AMI AWARDS 2019

AMI Awards 2019 Angkat 50 Nominasi Lintas Genre dan Bidang

  • By: NND
  • Rabu, 9 October 2019
  • 337 Views
  • 7 Likes
  • 7 Shares

Sebentar lagi—tepatnya pada tanggal 28 November 2019—AMI Awards akan segera digelar. Sebagai sebuah penghargaan tertinggi dalam industri musik Indonesia, gelaran ini diprakarsai oleh YAMI (Yayasan Anugerah Musik Indonesia) dengan tujuan untuk “mengakui prestasi yang luar biasa dari musisi Indonesia setiap tahunnya”, begitulah tertulisnya di laman resmi mereka.

Usia AMI sendiri sudah menapak masuk ke usia yang cukup dewasa. Pertama kali digelar pada 29 November 1997, ia hadir untuk menghargai prestasi musisi lokal dan karya-karya mereka pada periode 1996-1997. Di tahun awalnya itu, terdapat 34 trofi yang kemudian diberikan kepada musisi yang berhasil meraih penghargaannya. Jumlah itu kemudian mengalami perubahan seumur perkembangannya—ada yang ditambahkan, ada pula yang dikurangkan.

Sekarang, di tahun 2019 ini, terdapat genap 50 nominasi yang melintasi genre dan bidang dalam dunia permusikan Indonesia.

Menapak masuk ke tahun lalu, AMI menyikapi penyelengaraannya yang ke-21. Tahun lalu itu mereka menerapkan tema #MusikTanpaBatas sebagai slogan yang dipeluk juga dengan harapan untuk bisa terus tumbuh dan berkembang. Komitmen itulah yang terus dikawal dan dijaga hingga gelaran ke-22 yang jatuh di tahun ini. “AMI Awards akan selalu menjaga komitmen untuk selalu independen, kredibel, dan prestisius,” tulis mereka di laman resminya.

50 nominasi lintas genre dan bidang sudah siap dibacakan, dan setiap nominasinya mengantongi sejumlah nama yang masing-masingnya dipilih langsung oleh Yayasan Anugerah Musik Indonesia. Di tahun ini, nampak sejumlah nama-nama dari musisi muda yang bergerak melalui label-label independen seperti Hindia, contohnya; solo proyek Baskara--sang vokalis dari Feast.. Nama tersebut ikut masuk dalam nominasi pendatang baru terbaik. Atau Avhath, band crust black metal yang juga terjaring dalam nominasi karya produksi metal/hardcore terbaik. Dari sudut hip-hop, terpajang nama familiar Matter Mos, Laze dan A. Nayaka, serta Ramengvrl.

Sama seperti tahun lalu, adapula bidang-bidang lainnya yang menelusuri kelengkapan musik, seperti desain grafis album terbaik--nominasi yang memperbutkan gelar album cover terbaik, yang diisi oleh nama-nama seperti Anindya Anugrah (Bani Bumi – Polka Wars). Orang belakang layar pun turut disorot melalui nominasi produser rekaman terbaik.

kalian dapat melihat nominasi lengkap dan nama-nama yang memperebutkan posisi terbaiknya melalui laman resmi Instagram AMI Awards, di sini.

Ada jagoan lo yang masuk nominasi? Pastikan untuk tidak kelewatan gelaran yang satu ini nanti, ya. Dukung terus karya-karya anak bangsa, dan maju terus musik lokal Indonesia!

1 COMMENTS
  • iam aguest

    Mantap...AMI Awards

Info Terkait

superbuzz
122 views
superbuzz
339 views
superbuzz
2170 views