Alfie Templeman Siap Membuktikan Talentanya melalui Mini Album Perdana

Alfie Templeman Siap Membuktikan Talentanya melalui Mini Album Perdana

  • By:
  • Sabtu, 29 May 2021
  • 106 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Kemunculan Alfie Templeman di tahun 2016 dianggap sebagai waktu yang tepat bagi singer-songwriting asal Inggris tersebut untuk menunjukkan kebolehannya dalam bermusik. Pasalnya, gaya bermusik yang dimiliki oleh Alfie Templeman dinilai identik dengan perkembangan pesat indie pop dan lo-fi pop kala itu. Sehingga, bisa dibilang Alfie Templeman merupakan sosok yang membantu genre tersebut dikenal secara luas. Dan di tahun 2021, Alfie Templeman masih terus mengembangkan potensi musikalitasnya dengan merilis single terbaru berjudul One More Day.

Single One More Day garapan Alfie Templeman ini merupakan sebuah lagu yang akan menyambut mini album perdana sang musisi di bulan Mei mendatang. Rencananya Alfie Templeman telah mempersiapkan 7 buah lagu untuk melengkapi konsep yang hadir pada mini album perdananya tersebut. Treatment spesial juga dilakukan oleh Alfie Templeman pada single One More Day yang jadi single perdana di tahun 2021 ini. Treatment tersebut hadir dalam bentuk kolaborasi bersama April, seorang songwriter asal Irlandia. Menurut Alfie Templeman, sentuhan musik yang diberikan oleh April membuat single One More Day terkesan jadi lebih spesial. Awalnya, single terbaru dari Alfie Templeman ini dirancang untuk menjadi sebuah lagu yang menghadirkan kelembutan. Bahkan Alfie Templeman sendiri menggambarkan bahwa lagu One More Day adalah lagu yang tepat sebagai soundtrack yang menemani matahari terbenam.

Gambaran yang telah dimiliki oleh Alfie Templeman pada single tersebut pun akhirnya berkembang setelah April hadir sebagai kolaborator. Alfie Templeman mengakui kehadiran April memberikan napas berbeda di dalam lagunya. Mulai dari lirik yang dibawakan serta harmonisasi teknik yang dimiliki April membuat tema dan konteks yang tersemat pada lagu garapan Alfie Templeman tersebut jadi lebih jelas. Setidaknya itu yang diutarakan oleh Alfie Templeman sebagai pencipta lagunya. April juga menyatakan bahwa dirinya cukup senang untuk dapat bisa berkontribusi dalam proyek musik Alfie Templeman. April pun menjelaskan bahwa Alfie Templeman secara eksklusif menciptakan lagu One More Day untuk dapat sesuai dengan karakteristik vokal yang dimilikinya. 

Perihal mini album perdananya, Alfie Templeman menjelaskan bahwa dirinya ingin sekali membuat sebuah rilisan pop yang dikemas secara ringkas dan fokus. Dirinya ingin mini album Forever Isn't Long Enough menjadi sebuah amalgam yang lahir dari penggabungan album Rumours dari Fleetwood Mac dan Currents milik Tame Impala. Alfie Templeman juga menemukan banyak hal baru yang memberikan kemudahan pada dirinya dalam bermusik. Alfie Templeman mengakui bahwa dirinya harus bisa menggunakan waktunya secara efisien dan santai demi menghadirkan hasil optimal dari mini album perdananya tersebut. Alfie Templeman mengakui bahwa hampir 2 tahun dirinya telah berproses untuk menyelesaikan mini album perdananya ini. Mini album perdana ini dianggap Alfie Templeman sebagai entitas yang berbeda dari EP yang sempat dirinya rilis sejak tahun 2018 hingga 2020 di bawah naungan Chess Club Records Selain itu, Alfie Templeman juga mengumumkan bahwa dirinya akan mulai menggelar tur konser di tahun 2022. Tur konser tersebut akan digelar sebagai bagian lanjutan yang sebelumnya harus terpangkas akibat pandemi virus Corona dan juga acara tambahan dengan skala yang lebih besar.

Perihal musik, bisa dibilang Alfie Templeman memiliki bakat natural. Alfie Templeman mulai merekam dan membuat lagunya sendiri sejak usia 10 tahun. Segala hal soal musik Alfie Templeman pelajari sendiri bersama bantuan teman-temannya. Mengetahui sang anak memiliki bakat di bidang musik, sang Ibu mulai mengajak Alfie Templeman untuk ikut kelas kursus vokal. Sejak usia 13 tahun, akhirnya Alfie Templeman mampu memiliki keahlian sebagai musisi multi instrumental.

Barulah di tahun 2018 Alfie Templeman merilis single perdananya secara profesional berjudul Orange Juice. Single tersebut membuka jalan bagi Alfie Templeman untuk mendapatkan kesempatan kerja sama dengan Chess Club Records dan merilis EP perdananya berjudul Like An Animal. Seluruh proses penggarapan materi EP perdana Alfie Templeman tersebut dilakukan di dalam kamar tidurnya. Namun kualitas rekaman yang dimiliki oleh Alfie Templeman dianggap memiliki kualitas yang baik sehingga berhasil mendapatkan kontrak rekaman bersama Chess Club Records. Terlihat fokus dengan musik, nyatanya Alfie Templeman harus menyelesaikan sekolahnya terlebih dahulu untuk mendapatkan izin fokus dalam bermusik di usia 16 tahun. Di tahun 2019, Alfie Templeman berhasil tampil di atas panggung O2 Academy Brixton sebagai supporting act untuk konser Sundara Karma. Satu tahun setelahnya, Alfie Templeman pun berhasil tampil di festival Eurosonic 2020 sekaligus juga mendapatkan nominasi sebagai artis pendatang baru terbaik versi MTV Push UK & IRE 2021.

 

Image courtesy of Emma Swan / DIY Mag

0 COMMENTS