9 Cara Membuat Video Klip Untuk Single Pertama

9 Cara Membuat Video Klip Untuk Single Pertama

  • By:
  • Minggu, 28 February 2021
  • 221 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Membuat video klip memang bukan sesuatu hal yang wajib bagi seorang musisi dalam memperkenalkan karya terbarunya. Merilis single atau album saja sudah bisa dibilang cukup. Namun, dengan membuat video klip untuk sebuah karya memberikan pengalaman berbeda bagi para penikmat musik dalam memahami karya tersebut. Selain itu, dengan membuat video klip, musisi juga jadi punya tabungan konten untuk tidak terburu-buru dalam merilis single-single berikutnya.

Dalam membuat video klip biasanya konsep visual akan datang dari pihak musisi. Namun ada juga konsep yang lahir dari kolaborasi antara musisi dan juga sutradara yang memang tertarik untuk menceritakan lagu yang baru rilis secara visual. Kolaborasi bersama sutradara terkait membuat video klip ini biasanya mungkin terjadi pada musisi yang lebih berpengalaman. Namun tidak menutup kemungkinan bagi para musisi independen muda mendapatkan kolaboraasi tersebut. Karena banyak juga sutradara video klip musik yang datang dari ranah independen.

Jika Superfriends tertarik membuat video klip secara independen, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Langkah-langkah membuat video klip ini penting agar hasil karya visual dari lagu garapan Superfriends bisa terealisasi sesuai dengan keinginan dan juga dapat dinikmati oleh para penikmat musik di seluruh dunia. Berikut adalah langkah yang bisa Superfriends ikuti dalam membuat video klip.

  1. Hadirkan konsep yang unik

    Konsep merupakan hal utama yang perlu ada dalam membuat video klip. Konsep ini berperan sebagai kerangka utama dalam menceritakan lagu yang Superfriends rilis dalam bentuk visual. Dalam tahap penentuan konsep, Superfriends bisa hadirkan beberapa konsep unik. Selain itu, Superfriends juga bisa mencari referensi tambahan dari beberapa video klip musisi idola agar mendapatkan gambaran visual yang sesuai demi konsep dari membuat video klip tersebut.

  2. Matangkan ide kreatif

    Setelah konsep disetujui, Superfriends bisa kembali mematangkan kerangka visual tersebut dengan ide-ide kreatif yang hadir. Jangan berikan batasan atau pesimis terkait ide yang akan dituangkan dalam membuat video klip. Ide-ide kreatif yang terlampau unik bisa saja dimodifikasi untuk menyesuaikan dengan keadaan dan menambah sisi menarik dari hasil video klip yang dibuat nanti. Oleh karena itu, Superfriends tidak perlu khawatir salah memberikan ide dalam membuat video klip.

  3. Mulai menentukan lokasi

    Video klip merupakan sebuah konten visual. Untuk itu, penting bagi Superfriends untuk menentukan lokasi syuting dalam membuat video klip. Lokasi ini bisa ditentukan dari konsep dan ide yang sudah disetujui. Jangan terlalu fokus dengan satu lokasi saja. Tentukan lokasi berdasarkan kebutuhan konsep dalam membuat video klip. Menemukan lokasi video klip yang ideal memang memakan waktu yang cukup lama. Maka baik bagi Superfriends untuk santai dalam mencari lokasi yang tepat.

  4. Buat storyboard

    Storyboard merupakan elemen yang tidak bisa Superfriends lewatkan dalam membuat video klip. Storyboard merupakan sebuah sketsa per adegan yang bakal jadi guideline dalam pengambilan gambar saat membuat video klip. Selain itu, peran storyboard juga dapat meminimalisasi risiko kekurangan detail saat pengambilan gambar. Selain itu, storyboard juga bisa Superfriends gunakan sebagai acuan saat proses editing nanti. Storyboard tidak perlu digambar dengan gaya serealistis mungkin, yang penting mudah dipahami dan berisi detail yang diperlukan saat pengambilan gambar dalam membuat video klip nanti.

  5. Cari talent yang tepat

    Talent dalam membuat video klip ini sebenarnya sifatnya opsional. Pasalnya, Superfriends pun bisa jadi talent untuk video klip dari lagu yang kalian bikin juga. Namun, jika dirasa peran tersebut tidak bisa diwakilkan, memang lebih baik Superfriends menggunakan talent, seperti aktor atau aktris yang tepat. Jika dirasa budget pembuatan video klip ini tidak terlalu besar, Superfriends bisa mengajak teman yang punya keahlian akting untuk melibatkannya dalam proses membuat video klip dan memberi imbalan sesuai perjanjian tanpa melebihi budget yang tersedia. Selain itu, Superfriends juga bisa memberikan eksposur yang bagus untuk karier akting teman kalian.

  6. Menghubungi kru pembuatan video klip

    Jika dilakukan secara independen kehadiran kru pembuatan video klip juga tidak bersifat wajib. Namun, jika Superfriends menginginkan hasil akhir yang baik, tentu saja butuh bantuan profesional untuk perihal teknis. Superfriends bisa menghubungi kru pembuatan video klip dari komunitas atau mahasiswa jurusan film untuk membantu merealisasikan video klip dari lagu baru kalian. Dalam membuat video klip secara independen, Superfriends tidak perlu memiliki kru teknis yang banyak, namun tetap penuhi posisi-posisi esensial seperti sutradara, videographer, penata cahaya, dan penata suara agar hasil audio visual dari video klip tersebut dapat diambil secara baik tanpa kekurangan detail. 

  7. Mulai syuting

    Setelah semua langkah perencanaan membuat video klip terpenuhi, Superfriends bisa lanjut ke dalam proses syuting. Namun, ada baiknya untuk kembali melakukan re-check dari setiap langkah yang sudah dilakukan sebelum syuting agar tidak ada kendala di tengah-tengah saat membuat video klip nantinya.

  8. Maksimalkan hasil dalam proses editing

    Selesai proses syuting, masih ada langkah teknis lagi yang perlu Superfriends lakukan, yaitu proses editing. Proses editing dalam membuat video klip ini penting untuk diperhatikan secara teliti. Pada langkah membuat video klip satu ini, Superfriends bisa melakukan eksperimen mengenai color grading dan mengatur kembali pencahayaan serta hasil audio dari lagu yang ingin disematkan ke dalam video klip nantinya.

  9. Tayangkan!

    Setelah semua proses teknis dan non teknis dalam membuat video klip selesai, kini saatnya Superfriends mengunggah hasil video klip melalui platform media sosial. Selain itu, maksimalkan juga fitur-fitur media sosial lainnya sebagai salah satu langkah promosi demi menambah viewers dari karya audio visual kalian!

Image courtesy of gnepphoto / Shutterstock

0 COMMENTS