sneakersxrapper

8 Kolaborasi Sneakers-Rapper Terkeren!

  • By: NND
  • Senin, 14 October 2019
  • 454 Views
  • 8 Likes
  • 5 Shares

Sneakers, sebagai sebuah fashion piece, adalah salah satu komponen yang stand-out. Tidak jarang, kita ingin melantangkan musik apa yang kita dengar dan siapa musisi yang kita gemari. Jujur saja, tentu ada pride tersendiri dalam mengibarkan musik kita sukai itu, bukan?—wearing what you hear. Bermuara dari sini, sneaker menjadi salah satu medium yang cukup relevan, selain t-shirt atau jaket, tentunya.

Meskipun ada faktor tren, dorongan sosial, atau lainnya; tapi sudah hampir bisa dipastikan bahwa pembeli sneaker edisi collab musisi, adalah seorang penggemar berat, sneakerhead, atau mungkin dia kelewat tajir.

Dalam daftar kali ini, SUPERMUSIC akan menyuguhkan beberapa kolaborasi sneakers dengan musisi hip-hop yang paling memorable dan cukup berkesan. Sebelum membaca, coba kuatkan hati dan hati-hati ngiler, ya. Kalau sudah siap, mari simak delapan sneakers yang keren-keren itu, di bawah ini:

***

1. Nike SB Dunk High x Wu-Tang Clan

Wu-Tang Clan adalah crew legendaris—begitu juga dengan kolaborasinya dengan Nike SB di tahun 1999. Kolaborasi ini resmi dirilis saat Nike SB sedang berada di puncak kejayaannya (dalam ranah fesyen alternatif); dan sekejap menjadi kelewat sensional. Colorway ikonik kuning-hitamnya mampu membuat semua sneakerhead dan pecinta hip-hop garis keras melotot ngidam.

Tidak hanya itu, kolaborasi ini dimendaratkan dalam sebuah kanvas yang sangat cocok: Nike SB Dunk High Top. Ketika SB Dunk High itu hadir dengan jubah Wu-Tang Clan—lengkap dengan logo “W” ikonik di mata kaki, tentulah semua akan melirik.

Sayangnya, mereka yang mampu memiliki sepatu ini hanya mereka yang benar-benar kaya melintir, atau ya, anggota dari Wu-Tang Clan. Mengapa? Karena sepatu ini hanya dirilis resmi 36 pasang. (Meski akhirnya sempat dirilis ulang di tahun 2015, harganya tetap sangat mahal!)

2. Adidas Originals x Donald Glover

Selain saat ini dikenal dengan seri Yeezy (yang jujur saja, tidak akan dibahas di artikel ini), Adidas Originals juga sempat berkolaborasi dengan rapper paling sensasional dekade 2010. Siapa lagi selain Donald Glover, A.K.A Childish Gambino? Pria multitalenta ini (musisi, sutradara, aktor, dan masih banyak lagi) sempat merilis tiga buah sepatu edisi ekslusif yang tentunya tidak kalah keren dengan Yeezy!

Seri berjudul Donald Glover Presents ini memuat tiga buah sepatu klasik adidas: Nizza, Continenta 80, dan Lacombe—semua dirangkum dengan sentuhan subtle dan tidak banyak basa-basi. Sebuah sepatu simple yang menyimpan statement kuat di baliknya. Tampaknya, Adidas tidak salah pilih orang saat menunjuk Donald Glover untuk menyalurkan pandangan artistiknya dalam sebuah sepatu. Keputusan yang tepat, Adidas!

3. Nike Air Force 1 x Roc-A-Fella Records

Rasanya, tidak ada sneaker yang lebih “New York” selain yang satu ini. Nike menggaet salah satu label hip-hop East Coast terbesar, Roc-A-Fella Records—label besutan Jay-Z—dalam kolaborasinya yang apik. Dinobatkan dalam edisi Air Force 1, varian sneakers Nike yang cukup ikonik, Roc-A-Fella menjadi sebuah subyek yang terasa cocok.

Colorway all-white seakan menambah karakteristik kuat ke produk yang simpel dan mantap ini. Saat dirilis tahun 2004, kolaborasi ini didewakan, menjadi sebuah produk yang memiliki estetika fesyen berkelas, sejarah yang kuat, serta berpengaruh di budaya populer.

Roc-A-Fella membantu membentuk hip-hop East Coast, dan Nike Air Force 1 edisi Roc-A-Fella membantu mengabadikan label rekaman tersebut melalui sesuatu yang sama dengannya—tak lekang oleh zaman!

4. Nike Air Jordan 1 x Travis Scott 

Berbicara sepatu Nike, tidak pas rasanya jika kita tidak membahas salah satu varian paling ikonik, Nike Air Jordan. Sneaker klasik hasil kolaborasi bersama Michael Jordan ini memang melampaui ekspektasinya—menjadi sebuah produk budaya populer yang berdiri sendiri. Begitu juga Travis Scott.

Sebagai seorang rapper era new school, Travis menjadi salah satu nama yang paling prominen dari segudang rapper yang berkarya di tahun 2010-an lainnya. Kolaborasinya dengan Nike pun digarap dalam varian yang sangat terlihat memuaskan.

Sambutlah Nike Air Jordan 1 x Travis Scott, sebuah sepatu klasik Air Jordan yang di co-design oleh Travis. Hadir dengan menampilkan colorway yang apik, yakni hitam-putih-coklat, warna-warna tersebut menunjukkan nilai dan sentuhan personal yang kental.

