7 Musik Indonesia Rilisan 2021 yang Cocok Masuk Playlist

7 Musik Indonesia Rilisan 2021 yang Cocok Masuk Playlist

  • By:
  • Rabu, 24 March 2021
  • 296 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Tahun 2021 memang baru berjalan tiga bulan, namun sudah banyak musik Indonesia yang dirilis oleh para musisi hingga band-band Tanah Air. Ini menandakan bangkitnya geliat industri musik sejak pandemi COVID-19 yang menghantam sejak tahun 2020.

Musik Indonesia yang dirilis selama bulan Januari hingga Februari tahun ini pun berasal dari berbagai genre. Kondisi ini menunjukkan bahwa musik Indonesia mulai kembali bergerak setelah mengalami fase sulit selama satu tahun ke belakang.

Nah, berikut Supermusic sudah merangkum musik Indonesia terbaik dari musisi-musisi Tanah Air buat Superfreinds. Simak daftarnya di bawah ini, apa ada musisi favorit lo?

1. Musik Indonesia: "All The Way", Mocca

Daftar musik Indonesia yang rilis pada 2021 pertama adalah tembang milik Mocca berjudul All The Way. Rilis pada Januari lalu, musik Indonesia yang berirama riang ini lekat dengan nuansa anime Jepang. Meski awalnya Toma Pratama (bass) yang menciptakan nadanya, tidak memiliki niat untuk memasukkan unsur tersebut.

Lirik bahasa Inggris diciptakan oleh Arina (vokal) dalam waktu satu jam saja. Sementara untuk versi Jepang dari musik Indonesia ini dibantu oleh Hiroaki Kato. All the Way versi bahasa Jepang akan beredar secara eksklusif dalam format digital di Jepang, Taiwan, dan Korea Selatan.

2. Musik Indonesia: "KRNY" Rocket Rockers ft Kuburan

Musik Indonesia berikutnya hadir dari kolaborasi dua band lintas genre, Rocket Rockers dan Kuburan. Dua band ini merilis lagu kolaborasi yang bercerita tentang keseharian di kala pandemi dalam judul KRNY.

Musik Indonesia yang dirilis pada Januari 2021 ini disebut spontan, dadakan. Lagu “KRNY” dibuat oleh Aska, vokalis Rocket Rockers. Setelah merekam demonya dan didengar, Aska yang saat itu bertemu dengan Kuburan langsung tercetus untuk berkolaborasi.

Menurut Aska, apa yang dilakukan oleh Rocket Rockers kali ini dengan berkolaborasi bersama Kuburan, punya tujuan lain. Rocket Rockers disebut sedang gencar melakukan berbagai hal baru termasuk di antaranya mencari regenerasi dan kolaborasi dengan musisi lain.

3. Musik Indonesia: "Standing Tall" Adhitia Sofyan

Pilihan musik Indonesia selanjutnya adalah tembang terbaru milik Adhitia Sofyan berjudul Standing Tall. Lagu ini dibuat berdasarkan proyeknya yang bertajuk Songs From Your Stories.

Ya, Adhitia Sofyan memiliki proyek penggarapan lagu berdasarkan cerita pendengarnya. Musik Indonesia itu masuk ke dalam segmen 'Songs from Your Stories', dan salah satu cerita pendengarnya telah tersaji melalui single 'Little Sister' yang rilis pada awal Agustus.

Musik Indonesia dari Adhitia Sofyan, Standing Tall, menjadi lagu ketiga tentang gadis kecil bernama Gaby yang harus kehilangan ayah tercintanya akibat kecelakaan lalu lintas.

4. Musik Indonesia: "Avignam Jagat Samagram" Vox Mortis

Musik Indonesia berikutnya hadir dari band death metal, Vox Mortis. Kuintet yang terdiri dari vokalis Doni Herdaru Tona, drummer Achmad Mustaid, bassist Donirro Hayashi, gitaris Rsharsh dan Suakarya TGN ini menyerukan kelestarian bumi dan lingkungan hidup melalui album debut Avignam Jagat Samagram alias 'Semoga selamatlah alam semesta'.

Musik Indonesia dari Vox Mortis yang bertemakan kelestarian alam dan hewan bukan kali ini saja diberikan. Pada Desember 2020, Vox Mortis sudah merilis dua single untuk menunjukkan kepedulian mereka akan lingkungan serta hewan liar berjudul Primata Durjana dan Forever No To Dog Meat.

5. Musik Indonesia: "Serta Mulia" Sal Priadi

Sal Priadi masuk ke dalam daftar musik Indonesia pilihan berikutnya. Melalui single terbarunya berjudul Serta Mulia. Lewat musik Indonesia ini, Sal Priadi mengisahkan perayaan atas hubungan yang terinspirasi dari pengalaman pribadinya.

Sal Priadi melakukan pendekatan berbeda di lagu ke-3 dalam album mini Kumpulan Lagu Cinta #1 tersebut. Kali ini dia mencoba menulis lirik yang lugas. Lagu ini diawali dengan suara Sal yang hanya diiringi gitar akustik, sebelum menciptakan suasana riang dengan suara perkusi meriah. 

6. Musik Indonesia: "Dunia Batas" Pusakata

Mohammad Istiqamah Djamad yang menggunakan nama panggung Pusakata juga memiliki musik Indonesia yang wajib kalian dengar di tahun 2021. Melalui single yang dirilis pada Januari lalu berjudul Dunia Batas, Pusakata melanjutkan perjalanan album Mesin Wakti 2020.

Musik Indonesia berupa Dunia Batas menjadi lagu kedua dari album tersebut. Musisi yang sering disapa Mas Is itu menuturkan Dunia Batas adalah lagu terindah yang pernah dia buat.

"Saya harap dengan dirilisnya lagu ‘Dunia Batas’ ini, para pendengar mampu menemukan harapan mereka masing-masing seperti saya yang juga telah dituntut untuk berjalan ke pada suatu harapan," katanya.

7. Musik Indonesia: "Jakarta Hari Ini" For Revenge ft Stereowall

Musik Indonesia yang wajib lo dengarkan berikutnya adalah hasil kolaborasi dari For Revenge dan Stereowall. Keselarasan dalam karakter musik yang dimiliki menjadi salah satu faktor lahirnya karya kolaborasi ini.

Keselarasan lainnya juga ditemukan dari karakteristik vokal kedua pentulan band tersebut. Boniex, vokalis For Revenge memang dikenal memiliki karakteristik vokal high pitch. Karakteristik vokal tersebut dianggap cocok untuk dipadukan dengan kualitas vokal yang dimiliki oleh Tita yang ada di dalam tubuh Stereowall. 

 

Image Source: Instagram/Vox Mortis

0 COMMENTS