iTunes

Apple Bakal Mengakhiri iTunes?

  • By: NND
  • Rabu, 9 October 2019
  • 243 Views
  • 9 Likes
  • 5 Shares

Seperti sebagaimana sudah pernah diumumkan sebelumnya pada bulan Juni kemarin, Apple—raksasa teknologi asal Amerika—telah meresmikan keputusannya untuk mengakhiri iTunes, salah satu software pemutar dan penyimpan musiknya yang ikonis itu.

Sekarang, setelah update terbaru dari Mac sudah meluncur, yakni Catalina, “pembunuhan” itu seakan telah menjadi resmi. Dalam update terbarunya, iTunes akan diganti menjadi tiga buah aplikasi yang berbeda; yakni Apple Music, Apple Podcasts, dan Apple TV. Bagi kalian yang mempertanyakan bagaiaman nasib perpustakaan musik kalian setelah melakukan update perangkat kalian, maka tenang saja, kalian masih aman. Seluruh musik kalian akan dipindahkan ke aplikasi musik terbarunya itu, Apple Music.

Namun, jangan senang dulu. Aplikasi musik yang baru tidaklah hadir tanpa problematika baru. Pasalnya, Apple Music yang baru itu disinyalir merusak perpustakaan para DJ yang dulu memanfaatkan XML file support-nya untuk membagikan playlist lintas aplikasi dan software. Dengan kehadiran aplikasi baru ini, XML tidak lagi didukung, sehingga mempersulit perpindahan file berupa lagu dan playlist tersebut ke media lain.

XML file support itu memudahkan DJ untuk mengorganisir trek-trek mereka ke dalam sebuah playlist dan mengopernya langsung ke aplikasi DJ macam Rekordbox dan Traktor—semuanya tanpa perlu kerumitan harus rendering atau ganti format dan berbagai macam hal lainnya.

Mungkin, secara tampilan, pembagian iTunes menjadi tiga aplikasi yang berbeda memang mempermudah. Namun secara teknis, faktanya tidak berkata demikian. Waspadalah bagi kalian yang kerap memutar lagu-lagu melalui software DJ, update Catalina akan memperburuk situasi kalian. Setidaknya, begitu jadinya hingga Apple memutuskan untuk mempertahankan XML-nya yang dulu.

Apa pendapat kalian tentang keputusan dari Apple ini? Setuju, atau tidak setuju? Suarakan di kolom komentar di bawah ini!

0 COMMENTS

Info Terkait