Aplikasi Pemutar Musik Terbaik untuk Temani Hari-hari

Aplikasi Pemutar Musik Terbaik untuk Temani Hari-hari

  • By:
  • Kamis, 20 May 2021
  • 154 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Aplikasi pemutar musik terbaik hadir sebagai konsekuensi dari perkembangan teknologi yang memberi kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan. Pemutar musik hadir sebagai platform yang membuat orang-orang lebih praktis ketika ingin mendengarkan musik.

Hadirnya aplikasi pemutar musik terbaik membuat cara konvensional seperti menyimpan lagu di ponsel atau perangkat elektronik lain, seperti komputer dan laptop sudah mulai ditinggalkan.

Alih-alih memenuhi memori ponsel dengan lagu, sekarang hadir aplikasi musik yang lebih praktis dan membutuhkan ruang atau memori yang tak terlalu besar. Hadirnya aplikasi pemutar musik terbaik juga memungkinkan membuat daftar putar (tracklist) sendiri hanya dengan menyentuh layar ponsel.

Jumlah aplikasi pemutar musik sekarang pun tidak sedikit, namun ada beberapa di antara aplikasi pemutar musik terbaik itu yang direkomendasikan untuk dimiliki oleh kalian yang gemar mendengarkan musik.

Beberapa aplikasi pemutar musik terbaik ini disediakan secara gratis, namun tidak sedikit yang memerlukan biaya berlangganan untuk mendapatkan fasilitas atau fitur lebih lengkap. Meski begitu, di bawah ini Supermusic sudah merangkum beberapa aplikasi musik terbaik yang bisa Superfriends miliki.

Baca juga: Mengenal Deretan Layanan Musik Digital di Indonesia

Pemutar Musik Terbaik: Spotify

Daftar pemutar musik terbaik yang pertama, barangkali menjadi pemutar musik paling dikenal saat ini, khususnya di Indonesia. Spotify adalah layanan streaming untuk musik, video, dan podcast yang berasal dari Swedia dan pertama kali muncul pada September 2008.

Pengguna premium dapat mengakses jutaan lagu dengan cara berlangganan setiap bulan. Spotify juga dapat dinikmati secara gratis lewat akses Internet dengan batasan kecepatan 160 kb/bits. Pelanggan akan terbebas dari "gangguan" iklan jika menggunakan fitur premium, hingga bisa mendapatkan akses untuk mengunduh musik yang bisa didengarkan secara offline.

Terhitung pada akhir 2020, Spotify sudah memiliki lebih dari 124 juta pelanggan dan menawarkan akses ke 50 juta lagu dari hampir semua musisi dan artis yang ingin pelanggan cari.

Aplikasi musik seluler ini menawarkan fungsionalitas yang sama dengan versi desktopnya, memungkinkan lo untuk mengalirkan satu lagu atau seluruh album dengan opsi untuk membuat daftar putar khusus. Untuk aplikasi musik gratisnya, pelanggan hanya bisa menggunakan fitur putar acak dan podcast.

Pemutar Musik Terbaik: SoundCloud

Lebih dari sekadar pemutar musik terbaik, SoundCloud juga mencakup komunitas musisi, band, podcaster, dan banyak lagi. Aplikasi pemutar musik terbaik ini memungkinkan kalian untuk mencari artis baru untuk diikuti, mendengarkan lagu di feed, hingga merekam dan mengunggah audio hingga musik yang kalian rekam.

Sebagai salah satu pemutar musik terbaik, SoundCloud menyediakan dua jenis langganan premium. Pertama adalah langganan Pro untuk pembuat musik dimulai dengan biaya 12 USD per bulan. Langganan ini menawarkan ruang penyimpanan tambahan dan statistik untuk musik atau trek yang kalian unggah di SoundCloud sehingga kalian bisa mengetahui berapa banyak orang yang mendengarkan atau menyukai musik kalian.

Ada juga layanan SoundCloud Go yang menawarkan fitur bebas iklan saat mendengarkan musik dan kemampuan menyimpan lagu secara offline. Sementara untuk Go+, menawarkan audio berkualitas tinggi dan akses ke katalog SoundCloud tanpa pratinjau.

Pemutar Musik Terbaik: Deezer

Untuk pemutar musik terbaik lainnya yaitu Deezer. Untuk yang kurang familiar, Deezer adalah aplikasi streaming dan pemutar musik lokal. Selain salah satu aplikasi pemutar musik terbaik online, Deezer juga memiliki fitur mengedit musik dan membuat playlist lebih personal.

Jika kalian ingin menikmati fitur lebih lengkap, bisa upgrade menjadi Deezer Premium. Dengan layanan ini, kalian tidak akan mendapatkan iklan, bisa menggunakan mode offline, hingga kualitas suara mencapai 320kBps.

Untuk koleksi lagunya sendiri ada sekitar 56 juta lagu yang bisa kalian dengarkan secara online maupun offline melalui pemutar musik terbaik ini.

Pemutar Musik Terbaik: Joox

Sama seperti Spotify, salah satu pemutar musik terbaik ini merupakan yang populer di Indonesia. Memiliki fitur yang cukup lengkap, kalian bisa mendengarkan lagu secara gratis dan mengakses berbagai playlist yang dikurasi sesuai selera musik kalian.

Sebagai salah satu pemutar musik terbaik, Joox terbilang punya tampilan yang cukup sederhana dan mudah dipahami.

Pemutar Musik Terbaik: YouTube Music

Selain Google Play Music, Google juga meluncurkan aplikasi YouTube Music yang saat ini menjadi salah satu aplikasi atau pemutar musik terbaik yang digunakan banyak orang.

Untuk menghadirkan sajian musik yang lebih mudah, YouTube akhirnya merilis aplikasi musik YouTube Music yang memungkinkan orang-orang menikmati musik secara lebih praktis.

Sistem untuk menikmati YouTube Music ini harus berlangganan dan membayar biaya bulanan. Aplikasi musik dari YouTube ini bisa dinikmati di perangkat Android, iOS, hingga web.

Pemutar Musik Terbaik: Apple Music

Aplikasi layanan musik digital Apple ini menyediakan koleksi lagu dari katalog iTunes. Selain itu, Apple Music juga menyuguhkan radio live yang dipandu oleh beberapa DJ dan musisi kenamaan, seperti Julie Adenuga dan James Blake.

Layanan Apple Music bisa dinikmati secara gratis selama tiga bulan pertama pemakaian. Lagu-lagu koleksi Apple Music bisa dimainkan dalam jaringan atau diunduh. Pengguna bisa berlangganan secara individu atau bersama-sama. Aplikasi ini tersedia di plaform iOs, Android dan Windows (PC).

 

Image source: Shutterstock

0 COMMENTS