Most Anticipated Album: 7 Rilisan Paling Diburu Tahun Ini!

  • By: OGP
  • Selasa, 10 January 2017
  • 3377 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Buat sebagian orang tahun 2016 mungkin terlalu berat untuk dilewati, namun tidak dengan industri musik. Karena banyak sekali rilisan keren dari para musisi pendatang baru yang terus bermunculan menawarkan sound inovatif. Memasuki kuartal satu tahun 2017, sepertinya giliran para musisi senior kembali coba memamerkan taring mereka dengan berbagai materi musik baru. Banyak unit band yang sempat vakum dan melakukan hibernasi musik, memutuskan untuk kembali produktif berkarya. Keputusan para band ikonik untuk turut meramaikan ingar-bingar panasnya persaingan di blantika musik di tahun ayam api ini.

Makanya, jangan kaget jika kita menemukan beberapa nama band besar yang sudah lama hilang dari peredaran kembali berencana mengeluarkan album baru tahun ini. Kira-kira dari 7 rilisan berikut, mana yang paling kamu tunggu?

 

Kreator (Gods of Violence)

Meski semakin banyak band metal muda potensial bermunculan, tapi kenyataan ini tidak membuat langkah unit veteran Kreator berhenti berkarya. Kelompok thrash metal legendaris asal negeri Jerman ini tengah tengah bersiap untuk menelurkan opus ke-14 mereka yang diberi titel Gods of Violence. Mereka tetap menggunakan formula yang sama dalam meracik materi-materi di LP terbarunya. Nuansa klasik ala thrash metal era 80’s yang kentara mendominasi muatan seisi album dengan video klip “Satan Is Real” yang dilepas sebagai single pancingan. Gods of Violence bakal dirilis resmi pada 27 Januari mendatang. Bisa jadi Kreator menjadi pemicu utama band-band thrash metal klasik untuk kembali bangkit dari tidur panjang sekian menahun.

 

Marilyn Manson (SAY10) 

Unit band kontroversial yang dikomandoi otak dalang bernama Brian Hugh Warner bersiap menebar teror ancaman di tahun 2017. Namun bukan lewat tindakan kriminal, melainkan lewat album bertajuk SAY10. Di sini Warner seolah ingin menunjukkan taringnya sebagai figur sentral di lanskap rock modern. Pria eksentrik ini pernah menyebut bahwa materi-materinya di SAY10 penuh ‘kekerasan’ layaknya album fenomenal terdahulu Antichrist Superstar. Rencanannya LP bakal dilepas bertepatan dengan perayaan Valentine sedunia yang jatuh pada tanggal 14 Februari. Patut dinantikan kejutan penuh kengerian Marilyn Manson di hari kasih sayang.

 

Depeche Mode (Spirit)

Setelah vakum memproduksi album sejak merilis album Delta Machine tahun 2013 silam, unit electronic rock Depeche Mode kembali produktif dengan siap merilis rangkaian album Spirit yang bakal resmi dilepas musim semi mendatang. Trio gaek Dave Gahan – Martin Gore – Andy Fletcher ini tetap konsisten menjaga tradisi persilangan antara musik elektronik dan rock masif. Di penghujung tahun lalu, unit asal tanah Britania Raya itu lebih dulu mengunggah sebuah teaser album baru. Tampak konsep futuristik ala era 80’s mendominasi tema secara keseluruhan materi klip, layaknya film sci-fi yang dijejali musik elektronik agresif yang terkesan gelap.

 

The Jesus and Mary Chain (Damage and Joy)

17 Tahun merupakan rentang waktu yang lama bagi sebuah band untuk kembali berkarya. Setelah terakhir melepas album Munki yang dirilis pada tahun 1998 lalu, JAMC kini membuktikan bahwa pasukannya belum sepenuhnya habis ditelan zaman. Unit yang digawangi oleh duo Reid bersaudara ini tengah disibukkan dengan persiapan agenda pelepasan album teranyar mereka yang berjudul Damage and Joy. LP akan dirilis resmi pada tanggal 24 Maret 2017 mendatang. Sebelumnya Reid telah mengunggah single “Amputation” di dunia maya. Berbagai respons positif pun diterima dari para kalangan penggila musik. JAMC seolah membuktikan mereka masih cukup bernyali dalam menghadapi ketatnya persaingan musik di era milenial kini. Lewat Damage and Joy, unit JAMC bakal membuktikan kapasitas mereka sebagai salah satu band penting dalam sejarah rock alternatif dunia.

 

Prophets of the Rage (TBA)

Apa jadinya jika grup rock kontroversial Rage Against The Machine dibaur satu bersama duo grup hip hop legendaris Public Enemy dan Cypress Hill? Maka jawabannya jadilah supergrup raksasa bernama Prophets of the Rage. Delegasi dari RATM diwakilkan oleh Tom Morello, Tim Commerford dan Brad Wilk. Dari kubu Public Enemy, Chuck D dan DJ Lord jadi duta spesial. Disisi lain B-Real menjadi wali agung dari Cypress Hill. Semua penggila musik tentu sepakat bila Prophets of the Rage merupakan salah satu performer ‘sayap kiri’ yang paling ditunggu aksinya. Walau dinantikan oleh berbagai kalangan musisi dan para fans, belum ada jadwal resmi kapan Prophets of the Rage bakal merilis album secara ofisial. Tapi Morello pernah berujar, bahwa dirinya telah menyiapkan kejutan berupa debut album supergrup mereka di tahun 2017. So, patut ditunggu gebrakan dari unit Prophets of the Rage.

 

Soundgarden (TBA)

Mungkin sebagian awam beranggapan bahwa belakangan ini skena grunge mulai tenggelam. Terseret masuk ke dalam ketatnya arus industri musik masa kini, banyak yang menyatakan kalau grunge di zaman sekarang tidaklah seheboh di masa silam. Kejayaan Seattle sound sendiri bermula di periode awal tahun 90’an, seperti Pearl Jam, Soundgarden hingga Nirvana bahu membahu menaikkan pamor grunge di mata dunia. Tapi tenang, sang penyelamat grunge kembali hadir di tahun 2017 ini. Menurut Kim Thayil, gitaris Soundgarden, ia dan koleganya mengaku telah menyelesaikan proses penulisan lagu. Tinggal menuju sesi aransemen dan rekaman studio rampung. Walau belum ada judul dan tanggal resmi perilisan, tersiar kabar album teranyar Soundgarden akan dilepas pada penghujung 2017. Well, siapa bilangg Grunge mati?!

 

The Killers (TBA)

Tak hanya para band ikonik, unit The Killers juga tidak sabar untuk memeriahkan tahun 2017 ini dengan rilisan baru. Layaknya racikan track single dengan suguhan musik old fashioned namun terdengar modern, Brandon Flowers Cs mengabarkan kalau mereka akan melepas album baru setelah Battle Born yang rilis lima tahun lalu. Belum ada kabar tentang tanggal pasti rilisan album terbaru mereka, namun melihat tren rilis ‘album kejutan’ yang sudah dijalankan oleh banyak musisi, bukan tidak mungkin The Killers akan merilis album terbarunya dalam hitungan hari.

0 COMMENTS