rock. Perkembangan yang terjadi tidak membuat gentar Debbie Harry sebagai lady rocker dunia di era 1970-an hingga 1980-an. Melihat perkembangan musik pop yang pesat, salah satu lady rocker dunia ini malah mengadopsi beberapa elemen ke dalam musiknya bersama Blondie. Alhasil, Debbie Harry berhasil meramu musik punk rock yang ringan dan terdengar catchy pada zamannya. Maka tidak salah jika Debbie Harry mendapatkan predikat sebagai salah satu lady rocker dunia di generasinya. 

  1. Debbie Harry - Blondie

  2. Joan Jett

    Memulai karier bersama band rock yang semua anggotanya adalah perempuan, The Runaways, Joan Jett merupakan lady rocker dunia di skena hard rock di tahun 1970-an. Karier musik dari salah satu lady rocker dunia dimulai dengan keberhasilannya membawa The Runaways sebagai salah satu all female band yang berhasil mendapatkan sorotan publik yang besar. Keberhasilan Joan Jett bersama The Runaways membuka jalan bagi band rock dengan personel perempuan untuk dapat melangkah lebih jauh di industri musik sekaligus juga berhasil menambah wawasan kepada penikmat musik tentang keberadaan all female band. Meskipun berhasil membuka jalan bagi musisi perempuan lainnya, lady rocker satu ini tidak berhasil mempertahankan The Runaways setelah 4 tahun bergabung bersama. Namun, Joan Jett tidak patah semangat. Sebagai salah satu lady rocker di dunia, Joan Jett segera membuat proyek musik bernama Joan Jett and The Blackhearts dan berhasil melahirkan sebuah anthem berjudul I Love Rock n Roll yang hingga saat ini masih mendunia.

  3. Hayley Williams - Paramore

    Di awal tahun 2000-an, keberadaan band dengan anggota perempuan bukanlah sesuatu hal yang asing lagi. Untuk berhasil menembus lapisan tebal di dalam skena musik rock, tentu saja Paramore membutuhkan penampilan yang beda daripada lainnya. Hayley Williams sebagai frontwoman di dalam tubuh Paramore membawa band punk rock tersebut dengan penampilannya yang mencolok. Dengan rambut panjang berwarna merah serta mikrofon warna-warni. Salah satu trik yang dihadirkan oleh sang vokalis tersebut berhasil membuat Paramore jadi band papan atas sesaat terbentuk. Sudut pandang dan pendekatan kreatif membuat Hayley Williams mendapatkan predikat sebagai salah satu lady rocker dunia di generasinya. Di luar Paramore, salah satu lady rocker dunia di zaman modern ini juga cukup memiliki karier solo yang berhasil, terbukti dengan lahirnya album Petals For Armor di tahun 2020.

  4. Gwen Stefani - No Doubt

    Sebelum dikenal sebagai salah satu ratu di musik R&B internasional, nama Gwen Stefani lebih dulu dikenal sebagai seorang pentolan untuk band ska punk, No Doubt. Band yang digawangi oleh Gwen Stefani tersebut kerap tampil di berbagai festival musik skena punk dan punk rock juga jadi salah satu influence di dalam musik-musik yang dibawakan oleh No Doubt. Keberhasilannya membawa No Doubt sebagai salah satu band ska punk yang dapat diterima oleh audiens mainstream, membuat predikat lady rocker dunia pun lekat pada dirinya. Selain musikalitasnya yang seakan tidak memiliki batasan apapun, Gwen Stefani juga dikenal memiliki pengaruh yang besar dalam dunia fashion. Lady rocker dunia satu ini mampu menggabungkan musik rock, punk, ska, dan R&B ke dalam arahan kreatif untuk lini fashion dunia kelas atas. 

  5. Dolores O’Riordan - The Cranberries

    Berbicara mengenai lady rocker dunia, tentu saja tidak bisa melewatkan nama mendiang Dolores O’Riordan dari The Cranberries di dalam daftar ini. Bersama band tersebut, lady rocker dunia asal Irlandia ini berhasil jadi salah satu band terpopuler di era 1990-an. Setiap single yang digarap oleh sang lady rocker dunia bersama bandnya ini berhasil menjadi hits yang sampai saat ini masih cukup punya penggemar setia, sebut saja lagu-lagu seperti Zombie dan Ode To My Family masih bertengger dengan kuat di chart 100 lagu terbaik sepanjang masa hingga versi tahun 2020 kembali dirilis. 

  6. PJ Harvey

    Kegigihan usaha Polly Jean Harvey atau yang lebih dikenal dengan PJ Harvey mempopulerkan musik avant garde di akhir tahun 1980-an hingga awal tahun 2000-an, membuat sang musisi perempuan ini pantas mendapatkan titel sebagai salah satu lady rocker dunia di generasi tersebut. Kontribusinya di bidang musik bahkan membawa lady rocker dunia asal Inggris ini mendapatkan gelar Member of the Most Excellent Order of the British Empire (MBE) dari kerajaan Inggris. Karya-karyanya seperti Stories from the City, Stories from the Sea (2000) and Let England Shake (2011) juga berhasil mendapatkan penghargaan Mercury Awards. Karya-karya tersebut juga berhasil mendapatkan tempat sebagai album terbaik sepanjang masa di berbagai media musik internasional.

  7. Janis Joplin

    Memulai karier di tahun 1960-an, kehadiran Janis Joplin dianggap sebagai lady rocker dunia pertama kali berkat karya-karyanya yang berhasil dikenal oleh banyak kalangan musik rock yang kala itu didominasi oleh pria. Bahkan, salah satu lady rocker dunia tersebut dianggap sebagai satu-satunya musisi perempuan yang paling sukses berkarier di eranya. Karakteristik suara mezzo-soprano dan aksi panggungnya yang unik menjadi daya tarik utama dari salah satu lady rocker dunia tersebut.

0 COMMENTS