Album Rock Paling Dinantikan Tahun 2021: Greta Van Fleet hingga Weezer

Album Rock Paling Dinantikan Tahun 2021: Greta Van Fleet hingga Weezer

  • By:
  • Sabtu, 20 March 2021
  • 408 Views
  • 1 Likes
  • 0 Shares

Album rock dari para musisi-musisi atau band rock selalu mendapat tempat dan atensi setiap tahunnya. Meski tahun 2020 lalu pandemi COVID-19 meluluhlantakkan banyak aspek kehidupan termasuk industri musik, tahun 2021 nampaknya membuka harapan baru untuk bangkitnya industri musik global.

Tahun baru ini pun menjanjikan album rock yang sangat diantisipasi dan dinantikan oleh para penggemar hingga para kritikus musik. Banyak dari album rock yang akan dan sudah dirilis pada 2021, merupakan proyek yang direncanakan rilis pada tahun 2020.

Beberapa album rock dari band rock ternama yang kudu menunda perilisan itu antara lain Foo Fighters, Evanescence, hingga Gojira. Pertimbangan untuk menunda perilisan album rock itu biasanya beragam, salah satunya adalah tidak adanya tur karena kegiatan konser musik yang menghadirkan penonton tidak diperbolehkan.

Di lain sisi, para band dan musisi butuh wadah untuk mempromosikan karya-karya baru mereka yang salah satunya melalui tur. Di daftar album rock yang paling diantisipasi ini mencakup beberapa musisi kawakan yang masih berkutat di studio rekaman. Nah, Supermusic sudah merangkum beberapa album rock yang paling dinantikan di tahun 2021. Apa ada band favorit lo, Superfriends?

Baca juga: Amy Lee Berbicara Tentang Proyek Album Anyar Evanescence

Album Rock: Evanescence "The Bitter Truth"

Daftar album rock paling diantisipasi pada 2021 yang pertama adalah karya Evanescence. Vokalis band Evanescence, Amy Lee, menjelaskan kepada Keerang bawha album rock dari Evanescence bertajuk The Bitter Truth bakal rilis pada Maret 2021.

Amy Lee dan Evanescence sendiri sudah mengumumkan judul dari album berikutnya pada 17 April 2020. Satu pekan kemudian Amy Lee dan bandnya merilis single pertama yang akan berada di album baru mereka dengan judul Wasted on You. Selain lagu, mereka juga merilis video musiknya yang disutradarai oleh P. R Brown.

Evanescence dan Amy Lee terus menunjukkan progres dari penggarapan album yang akan menjadi album kelima mereka dengan merilis single kedua dari album The Bitter Truth, The Game Is Over, pada 1 Juli 2020. Lagu ini disusul dengan single ketiga pada 14 Agustus dengan judul Use My Voice.

Pada Desember 2020 lalu Amy Lee dan Evanescence merilis single keempat di album The Bitter Truth dengan judul Yeah Right. Pada lagu ini Amy Lee sebagai penulis liriknya memberi pukulan sinis pada pengalaman Evanescence sebagai roda penggerak di mesin industri musk.

Album Rock: Weezer "Van Weezer"

Weezer harusnya sudah merilis album rock baru sejak Mei 2020 dengan tajuk Van Weezer. Pada momen itu, Weezer juga seharusnya melakukan tur dengan Green Day dan Fall Out Boy, namun pandemi COVID-19 bikin rencana ini harus ditunda.

Meski begitu, Weezer menjadikan momentum penundaan album rock ini untuk menyempurnakan penggarapannya. Karena keputusan ini, Weezer justru lebih dulu merilis album studio ke-14 mereka bertajuk OK Human pada 29 Januari 2021.

Lagu pertama dari album itu, All My Favorite Songs dilepas pada 21 Januari lalu. Di lain sisi, album rock Weezer ke-15 yaitu Van Weezer dijadwalkan rilis pada Mei 2021. Weezer sudah merilis lagu pertama dari album ke-15 mereka itu berjudul Hero setahun lalu.

Album Rock: Greta Van Fleet "The Battle at Garden’s Gate"

Ketika Greta Van Fleet merilis album rock debut mereka bertajuk Anthem of the Peaceful Army pada tahun 2018 lalu, Greta Van Fleet menikmati sambutan yang lebih baik daripada yang bisa diharapkan oleh kebanyakan band rock kapan pun saat mereka bersama.

Set itu masuk ke lima besar di Billboard 200 dan kemudian memberi mereka empat nominasi Grammy, kemudian memenangkan Album Rock Terbaik. Sejauh ini, mereka telah mengeluarkan single dari album rock kedua mereka bertajuk The Battle at Garden Gate yang rencananya rilis pada April 2021.

Pada 9 Oktober tahun lalu, Greta Van Fleet melepas single My Way, Soon. Drummer Danny Wagner mengatakan rekaman itu sangat terinspirasi oleh perjalanan band selama dua tahun terakhir, dan bagaimana pandangan dunia mereka meluas setelah meninggalkan kampung halaman mereka di Michigan.

“Kami menyadari bahwa saat tumbuh dewasa, kami telah dilindungi oleh banyak hal, kami tidak menyadari banyak hal. Dan kemudian kami terlempar ke dunia yang sangat besar ini, dan pada awalnya sedikit mengejutkan budaya," katanya dilansir Rolling Stone.

Album Rock: Gojira "Fortitude"

Unit veteran rock, Gojira, tidak mau ketinggalan melepas karya baru di tahun 2021. Kembalinya mereka ditandai dengan rilisnya single baru "Another World" yang menjadi lagu baru mereka setelah 4 tahun.

Hal baik itu dilanjutkan dengan kabar akan dirilisnya album rock mereka bertajuk Fortitude yang rencananya dirilis pada akhir April 2021. Pada 17 Februari lalu, Gojira sudah merilis video dari single pembuka di album ini berjudul Born For One Thing.

Album Rock: Rammstein

Pandemi COVID-19 di lain sisi memberi waktu kepada para musisi untuk berdiam diri dan mengatur ulang kreativitas mereka. Hal ini yang terjadi kepada para personel Rammstein setelah beberapa agenda mereka di tahun lalu terpaksa dibatalkan atau ditunda.

Karena tidak bisa keluar negara mereka, Jerman, para personel Rammstein memutuskan untuk kembali menulis lagu dan materi musik untuk album rock terbaru mereka. Pada September 2020, Rammstein lantas mengumumkan bahwa mereka sudah kembali ke studio rekaman.

"Minggu lalu, kami seharusnya memainkan konser 2020 pertama kami dan kemudian kami berkata, 'Mari bertemu dan memikirkan tentang apa yang bisa kami lakukan tahun ini. Kami masih memiliki banyak ide, begitu banyak lagu yang belum selesai. Kami bertemu dan kami sedang mengerjakan lagu baru. Kami ingin mengerjakan lagu, tetapi apakah itu akan menjadi rekaman yang baru, tidak ada yang tahu,” ujar sang drummer, Christoph Schneider.

0 COMMENTS