7 Lagu Keras Barat dan Lokal Paling Enak Didengar

7 Lagu Keras Barat dan Lokal Paling Enak Didengar

  • By:
  • Jumat, 15 January 2021
  • 879 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Lagu keras sering diartikan sebagai bagian dari mereka-mereka yang bergerak di genre musik rock hingga metal. Namun, musik rock sendiri bukanlah sebuah genre yang simpel, memiliki banyak sekali subgenre, saling bersilang dan melahirkan genre-genre baru yang—hingga sekarang—masih terus berkembang dan berevolusi. Musik rock juga sangat identik dengan lagu keras.

Hal ini disebabkan karena musik, seperti halnya musik rock dan metal, merupakan sebuah kultur; dan kultur akan terus berubah dan bersilang seiring berjalannya kehidupan manusia yang mendorong perkembangan zaman.

Hingga sekarang, tentu sudah banyak sekali musisi dan band rock serta metal yang telah menyajikan karya-karya yang monumental—beberapa bahkan ada yang evolusioner. Kali ini Supermusic akan membahas tentang 7 lagu keras terbaik. Coba simak, adakah lagu favorit kalian yang masuk?

  • Lagu Keras- AC/DC "Highway to Hell"

    Lagu keras pertama berasal dari band AC/DC. AC/DC merupakan sebuah band rock dari tanah Australia yang dibentuk pada tahun 1973 oleh Young bersaudara. Young mengemban tugas memimpin alunan gitar sebagai gitaris utama, sedangkan saudaranya, Malcolm, menjadi gitaris irama. Ada juga Bon Scott yang ditunjuk sebagai vokalis yang memiliki suara serak yang spektakuler, tapi naasnya ia meninggal karena keracunan alkohol sehingga hadirlah Brian Johnson menggantikan Scott. Keduanya memiliki suara gaya suara yang mirip. AC/DC telah berhasil menjual 200 juta keping rekaman dan menjadikannya salah satu band rock paling sukses di dunia.

    Sebagai trek pertama pada album yang mengusung nama yang sama, “Highway to Hell” merupakan sebuah lagu yang menggaris bawahi dominasi musik rock AC/DC. Album ini merupakan album yang berhasil menembus pasar dan mengangkat nama AC/DC sebagai band rock papan atas. Lagu antemik ini berhasil menjadi salah satu lagu hard rock paling tersohor di dunia. Berbekal chorus yang catchy, musik yang menghentak, dan lirik yang mengajak bernyanyi bersama; lagu ini merupakan lagu yang penting dalam sejarah musik rock.

  • Lagu Keras- Black Sabbath "Paranoid"

    Moyang dari segala yang metal, Black Sabbath, merupakan sebuah band rock/heavy metal dari Britania Raya masuk ke dalam band pemilik lagu keras terbaik. Digawangi oleh Ozzy Osbourne, Tony Iommi, Geezer Butler, dan Bill Ward; Black Sabbath merupakan grup musik yang sangat berpengaruh pada tumbuh kembangnya musik rock. Mereka menjadi pionir dalam musik rock dan membuka jalan bagi aliran musik metal serta berbagai sub-genre lainnya.

    “Paranoid” merupakan sebuah single perdana Black Sabbath dan menjadi lagu keras yang kami pilih. Hadir enam bulan setelah merilis album pertamanya, “Paranoid” menyuguhkan riff gitar yang sangar, dan membukakan telinga para pecinta musik rock kala itu kepada sebuah suara yang baru, segar dan seram. Trek fenomenal ini berhasil mengamankan tempatnya dalam daftar “500 Lagu yang Membentuk Rock’n’Roll” oleh Rock’n’Roll Hall of Fame.

  • Lagu Keras- Metallica "Master of Puppets

    Daftar lagu keras selanjutnya berasal dari unit veteran metal Amerika Serikat, Metallica, dengan salah satu tembang terpopuler mereka berjudul Master of Puppets. Lagu keras ini menunjukkan rhythm dan berpedoman utama kepada riff gitar yang berat adalah salah satu ciri khas dari Metallica.

    Salah satu lagu keras terbaik Metallica, “Master of Puppets” tak hanya menginspirasi dan memberi pengaruh terhadap banyak band heavy metal di dekade 80an dan 90an, pengaruh yang ditimbulkan jauh lebih besar dan luas daripada itu.

    Pengaruh mereka berhasil menyentuh banyak musisi dari berbagai spektrum tentang bagaimana menulis lagu dengan attitude. Kontribusi yang besar terhadap perkembangan musik secara luas membuat album Master of Puppets menjadi album metal pertama yang dijadikan bagian dari koleksi perpustakaan National Recording Registry.

  • Lagu Keras- Slayer "Black Magic"

    Laug keras berikutnya hadir dari unit veteran metal Slayer dengan tembang andalannya berjudul Black Magic. Sudah bukan rahasia jika Slayer punya kecepatan dan intensitas bermusik yang luar biasa. Tak hanya memiliki musik yang intensif, lirik yang mereka tulis pun memiliki kadar yang sama, tak pernah jauh dari kata kontroversial dengan fokus pada kritik terhadap masyarakat dan agama.

    Lagu keras “Black Magic” adalah salah satu lagu keras yang menjadi fondasi musik Slayer selanjutnya. Tak hanya membidani musik Slayer, lagu ini dianggap punya pengaruh luas terhadap perkembangan sub genre speed metal. Saat lagu ini dirilis bersama album Show No Mercy, belum ada band yang memainkan musik metal dengan cara yang Slayer lakukan.

  • Lagu Keras- God Bless "Kehidupan"

    Daftar lagu keras berikutnya datang dari unit veteran rock asal Indonesia, God Bless, dengan salah satu hitsnya berjudul Kehidupan. Lagu ini termasuk ke dalam album God Bless bertajuk Semut Hitam yang dirilis pada 1988.

    Lagu ini sekaligus menjadi tanda kembalinya God Bless setelah terakhir kali merilis album Cermin pada 1980. Komposisi musik di lagu keras ini terasa sangat seimbang dari setiap personelnya yang bikin lagu ini sebagai tembang terpopuler God Bless sepanjang masa.

  • Lagu Keras- Burgerkill "Superficial"

    Daftar lagu keras berikutnya kembali diisi oleh band metal Tanah Air, Burgerkill, dengan judul Superficial. Lagu ini masuk ke dalam album studio kelima Burgerkill bertajuk Adamantine yang dirilis pada April 2018.

  • Lagu Keras- Seringai "Selamanya"

    Seringai masuk ke dalam pemilik lagu keras pilihan kami dengan salah satu hitsnya berjudul Selamanya. Lagu keras ini masuk ke dalam album termutakhir Seringai bertajuk Seperti Api yang dirilis pada 2018 silam.

0 COMMENTS