Elkarmoya jon kartel

Balada Latin Ala Elkarmoya

  • By: NND
  • Rabu, 11 September 2019
  • 229 Views
  • 2 Likes
  • 1 Shares

Usai merilis EP Viva la Elkarmoya (2018) dan nomor “Carbera Armor”, kini Elkarmoya—unit latin asal Bandung—kembali menyajikan single terbaru berjudul “Jon Kartel” pada 6 September lalu.

Butuh waktu satu tahun bagi Elkarmoya untuk bisa melakukan proses kreatif karena beberapa kesibukan personil. Salah satunya Pablo (vocal) yang bertugas dalam proyek penelitian di Papua.

Penulisan “Jon Kartel” dalam bahasa spanyol memang memakai huruf “c”, namun dalam bahasa indonesia memakai huruf “k”—Hal ini adalah bentuk dari cinta terhadap Bahasa Indonesia.

“Kartel” juga bermakna: sebuah organisasi perusahaan besar yang memproduksi barang sejenis;  atau persetujuan sekelompok perusahaan dengan maksud mengendalikan harga komoditas tertentu. Sementara, ”Jon” adalah nama seorang tokoh orisinal ciptaan Elkarmoya.

Namun, karya Elkarmoya yang kerap menggunakan penokohan sebagai judul atau inti lirik tidaklah hadir tanpa alasan. Elkarmoya ingin menciptakan sebuah album yang nantinya digubah bak sebuah prosa: bersifat naratif dan mencipta berbagai karakter. Lagu ini merupakan satu rangkaian dari kisah drama yang diawali oleh “Carbere Amor”. 

Pemberian judul menggunakan nama tokoh memang lumayan populer di era-musik 80-an. Elkarmoya mencoba menghadirkan romantisme era itu kembali di karya mereka.

Lirik berbahasa Spanyol guratan Pablo turut serta melibatkan bantuan dari Santiago Errazo (Equador) sebagai editor Bahasa Spanyol.

“(Penulisan lagu ini) terinspirasi dari film- film yang mengangkat tema tentang sebuah bisnis narkoba dari beberapa negara Amerika latin seperti Columbia, Mexico, Venezuela, dan lainya yang sifatnya bisnis multinasional,” tulis mereka di siaran pers single ini.

Elkarmoya kemudian mengadaptasinya menjadi model bisnis di Indonesia yang juga bersifat multinasional, yakni beras. Isu-isu gelap yang mengitari perdagangan beras di Indonesia pun terasa menarik untuk dibahas. Di dalamnya, terdapat banyak bumbu gelap bak korupsi yang kemudian dipadukan dengan drama cinta-cintaan yang memang populer dalam budaya Amerika Latin.

Untuk aransemen, semua dikerjakan bersama oleh Elkarmoya. Ada juga kolaborasi dengan pemain trumpet asal bandung, Bane (Rosemary) yang menambah nuansa latin dan menghiasa badan single baru ini.

"Jon Kartel" dirilis satu hari sebelum melakukan tur Buscando Jon Kartel yang berarti “mencari Jon Kartel”. Tur ini menjajaki 5 kota di Jawa dan Bali, yaitu Badung (Bali), Denpasar (Bali), Malang (Jawa timur), Yogyakarta (DIY), dan Tangerang (Banten).

0 COMMENTS

Info Terkait

superbuzz
36 views
supericon
23 views
superbuzz
237 views
superbuzz
192 views
superbuzz
137 views