Rumahsakit

Album Debut Rumahsakit Kini Sudah Bisa Dinikmati Secara Digital

  • By:
  • Senin, 19 October 2020
  • 49 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Penikmat musik independen saat ini mungkin tidak asing mendengar nama Poster Cafe. Meskipun tempat tersebut sudah tidak ada lagi, ceritanya bisa di temukan di mana-mana. Terutama band-band indie yang sudah mulai berkarya di tahun 1990-an hingga kini. Salah satu band yang namanya kiat meroket berkat keberadaan Poster Cafe kala itu adalah Rumahsakit. Terbentuk di tahun 1994, Rumahsakit merupakan salah satu kelompok musik yang cukup berhasil membesarkan genre britpop di Jakarta, yang lebih dikenal dengan istilah indies

Di masa kejayaannya, Rumahsakit diperkuat oleh Andrie (vokal), Dion (gitar), Shendy (bass), Gorry (drum), dan Mickey (keyboard). Dalam formasi tersebut, Rumahsakit berhasil merilis dua buah album. Pertama adalah album debut self titled yang rilis di tahun 1997 dan album kedua berjudul Nol Derajat di tahun 2000. Setelah mengeluarkan dua album tersebut, di tahun 2004 Rumahsakit sempat resmi mengumumkan kabar terkait bubarnya band mereka sebelum akhirnya kembali aktif di tahun 2010 dan kembali merilis album ketiga mereka bertajuk +imeless di tahun 2015.

Sebelum kembali reuni, hampir seluruh karya-karya terbaik milik Rumahsakit sebenarnya bisa didengarkan melalui platform streaming musik digital, Spotify. Diwakili oleh album kompilasi 1+2 yang dirilis pada tahun 2012. Namun masih ada beberapa puzzle yang masih belum melengkapi diskografi digitalnya kala itu, hingga akhirnya di awal bulan Oktober ini, sebuah karya tersebut mulai dapat melengkapi kepingan yang hilang dari sejarah Rumahsakit. Karya tersebut merupakan album pertama dari Rumahsakit yang kini sudah dapat didengar secara luas setelah satu dekade lebih lamanya. Perilisan album perdana Rumahsakit dalam format digital ini dapat terjadi berkat kerja sama yang dilakukan bersama Pops Musik.

Pops Musik merupakan sub-label dari Aquarius Musikindo. Bukan jadi rahasia lagi jika perusahaan label raksasa Tanah Air itu memiliki peranan penting dalam album-album yang dirilis oleh Rumahsakit. Pasalnya, di awal mula perjalanan karier Rumahsakit, band ini memang berada di bawah payung Aquarius Musikindo. Perusahaan rekaman tersebut memiliki kedua master dari masing-masing album milik Rumahsakit tersebut. Dengan rilisnya album perdana Rumahsakit ke dalam format digital, tentu para penggemar kini bisa berharap bahwa album kedua mereka yang berjudul Nol Derajat pun akan bisa hadir di platform streaming musik digital dalam waktu dekat.

Kembali mundur di tahun 2014, dua tahun setelah album kompilasi 1+2 mereka rilis, sang vokalis Andrie memutuskan untuk hengkang dari Rumahsakit. Namun, tidak butuh waktu lama bagi band asal Jakarta ini menemukan pengganti dari persona yang ikonis ini. Akhirnya posisi vokalis kini diisi oleh Arief. Kerja sama baru antara Rumahsakit dan Arief diabadikan melalui album ketiga mereka +imeless. Masuknya Arief bersamaan dengan album ketiga dari Rumahsakit ini menandakan sebuah perubahan dan pendewasaan di tubuh band tersebut. Di album +imeless, Rumahsakit melakukan eksplorasi musik yang lebih mendalam dengan mulai memasukan ambience dan suara-suara alat musik sintesisasi lainnya. Karakter vokal yang dibawa Arief juga cukup membantu mengubah warna dari Rumahsakit secara keseluruhan.

Pertemuan Rumahsakit bersama Arief juga dapat dibilang cukup unik. Pertemuan tersebut bermula dari Mickey yang sedang iseng membuka situs musik Soundcloud. Dari situ, dirinya menemukan akun profil Arief yang kala itu rajin melakukan cover lagu-lagu dari band ternama. Tertarik dengan karakter vokal yang ada pada diri Arief, Mickey pun langsung menghubunginya untuk bertemu dan mengajaknya masuk studio untuk sesi jamming bersama Rumahsakit. Mickey dan personel Rumahsakit lainnya kala itu, seperti Marky Nayoan, Fadhly Wardhana, dan Sadam merasa kualitas vokal Arief memang dapat diperhitungkan. Dari hasil jamming tersebut, para anggota Rumahsakit merasa adanya chemistry yang baik di antara mereka dan Arief, hingga akhirnya tak selang beberapa lama Arief resmi menjadi vokalis untuk Rumahsakit. Merayakan kehadiran Arief di dalam tubuh Rumahsakit, band yang sebelumnya terkenal berkat kehadiran single seperti Pop Kinetik, Anomali, serta Kuning ini akhirnya merilis single perdana yang berjudul 3:65 untuk album ketiganya tersebut. Hingga saat ini Rumahsakit masih terus berkarya dan masih dinantikan kejutan lainnya.

0 COMMENTS