Tribute to All Mothers: 8 Track Rock Terkhusus Untuk Ibu

  • By: OGP
  • Jumat, 23 December 2016
  • 4352 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Ada sebuah pepatah lama berbunyi, “Kasih ibu sepanjang masa”. Perumpamaan itu seakan menjadi tolak ukur bahwa tak ada yang mampu menyamai jasa seorang ibu kepada anak tercinta. Sosok Ibu tak cuman menjadi salah satu pondasi rumah dan keluarga, namun juga figur Ibu biasanya menjadi sosok inspiratif pertama yang dilihat oleh anak. Termasuk para musisi, tentunya.

Oleh karena itu, tak jarang para musikus mendedikasikan rasa sayang mereka kepada sosok perempuan empu yang membesarkan mereka. Salah satunya lewat karya lagu, yang tak jarang menyentuh perasaan serta menggambarkan keintiman ikatan antara ibu dan anak. John Lennon merupakan sekian dari banyak musisi yang kerap menciptakan karya hebat mengenai sosok seorang Ibu.

Bertepatan dengan momentum spesial Hari Ibu yang jatuh di tanggal 22 Desember, SuperMusicID mengumpulkan 8 track dari para rocker dunia yang meneriakkan rasa sayang mereka terhadap sosok seorang Ibu. Karena pada akhirnya, para Rocker boleh saja memiliki puluhan tato menyeraman dan digilai banyak perempuan/fans. Namun sosok Ibu sudah pasti menjadi tempat bagi seorang anak untuk kembali berlabuh. Nah bro, apa kalian juga sudah memberikan ucapan Selamat Hari Ibu?

 

The Beatles – Julia

Album: White Album (1968)

Mungkin tembang “Julia” merupakan salah satu track paling indah yang pernah Lennon tulis. Ia merekamnya bersama Beatles lewat LP White Album yang rilis di tahun 1968 silam. Petikan gitar akustik Lennon begitu lembut senada dengan suaranya yang lirih. Julia merupakan lagu penghargaan dari Lennon untuk sang ibunda tercinta, Julia Lennon yang meninggal di usia yang terbilang muda - 44 tahun. Dirinya ditemukan tewas tertabrak mobil yang dikendarai oleh seorang polisi mabuk. Sebuah memoar melankolis dari Lennon bagi sang Ibu.

 

Johnny Cash – Send A Picture Mother

Album: At Folsom Prison (1968)

Mungkin kontribusi terbesar Johnny Cash di industri musik global ada di koleksi lagu yang sarat pesan sosial. Namun di track “Send A Picture Mother”, Cash seperti menunjukkan sisi lain dirinya. Ia seperti bermain dengan lirik yang jujur dan terbuka menggambarkan perasannya ke sang Ibu. Track single ini masuk ke dalam album At Folsom Prison yang dirilis 1968 lalu. 

 

Paul Simon – Mother and Child Reunion

Album: Paul Simon (1972)

Paul Simon dikenal publik sebagai bagian dari proyek duo folk rock Simon & Garfunkel di pertengahan era 60’an. Namun di saat mereka sempat bubar di tahun 1970, Simon tetap berkarya. Salah satu track yang menyentuh yang pernah ia ciptakan adalah track “Mother and Child Reunion”. Track ini diisi sentuhan Rock akustik yang berbaur sempurna dengan elemen reggae, ciri khas yang melekat dengan sosok Simon. Seperti judulnya, lagu ini menceritakan kerinduan seorang anak dengan sosok sang Ibu.

 

Metallica – Mama Said

Album: Load (1996)

Metallica boleh saja terkenal garang serta dianggap sebagai salah satu pelopor di skena thrash metal dunia, namun sudah jelas Rocker juga manusia. Di saat berbicara tentang sosok Ibu, track “Mama Said” seperti menggambarkan perasaan James Hetfield kecil. Lewat aransemen musik serta lirik yang lugas, Hetfield seperti menceritakan hubungan rumit antara dirinya sebagai seorang anak dengan sang Ibu – mengingat sosok rocker yang tidak lepas dari sifat pemberontak.

 

Ozzy Osbourne – Mama I’m Coming Come

Albu: No More Tears (1991)

Setiap godfather pasti memiliki sosok Ibu yang sebelumnya melahirkan mereka ke dunia. Sama halnya dengan sang “Godfather of Metal”, Ozzy Osbourne. Dirinya mungkin terkenal nekat menggigit kelelawar dan menuliskan lagu yang menginspirasi seorang remaja untuk melakukan aksi bunuh diri. Namun di balik pesona gelapnya, Osbourne tetap menaruh rasa hormat atas kekagumannya pada perjuangan heroik seorang ibu lewat track “Mama, I’m Coming Home”.

 

Kate Bush – Mother Stands for Comfort

Album: Hounds of Love (1985)

Skena alternatif rock boleh berbangga mempunyai sosok ‘ibu’ bernama Kate Bush. Tapi bukan sembarang label ibu yang ditujukan kepadanya. Berbagai kalangan sependapat bahwa Kate Bush adalah “Godmother of Alternative”. Album Hounds of Love yang dirilis di tahun 1985 menjadi salah satu LP Bush yang paling dikenal awam. Track “Mother Stand for Comfort” merupakan karya emosional yang menyangkut perihal ikatan tali hubungan antara ibu dan anak. Belakangan baru diketahui, kalau lagu manis ini menceritakan kasih sayang sosok Bush sebagai Ibu kepada sang anak.

 

Jeff Buckley – Mama, You’ve Been on My Mind

Album: Grace (1994)

Walau sosoknya telah tiada, status kebintangan Jeff Buckley tetaplah harum dan berkibar kencang hingga masa kini. Figur Buckley dikenal sebagai seorang musisi bertalenta yang perfeksionis. Debut album Grace miliknya terlampau sempurna lewat komposisi musik yang memukau. Namun di edisi spesial album Grace, terdapat track tambahan “Mama, You Been on My Mind” yang sebelumnya dibawakan oleh sang legenda hidup Bob Dylan. Lirik pilu yang bercerita jujur tentang kerinduan seorang anak kepada sang ibu tercinta.

 

The Rolling Stones – Mother’s Little Helper

Album: The Aftermath (1966)

Mick Jagger dan Keith Richards sudah pasti tidak jauh dari figur Rock yang eksentrik, urakan serta dipenuhi gaya hidup hura-hura. Tapi jangan terlalu cepat menghakimi seseorang. Di balik tingkah ‘bengal’ mereka, duo pentolan The Rolling Stones ini begitu mengagumi sosok seorang ibu. Hal yang tertuang dalam track “Mother’s Little Helper” yang ditulis mereka berdua. Track klasik berdurasi singkat yang menuturkan suka-duka para ibu dalam menghadapi ulah kenakalan anak-anak mereka yang mulai beranjak remaja.

 

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
4865 views
superbuzz
3883 views
superbuzz
4054 views
superbuzz
5634 views
superbuzz
6084 views