ardhito pramono

Pembuktian Ardhito Pramono Lewat 'Craziest Thing Happened in My Backyard'

  • By: NND
  • Jumat, 28 February 2020
  • 33870 Views
  • 7 Likes
  • 6 Shares

Kabar baru mendarat dari solois jazz-pop asal Jakarta, Ardhito Pramono. Di gelaran Love Fest 2020 kemarin, ia menyatakan bahwa akan merilis mini album baru pada hari Jumat (28/02) ini. Sekarang, mini-album itu sudah resmi mengudara. Bertajuk Craziest Thing Happened In My Backyard, materi tersebut memuat lima nomor dalam repertoarnya.

Dalam sesi wawancara bersama SUPERMUSIC di Love Fest 2020, kita menanyakan apa rencana tahun 2020 dari musisi yang ikut ambil peran dalam film NKCTHI itu. Ia pun menjawab, "(Next plan) ada di bulan ini sebenarnya, di tanggal 28 Februari. Gue bakal ngeluarin mini-album baru, ada lima lagu di dalemnya, dan semuanya nggak bercerita tentang cinta."

"Justru, bahasannya ada cerita cinta-cinta ke objek gitu. Kan banyak banget orang-orang yang obsessed sama toys, misalnya. Atau obsessed sama apa gitu. Nah, kalo gue beda cerita. Jadi, menggambarkan cinta ke dalam, dan melalui range yang lebih gede lagi aja gitu."

Musisi yang akrab disapa Dhito itupun bercerita sedikit tentang penggarapannya, ia mengaku bahwa proses penggarapan materi barunya itu cukup menantang.

"Dari pre-production, kita udah gembor banget. Judul EP-nya kan Craziest Thing Happened In My Backyard, dan salahnya gue bikin judulnya itu, production dan pre-production-nya ikutan jadi crazy! Hahahaha! Tapi seru banget sih, semuanya seru banget!

Lima lagu tersusun di dalamnya; "Trash Talkin'," "925," Here We Go Again/Fanboi," "Plaza Avenue," dan "Happy." Keutuhan tracklist-nya terbentang selama 16 menit, dan sudah dapat kalian dengarkan di layanan streaming musik pada umumnya.

Mencicipi EP baru ini, terdapat corak-corak baru yang diterapkan Dhito kedalam musiknya. Contoh trek pembuka, "Trash Talkin'" yang hadir sebagai sebuah nomor semi-ragtime modern dengan drum yang energetik, meski masih ada sentuhan easy swing yang biasa hadir.

"925" dan "Here We Go Again/Fanboi" menampilkan sisi-sisi Dhito yang sudah dikenal melalui karya-karya sebelumnya. Jazz ringan halus yang bernuansa feel good ala bersepeda di Paris.

"Plaza Avenue" menawarkan isian jazz yang lebih lounge. Flute jadi penuntun, membiarkan nadanya mengalir bebas lepas mendayu-dayu. Track pamungkas "Happy" hadir seperti piano ballad ala grup dream pop 2010-an. Luas, mencekam, namun minimalis.

Craziest Thing Happened in My Backyard menjadi sajian musik Ardhito yang bisa memperlihatkan perkembangannya sebagai musisi, memaparkan kepada pendengar sudah sejauh mana ia berkelana di dengan pianonya, atau apapun itu yang ia mainkan. 

Sebelum ini, Ardhito merilis lagu "Fine Today" yang ikut dimuat ke dalam film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI). Selain menyumbang lagu, ia juga turut ambil peran sebagai salah satu tokoh sentral dalam filmnya, Kale--love interest sang protagonis Awan, yang dibintangi oleh Rachel Amanda.

0 COMMENTS