Sentuhan itu kemudian lebih dimantapkan melalui logo Cactus Jack, label asal Houston miliknya, sebagai sebuah homage terhadap roots-nya. Instant Classic!

5. Big Sean x Adidas — Metro Attitude

Big Sean memasuki skena hip-hop dengan gaya yang penuh warna, meriah dan megah; begitu juga hasil kolaborasinya dengan Adidas. Keluar dari pabrik dengan warna-warna cerah, detailing emas, dan garis-garis dari kulit. Citra seorang Big Sean seraya diaplikasikan pada sebuah sneakers dengan sangat akurat.

Corak kulit ular menambah sentuhan “mahal” Metro Attitude. Daya jualnya juga hadir karena sneakers ini dirancang dengan sentuhan nilai pribadi yang mereferensikan kota asalnya, yakni Detroit.

Kolaborasi tahun 2014 ini sangat susah diburu, tapi jika kalian berhasil menemukannya, jangan tanggung-tanggung untuk segera mengamankannya. Percayalah, kalian akan merinding sendiri ketika memilikinya, dan memakainya sembari membaca ukiran di sol bagian dalamnya, yang bertuliskan, “My dreams stopped being dreams when I turned ‘em into goals.

6. Drake x Jordan Brand — Air Jordan X “OVO”

Drake memang sudah tidak lagi memerlukan perkenalan—dia sudah menjadi superstar. Namun kolaborasinya dengan Nike ini butuh dilantangkan. Bukan, karena ia tidak terkenal, tapi karena sneakers ini sangat bagus, sayang untuk dilewatkan begitu saja. Drake berkolaborasi dengan Nike untuk merilis Air Jordan X “OVO” (October’s Very Own).

Sneakers kolaborasi ini hadir dalam dua varian warna yang berbeda; hitam dan putih, dan keduanya sama kerennya! Sentuhan emas dalam kedua warna melengkapi detil-detilnya, sebuah pendekatan yang serasi dengans status mega-bintang seorang Drake.

Rapper/penyanyi asal Kanada ini memang dikenal memiliki fashion sense yang cukup keren, dan sepatu ini memastikan reputasi tersebut. Sinergi dari sang artis dan brand terasa sangat pakem, Air Jordan X “OVO” merupakan sebuah rilisan kolaborasi antara rapper dan sneakers yang menjadi panutan.

7. Converse x Tyler, The Creator

Converse memang menjadi sebuah brand sneaker yang sering melakukan kolaborasi dengan para musisi dan seniman. Salah satu kolaborasi paling apik itu—dalam segi estetika dan juga penjualan—datang dari Tyler, The Creator. Rapper muda penerus generasi West Coast hip-hop ini memang merupakan seorang yang memiliki jiwa seni dan cukup berkarakter. Inilah yang seakan tumpah ke sepatu Golf Le Fleur garapan Converse dan Tyler.

Warna-warna muda yang kontras dan tampak muda menjadi pendekatan utama mereka, serupa seperti karakteristik dan gaya berpakaian seorang Tyler yang edgy. Golf Le Fleur merupakan koleksi sneaker yang kental dengan jiwa muda dan bersenang-senang. Vibe musim panas juga sangat terasa dari sepatu-sepatu ini, cocok dipakai berlibur atau sekedar beraktivitas sehari-hari. Jujur saja, siapa yang bisa menyalahkan Converse? Sepatu-sepatu mereka merupakan sepatu tempur, cocok dipakai dalam semua aktivitas.

8. MF Doom x Nike — Nike Dunk SB High

Sneaker ini sengaja kami simpan sebagai terakhir. Jelas saja, ini bukan sembarang orang, ini MF DOOM--raja di hip-hop bawah tanah Amerika Serikat! Sang rapper misterius bertopeng Doom mungkin tidak akan tertangkap radar Nike sebagai sebuah brand raksasa, tapi rewind ke tahun 2007 silam, maka kolaborasi itu memang sempat terealisasikan. Nike, kala itu, seperti berhasil menerima respect dari komunitas hip-hop bawah tanah.

Hadir dalam varian Nike Dunk SB High, sneaker apik ini didominasi oleh warna hitam dan abu-abu yang terasa cocok dan tidak banyak basa-basi. Ada pula logo “DOOM” yang mempercantik sneaker ini. Tali sepatu dibuat menyala dengan warna merah yang berani dan kontras.

Memberikan pukulan bak rima-rima Doom yang selalu hadir dengan flow yang ajaib. Sebagai pemanis, ada pula gambar topeng Doom melekat pada lidah sepatu, memberikan keabsahan sebagai sebuah produk budaya street dan underground yang otentik. Biarkan gambarnya yang berbicara!

***

Itulah dia delapan sneakers kolaborasi dengan rapper yang keren-keren. Bagaimana menurut kalian? Ada yang kalian punya di antara delapan sneakers ini? Atau, justru adakah dari kalian yang langsung mencari-cari dan siap membelinya?

Lepas dari kedelapan sepatu ini, adakah menurut kalian sneakers kolaborasi keren lainnya yang tidak masuk ke daftar ini? Suarakan pendapat kalian di kolom komentar di bawah, ya!

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
31 views
superbuzz
171 views
superbuzz
136 views
superbuzz
149 views
superbuzz
152 views

5 Sutradara Video Klip Terkeren