arkalara cerita pendek

Arkalara Ceritakan Kegundahan Lewat Album Perdana, ‘Cerita Pendek’

  • By: NND
  • Minggu, 22 September 2019
  • 281 Views
  • 9 Likes
  • 0 Shares

Single “Semesta Bicara” telah berhasil mengudara pada 17 Juli lalu. Tak hanya itu, trek “Seperti Dulu” pun juga sudah dilepas ke publik semenjak Oktober tahun lalu. Nampaknya, sudah saatnya bagi Arkalara—duo folk lokal yang sudah bermusik bersama semenjak tahun 2011 ini—untuk hadir dan mempersembahkan album debut mereka.

Sambutlah Cerita Pendek, Album debut dari Arkalara yang menjadi titik puncak perilisan teranyar mereka beberapa bulan terakhir. Menilik judulnya, “Cerita Pendek” adalah dua kata sederhana yang menggambarkan kegundahan Irwan Latu dan Panji Singgih dalam menjalani kehidupan mereka masing-masing.

Sekata tapi tak searti—Cerita Pendek layaknya menjadi cerita akan kegundahan diri keduanya dalam menyikapi kehidupan mereka selama beberapa tahun terakhir. Semua itu dirangkum dan dituangkan menjadi tujuh nomor yang melengkapi repertoar album debut ini.

Melacak muaranya, maka kata “kehidupan”-lah yang patut disorot secara layak. Irwan Latu (lead guitar, vocal) dan Panji Singgih (lead vocal, rhythm guitar) turut menjelaskan, “Setiap orang punya hak untuk mengungkapkan tentang kegundahan yang dia rasa. Entah nantinya akan dihadapkan dengan solusi atau hanya untuk didengar,” ungkap mereka, dilansir dari siaran pers yang diterima SUPERMUSIC.

Berbicara karakteristik sound dan aransemen, mereka menyatakan memang benar bahwa musik mereka terdengar seperti gelombang folk yang dewasa ini kerap dijajal dengan slogan “penikmat kopi senja, puisi, dan alam,” tapi untuk itu mereka tak sepenuhnya setuju.

“Arkalara menggabungkan musik minimalis dengan nuansa dan ambience yang berbeda di setiap lagunya, ditambah dengan referensi musik-musik tahun 90-an,” tulis mereka.

Benar saja, coba kunjungi trek “Semesta Bicara” atau “Home/Historia de un Amor”, terasa nuansa kontras yang hadir, menciptakan unsur pembeda yang sebelumnya mereka tuturkan itu. Nuansa-nuansa yang dihadirkan dalam lagu ini sudah matang direncanakan. Demikian terasanya karena mendengarnya mampu menggigiring kita ke tema yang dibahas dengan akurat.

Lalu, berbeda lagi dengan trek berjudul “Menjemputmu”, yang ketika didengar, maka akan teringat dengan karakteristik lagu dari seorang Aqi Singgih, yang memang berperan besar sebagai produser serta tim audio dari keseluruhan album Arkalara. 

Album berjudul Cerita Pendek ini siap dirilis secara digital di berbagai platform streaming pada tanggal 20 September 2019. Akan ada tujuh lagu yang siap didengar menemanimu perjalanan hidupmu. Jadi, sudah siap menikmati hidup dengan “Cerita Pendek” dari Arkalara? 

Coba dengarkan salah satu single-nya yang telah sebelumnya rilis—bertajuk “Semesta Bicara”—di bawah ini!

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
23 views
superbuzz
26 views
superbuzz
106 views
superbuzz
127 views