Rrefal

Album Debut Rrefal yang Bercerita Sebagai Rumah

  • By: NND
  • Jumat, 26 April 2019
  • 203 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Rrefal—yang merupakan sebuah proyek musik solo yang merupakan alter ego dari seorang Afif Refal—berhasil merilis album perdananya pada 23 Maret kemarin. Album yang bertajuk Sweet Sweet Palm Sugar ini merupakan sebuah tapak segar bagi Rrefal dalam melangkah masuk dan memastikan eksistensinya di kancah permusikan lokal.

Setelah sebelumnya berhasil merampungkan singlenya, “Oversized Love”, menjadi pembuka konser Snail Mail di Jakarta, dan juga beres menggarap tur Borneo; kali ini musisi asal Semarang itu mengedepankan album debutnya—sebuah album yang berisikan 10 lagu, yang digunakannya sebagai sebuah wadah dalam bercerita perihal kehidupannya.

“Album ini menceritakan tentang kehidupan saya yang dianalogikan sebagai sebuah rumah. Jadi, selamat datang di rumah saya,” tutur Rrefal menjelaskan makna dari album tersebut, dikutip dari siaran pers.

Album debutnya ini dijadikan sebuah kisah perjalanan yang riil—kisah-kisah yang dialami langsung oleh seorang Rrefal dalam kehidupannya. Setiap detil lagu yang terajut didalammnya menjadi jembatan penyampaian dari kisah-kisah tersebut.

Menyelisik masuk kedalam musiknya, Rrefal mengemas alunan nada dengan musik yang masuk ke kategori dream pop dan didukung juga dengan aksen-aksen jizz-jazz. Penyampaiannya dilepas dengan karakter musik yang dirangkul dengan reverb berlebih dan juga suara vokal yang tipis.

Rrefal juga didukung oleh beberapa musisi yang—sama halnya dengannya—berdomisili di Semarang. Turut membantu bermusik pada format panggungnya, terdapat Daniel Aditya, Dwi Rendra Nugraha, Adi Meus, Adi Tius dan juga Anastasia Cinantya; yang terangkum menjadi sebuah kesatuan bernama Legi-Legi People.

Dalam penggarapannya, album ini disusun dengan bantuan arahan musikal dari Luthfi Adianto (Lofos Studi) dan Afif Refal sendiri. Sweet Sweet Palm Sugar sudah bisa dapat didengarkan melalui layanan streaming musik seperti Spotify, Apple Music, Deezer, Joox, Bandcamp, dan juga Soundcloud.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
112 views
superbuzz
220 views
superbuzz
235 views
superbuzz
258 views
superbuzz
253 views