alex turner

Bagaimana Album Debut The Strokes Mengubah Hidup Alex Turner

  • By: NND
  • Selasa, 25 August 2020
  • 492 Views
  • 2 Likes
  • 0 Shares

Bukan rahasia lagi, terutama bagi para fans Arctic Monkeys dan Alex Turner, bahwa grup garage rock revival asal New York, The Strokes, jadi insipirasi besar bagi Turner dan band rock-nya itu. Album debut Is This It milik Julian cs. menjadi album penting bagi Turner dan Arctic Monkeys, dan kepada majalah Q ia menjelaskan sedikit tentangnya.

Turner tidak pernah merahasiakan apresiasinya terhadap The Strokes. Bahkan dalam track “Star Treatment” (2018), liriknya berkata: “I always wanted to be one of The Strokes”. Tak berbeda dengan banyak orang di luar sana, album Is This It pun turut mengubah hidup seorang Alex Turner.

“Merekalah band yang membuat saya merobek jeans saya dan menuliskan ‘I’ve got soul and I’m Superbad’ dengan tinta merah,” ujarnya.

Kalanya hadir, The Strokes bak angin segar dalam skena musik global. Mereka memainkan ulang sound garage rock lawas dengan attitude dan mentalitas yang baru. Saat itu, banyak sekali remaja yang langsung merasa tergerak oleh kuintet asal New York itu, Turner menjadi salah satunya. The Strokes menjadi patron rock’n’roll yang baru, dan oleh karenanya, menjadi kiblat bagi banyak band setelahnya.

Mengaku mendengar album itu pertama kali ketika masih berusia 16 tahun, Turner menyatakan bahwa momen itu menjadi momen yang krusial dan mengubah hidupnya. “Saya selalu memutar album pertama itu di kampus setiap saat ketika band kami baru memulai karir. Banyak orang yang suka The Strokes, jadi banyak band yang muncul dengan sound serupa,” teragnya. “Saya ingat sekali berusaha keras untuk tidak terdengar seperti The Strokes, tapi masih tetap menyukai album itu.”

Ia melanjutkan: “Sudah pernah dengar versi cover lagu “Take It Or Leave It” dari Arctic Monkeys? Kita membawakannya dalam sebuah siaran TV di Perancis karena disuruh memainkan cover. Hasilnya jelek, tapi saya sangat menikmatinya!”

Namun, itu bukan satu-satunya momen di mana Arctic Monkeys memainkan lagu milik The Strokes. Ketika tampil di atas Forrest Hill Stadium pada tahun 2018 silam, , grup rock asal Sheffield, Inggris ini pun memberikan ode kepada sang idolanya dengan memainkan “Is This It”–menjadikannya sebuah tribute yang apik bagi The Strokes, tepat di kampung halaman mereka.

0 COMMENTS