against the clock

Against The Clock: Simak Para Musisi Bikin Musik dalam Durasi 10 Menit

  • By: NND
  • Senin, 10 August 2020
  • 1035 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Sudah kehabisan tontonan TV series selama masa pandemi ini? Tentu nonton serial dari sejumlah platform/media musik tentu bisa jadi alternatif yang segar untuk menyikapi kebosanan selama di rumah aja.

Ada banyak serial musik yang nampilin para musisi dan aksi-aksi mereka; mulai dari sessions, dj set, hingga kolaborasi di studio ala Kenny Beats dengan The Cave-nya. Tapi kalau itu semua udah selesai kalian tonton, atau sekedar butuh asupan baru, coba simak Against the Clock-nya Fact Magazine.

Singkat kata, Against the Clock menampilkan musisi/produser yang diberi waktu 10 menit untuk menciptakan sepotong beats atau track singkat dengan set-up pribadi mereka masing-masing. Jadi selain nonton para musisi bekerja dengan waktu yang terbatas, kita juga bisa ngintip alat-alat yang mereka gunakan.

Sebagian besar musisi yang ditampilkan di Against the Clock itu bergerak dalam kancah elektronik dan hip-hop, meski tidak terbatas dengan dua genre itu. Sajiannya pun beragam, mulai dari musisi kenamaan dengan set-up kelas atas, hingga yang baru merintis dan berbekal alat-alat minim.

Sebagai contoh, kalian bisa nyimak Yaeji dikejar waktu 10 menit, juga Shlohmo. Ada juga penampilan MNDSGN, Chromeo, Tom Misch, Preditah, dan masih banyak lagi.

Dengan batasan waktu 10 menit, serial ini pun juga berdurasi tidak terlalu panjang. Setelah 10 menit menyusun musik baru, para musisi berkesempatan untuk memutarkan keutuhan beat yang sudah jadi, juga menjelaskan alat-alat yang mereka gunakan. Tak jarang, mereka juga berbagi insight dan tips terkait alat-alat tersebut, jadi penting juga nih buat para produser yang lagi nyari alat baru untuk ngelengkapin studio kamar kalian.

Mungkin kalau sudah nonton beberapa episode-nya, kalian bisa nyoba nantang diri kalian sendiri. Apa yang bisa kalian bangun hanya dalam durasi 10 menit? Berani nyoba?

0 COMMENTS