made mawut

Arti 'Merdeka' Jadi Inspirasi Album Terbaru Solois Blues Made Mawut

  • By: NND
  • Rabu, 21 August 2019
  • 412 Views
  • 6 Likes
  • 1 Shares

Setelah melepas single “Sesat” pada 5 Agustus lalu, solois delta blues Made Mawut resmi merilis album keduanya, Merdeka.

Album kedua Made dilepas tepat di 17 Agustus, meski begitu, ia memastikan bahwa konteks merdeka di albumnya tidak berkolerasi dengan ritus tahunan Indonesia.

“Judul Merdeka diambil dari judul lagu yang ada di album. Sama sekali tidak ada kaitan dengan hari kemerdekaan. Saya jadikan judul album tujuannya untuk memberi kesan parodi dari kata merdeka itu sendiri,” terangnya.

Album sophomore ini digubah tidak jauh berbeda dari debutnya. Made konsisten malantunkan kegelisah dan secara tematik, tidak ada sesuatu yang terasa dikhususkan di lagu-lagu Merdeka.

“Tidak khusus. Hanya ide dasarnya dari kentutasan dalam menampilkan keyakinan.”

Pemilihan “Merdeka” sebagai judul, baginya punya makna tersendiri meski tidak secara langsung lagu-lagu di albumnya. Lantas, apa narasinya? Parodi kata merdeka itu sendiri.

Ia ingin menyampaikan bahwa di kehidupan saat ini, merdeka belum tentu 100%, lebih-lebih jika sudah berumah tangga.

“Judul album tidak secara langsung mewakili tema semua lagu, tapi spirit-nya lah yang mewakili. Sebenarnya merdeka 99%, sedangkan 1% dibelenggu Istri,” canda Made.

“Seseorang dihitung bukan dari tempat di mana ia berdiri, tetapi bagaimana menjalankannya. Jalan disini yaitu jalan merdeka 100 persen. Eh, 99 persen,” imbuh Made.

Secara musikalitas, Made tetap menggusung delta blues. Harmonika dan permainan slide gitar dobro mendominasi lagu-lagunya. Uniknya, seluruh trek direkam secara live recording.

Album kedua Made memuat sepuluh lagu, tiga di antaranya adalah sebuah trek reinterpretasi debutnya, Blues Krisis. Ada juga satu cover nomor keroncong favoritnya.

“Debut album pertama, saya garap swadaya. Di album kedua ini diproduseri oleh Dadang SH Pranoto, dengan Label Pohon Tua Creatorium. Demajors sebagai distributor album” tutur Made.

Selain ditangani langsung oleh personel dari Navicula dan Dialog Dini Hari, Dadang SH Pranoto sebagai produser. Di album penuh, Made Mawut, berkolaborasi dengan sejumlah musisi, diantaranya Endah n Rhesa, Fendy Rizk, Truedy, Palel Atmoko, dan Eval Leftright.

“Alasan mengajak musisi terlibat Itu saran dari pak produser dan saya setuju. Lagu-lagu yang ada di album kedua ini memang butuh sentuhan khusus agar makin dekat dengan pesannya” tutup Made.

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
60 views
superbuzz
126 views
superbuzz
185 views
superbuzz
258 views