7 Lagu Rock 2000an dari Indonesia Ini Berhasil Tetap Populer dan Diminati Hingga Sekarang

7 Lagu Rock 2000an Indonesia Ini Tetap Populer dan Diminati

  • By:
  • Rabu, 13 January 2021
  • 1867 Views
  • 0 Likes
  • 1 Shares

Tahun 2000 hingga 2010 merupakan satu masa yang cukup menggembirakan untuk industri musik di Tanah Air. Pasalnya, pada dekade tersebut, banyak sekali musisi dari berbagai genre, mulai dari rock, pop, hip hop, bahkan dangdut berhasil melahirkan hits yang mampu bertahan dan seakan tidak pernah habis dimakan oleh waktu. Untuk genre rock sendiri, cukup banyak lagu rock 2000an dari musisi lokal yang hingga saat ini karyanya masih dinikmati oleh berbagai macam generasi. 

Lagu rock 2000an yang diproduksi oleh musisi lokal ini mampu teramplifikasi secara baik berkat peran berbagai macam media saat masa perilisannya. Kala itu, stasiun televisi kerap berlomba untuk menarik perhatian audiens dengan rentang umur yang lebih muda, sehingga sering kali memproduksi acara televisi yang memutar lagu rock 2000an kala itu. Siaran radio juga punya peran penting dalam popularitas lagu rock 2000an. Hingga saat ini, banyak stasiun radio yang masih memutar lagu rock 2000an yang sempat jadi hits demi mengajak para pendengarnya bernostalgia atau jadi referensi baru bagi pendengar untuk usia yang lebih muda saat ini.

Sekarang, peran layanan streaming musik dan situs-situs video hosting jadi alternatif untuk tetap menjaga lagu rock 2000an tetap evergreen. Hal tersebut terbukti dengan terus bertambahnya angka putar dari banyaknya lagu rock 2000an di dua platform tersebut. Berikut adalah daftar lagu rock 2000an yang masih memegang predikat hits hingga saat ini.

  1. Dan - Sheila On 7

    Sheila On 7 merupakan salah satu band rock Indonesia yang kerap kali mendapatkan predikat sebagai hitmaker di era 2000an. Salah satu lagu rock 2000an yang mereka garap dan masih tetap diputar baik oleh para pendengar setia atau kalangan yang lebih muda adalah Dan. Di Spotify sendiri, salah satu lagu rock 2000an ini berhasil mencapai angka putar sebanyak lebih dari 65 juta. Hal tersebut membuktikan bahwa lagu rock 2000an hasil karangan Sheila On 7 ini memang tidak lekang oleh waktu dan selalu berhasil dinikmati kapanpun.

  2. Sorry - NTRL

    NTRL merupakan salah satu nama dari genre punk rock yang berhasil mencapai kesuksesan mainstream. Pencapaian tersebut salah satunya bisa mereka raih melalui single berjudul Sorry. Sebagai salah satu lagu rock 2000an, Sorry merupakan sebuah single yang NTRL rilis yang diambil dari album Putih di tahun 2005. Merujuk ke dalam daftar Spotify, lagu rock 2000an satu ini menempati posisi teratas di dalam profilnya dengan angka putar sebanyak lebih dari 800 ribu. Lagu Sorry juga kembali NTRL rilis ulang untuk masuk ke dalam album XXV yang dirilis pada tahun 2018.

  3. Satu - Superglad

    Pertama kali rilis di tahun 2006 sebagai lagu untuk memperingati hari AIDS sedunia, lagu rock 2000an berjudul Satu yang dirilis oleh Superglad ini berhasil membawa nama band punk rock asal Jakarta tersebut mendapatkan pencapaian komersial dan jadi awal nama mereka didengar oleh audiens yang lebih luas. Lagu rock 2000an dari Superglad ini awalnya ditulis sebagai sebuah dedikasi bentuk solidaritas terhadap teman-teman terdekat mereka yang mengidap AIDS. Kebetulan, di tahun yang sama, MTV kala itu sedang mencari kandidat lagu untuk inisiasi Staying Alive dan lagu rock 2000an karya Superglad tersebut berhasil jadi single utama untuk event tersebut. Di tahun 2020, Superglad kembali merilis ulang lagu Satu untuk menggalang dana demi membantu masyarakat Indonesia yang terkena dampak dari pandemi Covid-19.

  4. Menghapus Jejakmu - Peterpan 

    Nama Peterpan juga merupakan salah satu band rock yang masuk ke dalam kategori hitmaker di era 2000an sebelum akhirnya mereka mengganti nama menjadi Noah. salah satu lagu rock 2000an yang mereka rilis dan masih digemari hingga saat ini adalah Menghapus Jejakmu. Lagu ini hadir dengan komposisi musik yang menarik serta visual yang ikonis, berkat akting Ariel dan Dian Sastrowardoyo. Dalam profil Spotify Peterpan, Menghapus Jejakmu merupakan salah satu lagu rock 2000an milik mereka yang cukup populer dengan memiliki jumlah putar sebanyak lebih dari 26 juta kali. 

  5. Risalah Hati - Dewa 19

    Setiap karya yang lahir dari Dewa 19 sudah hampir dipastikan akan mendapatkan predikat hits dan sulit untuk termakan oleh zaman. Lagu Kangen contohnya. Lagu bernuansa ballad rock ini berhasil jadi salah satu lagu rock 2000an yang masih populer hingga saat ini. Terbukti, lagu rock 2000an ini berhasil diputar sebanyak lebih dari 54 juta kali di Spotify. Tidak hanya itu, lagu rock 2000an ini juga kerap kali dianggap sebagai anthem wajib saat berkaraoke, baik dalam format karaoke konvensional atau live karaoke di bar.

  6. Ingin Hilang Ingatan - Rocket Rockers

    Berada di ranah musik independen tidak membuat Rocket Rockers sulit untuk mendapatkan hati para penikmat musik Indonesia. Hal tersebut berhasil mereka raih melalui lagu Ingin Hilang Ingatan. Rilis sebagai bagian album berjudul Better Season di tahun 2008, lagu rock 2000an ini berhasil diputar sebanyak 11 juta kali oleh para penikmat musik Tanah Air. Selain itu, lagu rock 2000an karya Rocket Rockers ini juga kerap kali jadi andalan untuk dinyanyikan bersama teman-teman dalam rangka karaoke bersama.

  7. Kasih Tak Sampai - Padi

    Di era 2000an, Padi merupakan salah satu powerhouse di industri musik Tanah Air. Lagu-lagu yang mereka rilis pun kerap kali berhasil menjadi hits dan populer di berbagai kalangan. Salah satunya adalah Kasih Tak Sampai. Hingga saat ini, salah satu lagu rock 2000an ini berhasil diputar sebanyak 21 juta kali. Kasih Tak Sampai merupakan salah satu lagu rock 2000an karya Padi yang jadi salah satu nomor untuk album Sesuatu Yang Tertunda, rilisan tahun 2001.

0 COMMENTS