Band Beken Cover Lagu Black Sabbath: dari Metallica hingga Sepultura

Band Beken Cover Lagu Black Sabbath: dari Metallica hingga Sepultura

  • By:
  • Sabtu, 6 March 2021
  • 601 Views
  • 0 Likes
  • 0 Shares

Sebagai salah satu tokoh yang membesarkan musik metal, karya-karya Black Sabbath diakui sebagai unit veteran heavy metal yang mampu memberi pengaruh musik luas kepada generasi-generasi setelahnya. Oleh karena itu tidak sedikit cover lagu Black Sabbath bermunculan dari masa ke masa.

Terbentuk pada tahun 1968 di kota Birmingham, Inggris, Black Sabbath dimotori oleh Ozzy Osbourne (vokal), Tony Iommi (gitar), Bill Ward (drum), dan Geezer Butler (bass). Tercatat bahwa band ini pernah dua kali membubarkan band-nya. Pertama di tahun 2006 dan kembali reuni di tahun 2011 untuk memutuskan pensiun di tahun 2017.

Meski kini sudah tak aktif lagi melahirkan karya-karya musik, cover lagu Black Sabbath nyatanya masih cukup sering ditemukan. Dengan kata lain, cover lagu Black Sabbath masih menjadi salah satu pilihan favorit untuk dibawakan ulang oleh musisi-musisi lain.

Baca juga: Black Sabbath dan 10 Fakta Album Paranoid

Baca juga: 10 Lagu Rock Terbaik Sepanjang Masa

Cover lagu Black Sabbath juga merupakan bentuk apresiasi pada karya-karya dari band Tanah Britania Raya ini. Berikut adalah band atau musisi yang pernah membawakan cover lagu Black Sabbath dengan ciamik.

Cover lagu Black Sabbath Paranoid: Megadeth hingga Avenged Sevenfold

Daftar cover lagu Black Sabbath pertama adalah lagu Paranoid yang pernah dibawakan ulang oleh unit veteran heavy metal asal Los Angeles, Megadeth. COver lagu Black Sabbath ini dibawakan Megadeth pada 1993.

Meski berjalan di genre musik yang sama, Megadeth disebut mampu membawakan lagu ini dengan lebih keras daripada si empunya. Vokal Dave Mustaine nyatanya mampu membawakan tiap bait lagu dengan baik saat itu. Tercatat unit metal yang berada jauh di bawah generasi Black Sabbath, Avenged Sevenfold, juga pernah mengcover lagu Paranoid yang berasal dari album kedua Black Sabbath.

Cover lagu Black Sabbath Sabbra Cadabra: Metallica

Cover lagu Black Sabbath berikutnya adalah band metal ikonik lainnya yaitu Metallica. Cover lagu Black Sabbath dari Metallica ini adalah lagu berjudul Sabbra Cadabra. Namun, saat itu Metallica membawakannya dalam versi medley yang diselipkan lagu-lagu Black Sabbath lainnya yaitu Sabbath Bloody Sabbath.

Cover lagu Black Sabbath Planet Caravan: Pantera

Unit veteran metal asal Amerika Serikat, Pantera, yang bubar pada 2003 silam juga sempat memberikan apresiasi kepada karya Black Sabbath. Mereka menghadirkan cover lagu Black Sabbath berjudul Planet Caravan dalam album studio ketujuhnya bertajuk Far Beyond Driven yang rilis pada 1994.

Cover lagu Black Sabbath ini dijadikan nomor penutup oleh Pantera di album tersebut dan mampu menempati posisi ke-21 pada tangga lagu mainstream rock Billboard pada saat itu. 

Cover lagu Black Sabbath Symptom of the Universe: Sepultura

Cover lagu Black Sabbath Symptom of the Universe dari Sepultura disebut menjadi salah satu cover lagu Black Sabbath paling keras yang pernah dibuat pada 1994. Sepultura menghadirkan riff groove metal khas mereka kepada lagu ini.

Adapun, lagu tersebut termasuk ke dalam nomor di album studio keenam Black Sabbath bertajuk Sabotage yang rilis pada Juli 1975. 

Cover lagu Black Sabbath Changes: The Cardigans

Apresiasi kepada Black Sabbath juga hadir dari band pop macam The Cardigans. Cover lagu Black Sabbath yang mereka hadirkan adalah lagu berjudul Changes yang masuk ke dalam album keempat Vol. 4 rilisan 1972.

Changes sendiri menurut Loudwire merupakan lagu kontroversial karena seolah tidak mendapat tempat di album keempat Black Sabbath itu karena terlalu melankolis. Lantas, The Cardigans mengerjakan ulang lagu ini dengan gitar akustik. Temponya ceria dengan akor disonan yang mencerminkan suasana lirik.

Cover lagu Black Sabbath Into the Void: Melvins

Cover lagu Black Sabbath berikutnya hadir dari band yang satu angkatan dengan Nirvana, Melvins. Band ini memang terkenal selalu tampil berbeda dan eksentrik. Trio grunge ini menghadirkan nuansa berbeda dalam cover lagu Black Sabbath Into the Void.

Into the Void sendiri merupakan lagu Black Sabbath dari album Master of Reality yang rilis pada 1971. Selain Melvins, band rock Monster Magnet juga pernah cover lagu Black Sabbath ini.

Ada banyak band-band kenamaan lain yang tercatat pernah cover lagu Black Sabbath. Apresiasi ini dilakukan karena besarnya pengaruh Black Sabbath dalam industri musik global. Salah satu album tersukses mereka, Paranoid, yang merupakan album kedua Black Sabbath juga merayakan ulang tahun setengah abad pada 2020.

Bisa dibilang album ini menjadi sebuah kesempatan yang membukakan pintu ke dunia industri musik mainstream pada zamannya. Di masa awal perilisannya, album ini berhasil membuat Black Sabbath menempati peringkat pertama pada tangga lagu di Inggris Raya dan menempati posisi ke-12 di Amerika Serikat. 

Dari pencapaian tersebut, akan tidak aneh rasanya jika album Paranoid jadi album dengan tingkat penjualan terbaik dalam sejarah Black Sabbath. Hingga saat ini, total ada 5 juta keping album kedua yang terjual di pasaran. Kemungkinan besar angkanya pun akan bisa terus bertambah seiring berjalannya waktu. Berkat ketenarannya pula, banyak pihak dan kolektif di industri musik yang memandang band asal inggris ini sebagai pionir dari genre heavy metal.

0 COMMENTS