7 Gaya Rambut Musisi

7 Tren Gaya Rambut di Dunia Musik

  • By: RS
  • Kamis, 17 October 2019
  • 424 Views
  • 4 Likes
  • 2 Shares

Rasanya tidak akan ada habisnya ketika membicarakan musisi idola. Mulai dari kehidupan musisi, gaya berpakaian bahkan rambut bisa menjadi bahan seru untuk dibicarakan. Dari tahun ke tahun gaya pada rambut yang berkembang dan terkenal di masyarakat berbeda-beda, tergantung band dan musisi mana yang sedang naik daun pada zaman itu.

Di tahun 60-an sampai 80-an, gaya skinhead adalah salah satu gaya rambut yang paling terkenal di Inggris. Jadi, para anak muda punk akan mencukur rambut mereka agar terlihat keren dan menggunakan pakaian jaket jeans dan dipadukan dengan boots, tidak lupa sambil mendengarkan musik ska Jamaika.

Gaya untuk rambut sudah menjadi bagian dari perubahan dari politik sosial yang terjadi pada budaya populer. Setiap gaya pada rambut mewakili waktu pada zamannya sendiri.

Berikut adalah tujuh gaya-gaya unik potongan rambut yang keren, yaitu:

The Beehive 

Satu gaya rambut yang sering diidentikan dengan kelompok perempuan di tahun 1960-an, sebenarnya ini adalah suatu anggapan yang dinilai agak berlebihan bagi beberapa orang. Musisi terkenal yang memiliki jenis gaya untuk rambut ini adalah The Supremes, The B-52s, dan Amy Winehouse.

Jenis gaya ini adalah ketika rambut dipanjangkan akan tetapi hanya ditumpuk di atas kepala saja, yang dibentuk kubah, layaknya sarang lebah dan umumnya sering dibuat miring ke belakang. Pencipta gaya The Beehive ini adalah Margaret Heldt yang telah meninggal pada tahun 2016 pada bulan Juni, di usia 98 tahun.

Dreadlock

Dreadlock adalah gaya yang identik dengan musisi aliran musik reggae, hip-hop, dan crust punk. Musisi yang terkenal dengan gaya rambut ini adalah Lil’ Wayne, Bob Marley, The Weeknd, dan Zack de la Rocha.

Pada budaya populer, rambut gimbal ini akan selamanya berafiliasi pada musik reggae dan juga gerakan Rastafari. Popularitas Bob Marley dan para musisi ternama reggae lainnya di tahun 1970-an dan tahun selanjutnya, membuat gaya gimbal ini menjadi sebuah kebanggaan bagi etnis pemeluk agama Rastafarian sebagai ibadah dan juga sebagai pernyataan mode terbaru identitas mereka.

The Mop Top

Jenis gaya The Mop Top atau dalam Bahasa Indonesia memang sedikit aneh yaitu “Pel Atas”. Musisi yang terkenal dengan rambut ini adalah The Who, Small Faces, Justin Bieber dan The Beatles.

Di awal pertengahan 1960-an gaya The Mop Top ini dinyatakan kontroversial dikarenakan dilarang oleh Kepala Sekolah John Weightman dari Surrey Grammar School di Guildford pada tahun 1963, padahal penampilan dengan rambut tersebut dinilai lucu dan tidak berbahaya bagi remaja yang mengikuti tampilan yang sering diidentikan dengan band The Beatles ini. Salah satu musisi yang mengikuti gaya ini adalah Justin Bieber ketika ia masih remaja.

Pompadour

Gaya rambut di atas memiliki sejarah-sejarah yang unik dalam perkembangannya, tidak kalah pula dengan gaya rambut pompadour ini, yang dengan nama panjangnya adalah  Madame de Pompadour, nyonya dari Raja Louis XV.

Karakteristik utama dari gaya ini adalah dengan memundurkan rambut dari dahi dan menjadi gulungan, gaya ini sangat mirip dengan gaya wanita pada zaman Madame de Pompadour yang lahir di tahun 1721 dan meninggal di tahun 1764. Di akhir abad ke 19 dan awal 20, sering dikaitkan dengan Gibson Girl.

Pada tahun 1950 an, gaya ini diadopsi oleh musisi rock ‘n roll dan bintang Country awal seperti Elvis dan Johnny Cash yang menjadi potongan vintage modis untuk pria dan wanita.

The Mohican/Mohawk

Salah satu jenis musik yang identik dengan gaya rambut ini adalah musik punk. Sedangkan, musisi yang terkenal dengan gaya tersebut adalah Mr. T, Johnny Rotten dan Travis Barker. Karakteristiknya adalah hampir sama dengan rambut gimbal dan skinhead, orang-orang sering menyebut gaya ini mohawk. Latar belakang dari gaya ini cukup menarik, karena kembali lagi kepada budaya dan adat dari asli Amerika. 

Di era tahun 70 sampai 80-an gaya Mohican atau punk ini sudah umum bagi masyarakat London, bahkan di Sloane Square di ujung Kings Road, tempatnya para punk dengan variasi gaya Mohican di pamerkan.

The Backcomb

Bisa dibilang perlu memerlukan teknik tertentu untuk membuat gaya rambut yang unik ini. Backcomb adalah perpaduan dari gaya sarang lebah (Beehive) dan rambut gimbal. Gaya ini diterima di tahun 1980-an dan penampilan gothic dari Robert Smith dengan gaya rambut ini adalah yang paling terkenal.

Di abad ke-21, jenis gaya ini masih terkenal dan Faris Rotter dan Joshua Third of The Horrors yang membawa gaya backcomb ini kembali terkenal dan bertahan. Di tahun 1980 an dengan tampilan dari  Noel Fielding memiliki tampilan dari gaya backcombed yang yang asli.

Skinhead

Bisa dikatakan ada dua gelombang munculnya gaya rambut ini yaitu di akhir tahun 1960-an dan akhir tahun 1970-an, yang secara alami sebenarnya berbeda. Di tahun 1960-an ini lebih bereaksi pada gaya hippie yang mencukur rambut mereka, dan disebut sebagai gelombang munculnya jenis gaya skinhead. Pada gelombang pertama ini, mereka terinspirasi dari kebanggan kelas pekerja dan dipercaya nilai-nilai kaum hippie sebagai kelas menengah, dan menjadi simbol dari kesukaan pada musik ska Jamaika dan musik rocksteady. 

Setelah itu, ternyata awal dari mode rambut ini hanya berumur pendek. Di tahun 1976, setelah keberhasilan dari kelompok Sex Pistols dan The Clash, muncul gelombang kedua gaya skinhead ini. Sama seperti gelombang pertama, gelombang kedua munculnya gaya ini dibangun dan muncul oleh kebanggaan dari kelas pekerja dan menjadi munculnya sebuah gerakan yang dihubungkan dengan politik dan akhirnya di tahun 1980-an menjadi lebih menonjol bahkan terkenal hingga hari ini.

Demikian beberapa gaya rambut yang terkenal dan berhubungan dengan gaya para musisi dan pastinya memiliki pengaruh pada identitas aliran musik yang dianut.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
73 views
superbuzz
38 views
superbuzz
35 views

5 Sutradara Video Klip Terkeren

superbuzz
148 views